Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Berikut rekap game-game terbaik, event-event termegah dan momen-momen paling dikenang dari aktivitas developer game Indonesia sepanjang 2016!

1483156814000

Mei

aktivitas developer game indonesia

Usai dari IN.Game, puluhan developer game Indonesia pun menghadiri Casual Connect Asia 2016 yang digelar di Singapura. Selain menimba ilmu langsung dari para senior di industri game dunia, beberapa developer juga memanfaatkan ajang ini untuk showcase game buatan mereka dalam Indie Prize Awards. Sayang, tradisi membawa pulang gelar setiap tahun tidak bisa diteruskan, dimana tidak ada satupun game dari Indonesia yang berhasil meraih gelar di ajang ini.

aktivitas developer game indonesia

Di bulan ini, salah satu legenda di industri game indie hadir di Indonesia. Adalah Rami Ismail dari Vlambeer yang hadir langsung di Jakarta untuk membagi-bagikan ilmu dan tips trik seputar game indie. Selain itu, di bulan ini juga salah satu fenomena di industri game Indonesia juga lahir dari Bandung. Yap, apa lagi kalau bukan Tahu Bulat dari Own Games yang dirilis dan berhasil memikat jutaan orang untuk men-download-nya. Bahkan, sepanjang tahun game ini dapat banyak penghargaan lokal dan internasional, serta berhasil merajai toko aplikasi mengalahkan game-game papan atas buatan Supercell!

aktivitas developer game indonesia

Bulan ini beberapa developer Indonesia juga merilis karya mereka, seperti Game5Mobile yang pertama kali meluncurkan Number Rumble secara soft launch di beberapa negara; serta Touchten yang merilis tiga game dalam satu bulan, antara lain Touch Tank, Warung Chain dan juga Tebak Kata Saku. Kabar gembira lain juga datang dari industri board game, dimana salah satu board game Indonesia, Waroong Wars didapuk sebagai suvenir resmi Kementerian Pariwisata Indonesia.

Juni

aktivitas developer game indonesia

Di bulan Juni, aktivitas developer Indonesia sedikit mereda. Namun bukan berarti tidak ada event besar yang digelar. PopCon Surabaya 2016 adalah salah satunya, dimana untuk pertama kalinya PopCon hadir di kota Pahlawan ini. Beberapa developer Surabaya pun turut serta memamerkan karya, seperti Mojiken Studio dan juga komunitas Game Developer Arek Suroboyo (GADAS).

aktivitas developer game indonesia

Di bulan ini juga akhirnya terinisiasi sebuah gerakan baru di Indonesia bertajuk Indiesche Partij. Gerakan ini digagas oleh beberapa developer indie Indonesia bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BeKraf) dan Dicoding. Konsep dari Indiesche Partij ini cukup simpel, dimana developer indie yang ingin berpameran di event konsumen akan dikumpulkan menjadi satu di sebuah area terpadu yang lebih megah agar menarik pengunjung. PopCon Asia 2016 di Jakarta bulan Agustus menjadi pilot project pertama mereka.

aktivitas developer game indonesia

Meskipun absen event besar khusus developer game, namun bulan Juni tetap dimanfaatkan para developer untuk menelurkan karya. Beberapa diantaranya adalah Touchten Games yang merilis Crazy Cars Chase; Agate Studio yang membuka fase beta dari Fantasista dan kerja sama dengan re:ON untuk merilis re:ON Puzzle Quest; Ekuator Games yang merilis DLC Howl of the Ravager untuk Celestian Tales: Old North; serta Educa Studio yang merilis kumpulan game edukasi anak-anak dalam Dunia Marbel.

Lanjut ke halaman 4!

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.