Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Berikut rekap game-game terbaik, event-event termegah dan momen-momen paling dikenang dari aktivitas developer game Indonesia sepanjang 2016!

Juli

aktivitas developer game indonesia

Prestasi tingkat dunia akhirnya ditorehkan oleh salah satu developer asal Universitas Trunojoyo Madura, None Developers. None Developers merebut gelar juara kedua pada kategori games di ajang Microsoft Imagine Cup 2016 tingkat dunia lewat game yang dikembangkannya, Froggy and the Pesticide. Ini merupakan gelar dunia kedua untuk developer dari Universitas Trunojoyo, setelah tiga tahun sebelumnya ada nama Solite Studio yang mendapatkan gelar serupa.

aktivitas developer game indonesia

Di bulan ini pula, untuk pertama kalinya hari nasional untuk game dicanangkan. Yap, akhirnya di bulan ini, Asosiasi Game Indonesia (AGI) menetapkan tanggal 8 Agustus 2016 sebagai Hari Game Indonesia.

aktivitas developer game indonesia

Meskipun minim event, namun di bulan ini beberapa developer memilih untuk menelurkan karya, seperti Own Games yang akhirnya merilis versi internasional dari Tahu Bulat, ArtLogic Games dan Gimku yang akhirnya melepas Monster Age ke pasaran, Tinker Games dengan Dear Mantan, serta board game Monas Rush yang mulai dipasarkan secara masal.

Agustus

aktivitas developer game indonesia

PopCon Asia 2016 menandai bulan Agustus 2016 yang cukup semarak bagi industri game Indonesia. Di PopCon Asia 2016 ini pula, gerakan Indiesche Partij memulai pilot project mereka. Tercatat ada delapan game dari delapan studio yang membuka booth di event pop culture terbesar ini. Selain itu, di PopCon Asia 2016 ini jugalah satu game mobile terbaru buatan Masshive Media, Azure Saga untuk pertama kali tampil di hadapan publik.

aktivitas developer game indonesia

Di sela-sela penyelenggaraan PopCon Asia 2016, digelar pula malam ramah tamah untuk pelaku industri game Indonesia. Bertajuk AGI Night, acara ini menghadirkan developer, publisher, media, ad network dan juga pelaku industri game lain dalam satu forum untuk membahas bagaimana masa depan dari industri game Indonesia nantinya. Di bulan ini jugalah, akhirnya Kemenkominfo meresmikan sistem rating game Indonesia yang disebut dengan Indonesia Game Rating System (IGRS).

aktivitas developer game indonesia

Untuk pertama kalinya juga, pesta game Indonesia pun digelar dengan tajuk Hari Game Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 8 Agustus. Untuk merayakan Hari Game Indonesia ini, beberapa developer Indonesia pun menggelar pesta diskon untuk game-game yang mereka kembangkan. Ada juga yang menggelar berbagai event dengan hadiah menarik.

aktivitas developer game indonesia

Di bulan Agustus ini pula, salah satu developer asal Tangerang Gambreng Games menghadirkan gebrakan dengan merilis kampanye Steam Greenlight untuk tiga game selama tiga hari berturut-turut. Salah satu game yang dikampanyekan, NSFW pun akhirnya berhasil di-Greenlit dalam waktu yang relatif singkat. Di bulan ini pula, Toge Productions pun akhirnya melepas status Early Access dari Infectonator Survivors, yang artinya game ini dirilis secara penuh. Bahkan, game ini sempat terpilih menjadi salah satu game terpopuler di Steam setelah dirilis.

aktivitas developer game indonesia

Beberapa game lain yang dirilis selama bulan Agustus antara lain Kerokan Master Legend dari Touchten Games, Zombo Buster Rising Remastered dari Firebeast Studio, Adventure of Thieves dari BinaryWorks Studio, Juragan Terminal dari kolaborasi Own Games-Agate Studio, serta satu board game Laga Jakarta.

Lanjut ke halaman 5!

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.