Kilas Balik Aktivitas Developer Game Indonesia Sepanjang 2016!

Berikut rekap game-game terbaik, event-event termegah dan momen-momen paling dikenang dari aktivitas developer game Indonesia sepanjang 2016!

November

aktivitas developer game indonesia

Di bulan ini, puncak acara industri game Indonesia akhirnya digelar di Jakarta. Bertajuk BEKRAF Game Prime 2016, acara yang digelar di Balai Kartini, Jakarta ini sukses menghadirkan lebih dari 3700 orang developer, baik yang sudah senior maupun yang baru terjun di dunia ini. Berbagai materi sharing pun disampaikan selama dua hari penuh di tiga panggung berbeda, baik yang dibawakan oleh veteran industri dari dalam negeri, maupun dari luar negeri.

aktivitas developer game indonesia

Selain itu, ada pula expo yang cukup meriah dan menghadirkan banyak developer game Indonesia yang memamerkan karya mereka. Ada pula Game Prime Awards, penghargaan puncak bagi game dan developer Indonesia yang berprestasi selama satu tahun terakhir. Berbagai workshop baik untuk pemula maupun yang sudah senior juga mewarnai acara yang digelar tanggal 29 dan 30 November 2016 kemarin.

ORBIZ Steam Greenlight

Di bulan ini, JRPG buatan Semisoft dan Tinker Games, Legrand Legacy akhirnya mulai menggelar kampanye Kickstarter-nya. Namun sayang, meskipun sudah sukses di Greenlit, namun Legrand Legacy masih belum berhasil dalam kampanye Kickstarter-nya. Selain itu, Anoman Studio juga menggelar kampanye Steam Greenlight untuk ORBIZ, yang akhirnya juga sukses mendapatkan status Greenlit. Multishop Tycoon Deluxe dari Maulidan Games juga tidak ketinggalan mendapatkan status Greenlit tersebut.

Prestasi yang tidak kalah membanggakan juga diraih oleh Own Games. Lewat game Tahu Bulat-nya yang fenomenal, Own Games pun berhasil meraih satu gelar Guilty Pleasure Award dalam International Mobile Gaming Award (IMGA) 2016 yang pertama kalinya diadakan di Asia Tenggara. Dari ranah board game, beberapa board game buatan Indonesia pun mendapatkan kesempatan untuk dipamerkan di G-Star 2016 yang berlangsung di Busan, Korea Selatan.

Beberapa game keren juga dirilis di bulan ini seperti Ngamen Nonstop dari Wisageni Studio, Tumbal-The Dark Offering dari PE Studio, serta Number Rumble dari Game5Mobile yang akhirnya dirilis secara global untuk Android dan iOS.

Desember

http://img.duniaku.net/wp-content/uploads/2016/12/DSCN7877__1480568892_139.228.49.226.jpg

Dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya, aktivitas di bulan Desember ini tidak begitu banyak. Salah satu aktivitas yang dilakukan di bulan ini adalah game jam yang terinspirasi dari fenomena om telolet om yang mewabah jelang akhir Desember. Masih dengan tema telolet, Own Games pun akhirnya juga merilis game Simfoni Telolet di sela-sela mengerjakan game Nasi Goreng-nya.

Ada beberapa kabar gembira yang ada di bulan ini. Pertama ada Ascender dari GameChanger Studio yang berhasil menyabet peringkat ketiga dalam kompetisi game indie tingkat dunia, Game Development World Championship (GDWC) 2016. Selain itu, tiga game Indonesia yang dirilis di Google Play Store antara lain Tahu Bulat, Juragan Terminal dan Warung Chain pun terpilih menjadi Game of The Year versi toko aplikasi Android tersebut. Di bulan ini pula, akhirnya website resmi Indonesia Game Rating System (IGRS) pun diluncurkan, yang berisi banyak informasi mengenai sistem rating game Indonesia tersebut.

aktivitas developer game indonesia

Beberapa game juga dirilis di bulan ini mulai dari Football Saga: Fantasista yang dirilis secara global jelang final Piala AFF, Badminton Stars-Juara Bulu Tangkis dari IPlayAllDay Studio asal Surabaya, hingga Japan Food Chain yang dirilis oleh Touchten Games.

Itulah kilas balik selama satu tahun aktivitas developer game Indonesia. Semoga tahun depan industri game Indonesia semakin maju dan menghasilkan karya-karya yang lebih keren lagi!

TENTANG PENULIS
Febrizio

Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.