Tren Youtuber Indonesia Masa Kini: Semakin Tersiksa, Semakin Laris?

Video challenge ini akan mengajarkan, bahwa ternyata cobaan hidup yang berat itu ternyata tidak seberat dorongan subscriber yang terpuaskan ketika kalian berhasil melalui level 5.

1490067486000

Ternyata Ini Risikonya


Namun, video yang diunggah Samsolese ID ini memperlihatkan seberapa berbahayanya memaksakan diri memakan makanan yang terlalu pedas. Dalam video tersebut salah satu anggota Samsolese ID, terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit setelah melakukan buldak challenge.

Dalam video dijelaskan, challage terpaksa harus dihentikan karena sesaat setelah melakukan challenge memakan buldak nampaknya ia mengalami sakit di uluhati yang teramat parah sehingga membuatnya tidak dapat bernafas, tensinya saat itu bahkan mencapai 190 (normal 120).

Dan lagi-lagi jika kamu membandingkan video-video Samsolese ID yang lainnya, video Buldak challenge ini memiliki jumlah viewer yang lebih banyak.

Beberapa penjabaran di atas tentu sudah cukup menggambarkan bahwa semakin ekstrim dan semakin tersiksa para Youtuber ini karena makanan pedas, maka semakin laku dan semakin banyak pula viewer yang menonton video mereka. Sepertinya para Youtuber ini pun telah menyadari bahwa challenge makan pedas ini dapat mendomplang viewer akun Youtube mereka, oleh karena itu tidak heran jika video-video challenge makan pedas tersebar dengan jumlah yang banyak.

Makin Tersiksa, Makin Banyak yang Nonton


Yang jadi pertanyaan adalah, mengapa ketika para Youtuber ini menderita karena makan makanan pedas viewer mereka justru banyak? Apakah para penontonnya senang melihat mereka kepedasan dan menderita? Komentar dalam video-video tersebut juga tidak sedikit, “lanjutkan ka” banyak juga yang justru memberi referensi apa yang selanjutnya harus dicoba.

Mungkinkah mereka yang secara tidak sadar senang melihat para Youtuber tersebut menderita memiliki tendensi psikopat atau antisosial atau yang lebih parah skizofrenia? Apakah memang benar demikian? Atau mungkin mereka menonton hanya untuk kesenangan belaka?

Yang jelas, mungkin seharusnya para Youtuber ini memberikan batasan dan lebih berhati-hati. Mendapatkan banyak subscriber tentu suatu hal yang menjanjikan. Namun demikian, keselamatan juga tentu harus dipertimbangkan. Mungkin sebagian dari kamu menganggap bahwa “itu hanya makanan pedas,” tapi tahukah kamu bahwa memaksakan diri atau memakan-makanan pedas dengan jumlah yang berlebih seperti yang dilakukan Tanboy kun pasti berbahaya.

Di sini saya tidak akan menjelaskan seperti apa bahaya memakan makanan yang terlalu pedas karena saya bukan dokter atau ahli gizi. Tapi mungkin kamu bisa mencarinya sendiri di Google seperti apa bahayanya.

Jika kamu memasukan keyword “bahaya memakan makanan terlalu pedas” maka kamu akan menemukan lebih dari 300.000 artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Yang berarti hal tersebut memang tidak bisa disepelekan. Jika sesekali mungkin bukan masalah, tapi jika terlalu sering tentu akan berbaya.

Oleh karena itu, selain para Youtubernya sendiri yang harus membatasi diri, challenge makanan pedas bukan suatu masalah selama tidak terlalu ekstrim dan masih dalam batas kemampuan Youtuber itu sendiri.

Apa Sebaiknya yang Bisa Dilakukan Viewer?


Para viewer juga mungkin seharusnya tidak “mendorong” mereka untuk melakukannya lagi dan lagi, apalagi jika alasannya hanya untuk kesenangan belaka. Jika kamu memang menyukai Youtuber-youtuber yang kamu subscribe, mungkin akan lebih baik kalau kamu mendukung mereka dengan hal-hal yang positif. Jangan sampai petaka yang dialami Samsolese ID justru menjadi tontonan dan dikonsumsi publik.

Jadi bagaimana pendapat kamu mengenai tren challenge makanan pedas yang sepertinya sedang viral di Youtube ini? Apa kamu setuju bahwa memaksakan diri untuk makan-makanan pedas itu berbahaya? Apa kamu mau mendukung Youtuber favorit kamu untuk melakukan hal positif dan tetap sehat? Tuliskan komentar dan pendapat kamu di kolom komentar ya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Timelord

Penikmat musik rock dan band-band di era 90 an. Memiliki hobi bermain game Action hingga RPG, menonton series, movie, anime, dan seorang Game Theorist. Salah satu fans berat DC dan marvel.