Gak Usah Takut, Inilah Tips Hadapi Ransomware WannaCry!

Malware Ransomware Jenis WannaCRY membuat panik netizen. Namun tenang saja, karena inilah cara untuk mencegahnya!

1494813617000

tips hadapi malware ransomware wannacry

Ransomware jenis WannaCry membuat panik netizen. Namun tenang saja, karena inilah cara untuk mencegahnya!

Baru-baru ini terdengar kabar adanya serangan malware jenis ransomware yang menyerang jaringan internet. Konon ini dikenal sebagai ransomware WannaCry. Dan indikasi serangan malware ini berdampak pada jaringan IT di rumah sakit Amerika Serikat sehingga menyebabkan beberapa operasi penting terganggu.

Namun jangan khawatir, pemerintah telah mengeluarkan himbauan dalam menghadapi serangan ransomware WannaCry ini. Hal ini seperti dikutip pada situs kominfo:

Seperti yang diberitakan di beberapa media baik di dalam ataupun luar negeri, telah terjadi fenomena serangan siber di beberapa negara, termasuk Indonesia. Serangan siber ini bersifat tersebar dan masif serta menyerang critical resource (sumber daya sangat penting), maka serangan ini bisa dikategorikan teroris siber.

Serangan siber yang menyerang Indonesia berjenis ransomware. Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban atau meng-encrypt semua file yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Tahun ini sebuah jenis ransomware baru telah muncul dan diperkirakan bisa memakan banyak korban. Ransomware baru ini disebut Wannacry. Wannacry ransomware mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB (Server Message Block) yang dijalankan di komputer tersebut. Saat ini diduga serangan WannaCry sudah memakan banyak korban ke berbagai negara.

Untuk keamanan penggunaan Komputer di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan pentingnya semua orang, baik individu, perusahaan, kementerian, lembaga serta organisasi lainnya melakukan antisipasi dan pencegahan dari serangan malware WannaCry tersebut.

Lanjut ke halaman 2 untuk cara dan langkah-langkahnya…

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin