Review Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia – Berhasilkah Menjadi Penutup Bombastis dari Seri Fire Emblem di 3DS?

Apakah Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia berhasil menjadi penutup yang bombastis dari seri Fire Emblem di handheld 3DS?

Sound

Echoes adalah game pertama di seri Fire Emblem yang menggunakan full voice acting. Meskipun beberapa ada yang kecewa dikarenakan tidak adanya pilihan dual dub seperti Awakening, voice acting Inggris di Echoes merupakan salah satu voice acting terbaik yang pernah saya dengar dalam sebuah JRPG. Voice acting yang bagus ditambah dengan naskah yang ditulis dengan baik ini kemudian memberikan interaksi antar karakter yang sangat enak untuk didengar dan dibaca.

Untuk masalah soundtrack sendiri, Echoes menggunakan beberapa soundtrack Fire Emblem Gaiden. Akan tetapi, aransemen ulang dari Yasuhisa Baba dan Takeru Kanazaki membuat soundtrack Gaiden yang sudah bagus di era-nya menjadi sebuah soundtrack yang mantap di Echoes. Dua komposer ini juga menambahkan beberapa soundtrack baru khusus untuk Echoes, seperti lagu ending fenomenal yang berjudul The Heritors of Arcadia.

Berikut adalah contoh perbandingan soundtrack Fire Emblem Gaiden dan versi aransemen ulangnya di Echoes.

[youtube_embed id=”C7FJwIWN8FA”]

Kesimpulan

Pada akhirnya saya dapat dengan mantap merekomendasikan Fire Emblem Echoes: Shadows of Valentia kepada para fans Fire Emblem maupun pecinta genre RPG strategi secara general. Echoes adalah penutup yang pas bagi seri Fire Emblem di 3DS. Perpaduan dari elemen Fire Emblem klasik dan modern menjadikan game ini wajib dimainkan oleh fans baru maupun lama. Naskah yang ditulis dengan baik, cast yang berwarna dan menghibur, grafis yang mantap, serta soundtrack dan voice acting yang fenomenal membuat kekurangan gameplaynya yang kadang tidak seimbang dikarenakan desain map dan unit Cantor yang menyebalkan menjadi tidak terasa. Meskipun Echoes terkadang membuat saya frustrasi, pada akhirnya saya merasa puas setelah menyelesaikan petualangan Alm dan Celica di Valentia.

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS
pratmaaditya

Seorang mahasiswa yang memiliki hobi gaming akut. Sangat mencintai genre RPG.