Pembahasan Dragon Ball Super 105: Pengorbanan Dramatis Master Roshi

Master Roshi mengerahkan seluruh kemampuannya di Dragon Ball Super 105. Masalahnya… apakah tubuh tuanya mampu bertahan? Ataukah ia justru akan gugur?

2

Mafuba!

Mafuba! Jurus pamungkas yang berisiko membunuh penggunanya ini adalah teknik berbahaya yang dulu dicoba digunakan Roshi untuk mengurung King Piccolo. Siapa sangka Roshi akan menggunakannya lagi di Tournament of Power?

Giliran Darkori dari Universe 4 yang menjadi korban dari teknik pamungkas ini. Awalnya, dengan ilusi talisman-nya Darkori tampaknya bisa sangat merepotkan. Namun Roshi justru tidak basa-basi. Setelah Darkori mengunci pergerakan Roshi, Roshi langsung mengeluarkan Mafuba.

Darkori yang tidak siap menghadapi teknik seperti ini langsung tersegel di dalam wadah yang dibawa oleh Roshi. Kalau sudah begitu, mudah saja Roshi melempar Darkori keluar dari ring.

Masalahnya, apakah Mafuba ini legal? Jurus ini membutuhkan wadah untuk menampung jiwa yang disegel. (Masih ingat saat Tien mempersiapkan rice cooker untuk menggunakan Mafuba?). Sedangkan aturan Tournament of Power menyebutkan kalau benda yang boleh digunakan hanyalah yang bisa diciptakan sang petarung dari energi mereka sendiri.

Tapi jurus ini keren, jadi duo Zen-Oh sepakat kalau Mafuba diizinkan. Kalau sudah Zen-Oh yang bicara, mau protes bagaimana?

3

Kamehameha Terkuat

Saat melawan Cawey, Roshi menunjukkan kemampuannya sebagai seorang trickster. (Dan juga alasan kenapa dia mendadak menjadi kuat). Saat melawan Darkori, Roshi memperlihatkan lagi Mafuba, yang kali ini sukses dan tidak sampai membunuhnya.

Lalu datang Gannos dari Universe 4. Roshi menggunakan observasi skill Gannos dan kemampuannya sendiri untuk menghajar tokoh paling menonjol dari Universe 4 itu. Namun Gannos lalu berubah menjadi manusia burung yang kian kuat semakin lama ia bertarung. Roshi pun harus menunjukkan kekuatannya sebagai pejuang.

Sudah bisa ditebak, Roshi terdesak. Tapi apa yang ia lakukan? Ia justru mengerahkan segenap kekuatannya (ingat, energi Roshi sudah terserap oleh Mafuba yang ia gunakan sebelumnya) dan meluncurkan Kamehameha terkuat yang bisa ia kerahkan.

Benarkah ini Kamehameha terkuat? Mungkin tidak. Namun Gannos yang di puncak kekuatannya bisa terdorong hingga tereliminasi. Total, Roshi berhasil menyingkirkan tiga petarung di episode ini!

Tapi apa risikonya?

5

Master Roshi... Meninggal?

Sudah mengerahkan Mafuba, dihajar oleh Gannos, lalu meluncurkan Kamehameha terkuat yang bisa ia keluarkan. Tak mungkin penggunaan energi besar-besaran ini dapat dipertahankan oleh Roshi.

Dan memang benar, Roshi sampai ambruk. Bukan sekedar pingsan, melihat Goku mencoba menggunakan Ki untuk memompa jantung Roshi, sang petapa kura-kura ini sempat meninggal karena penggunaan kekuatannya sendiri. Apakah Master Roshi tewas?

Santai, dia masih hidup kok. Hanya saja mungkin setelah ini Roshi hanya bisa membantu lewat kata-kata. Penulis ragu Roshi masih memiliki tenaga untuk bertarung lagi setelah mati suri.


Jadi, bagaimana statistik terbaru dari Dragon Ball Super? Cek halaman ketiga!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.