Review Light x Shadow: Inilah Serunya MOBA Anime yang Penuh Aksi

Penasaran dengan Light x Shadow, MOBA bertema anime baru yang diusung Electric Soul? Simak pembahasan lengkapnya di artikel ini yah!

1504177221000

Seperti MOBA pada umumnya, game ini menampilkan permainan utama dalam mode Classic. Sepuluh pemain akan terbagi menjadi dua tim. Masing-masing dari mereka harus memilih salah satu dari hero yang disediakan. Setiap hero memiliki kelemahan dan kelebihan tersendiri, mereka pun terkategori sesuai dengan peran mereka dalam pertempuran. Namun di mode klasik ini, juga terdapat fitur menarik yang tidak dimiliki oleh permainan lain loh!

Fitur unik yang pertama adalah adanya sistem Switch Character. Setiap 3 menit sekali, pemain bisa berganti hero lain yang belum digunakan kawanmu. Ketika berganti karakter, pemain masih akan tetap memiliki level dan menggunakan item yang sama dengan sebelumnya. Jadi kamu bisa mengatur ulang, disesuaikan dengan build yang kamu inginkan. Fitur ini sangat membantu tim, karena bisa saja suatu tim membutuhkan karakter khusus yang mampu menajadi tanker atau membutuhkan healer.

Selain itu dalam Light x Shadow, terdapat sistem Mastery untuk semua skill yang mereka miliki. Berbeda dengan game lain, ketika kamu berhasil memaksimalkan level skill, maka akan memberikan tambahan kekuatan. Fitur ini disebut “Mastery” dan menariknya setiap skill memiliki tiga pilihan Mastery yang bisa kamu atur sebelum bertanding. Dengan adanya fitur ini, memungkinkanmu untuk bisa mengatur strategi pertempuran lebih baik. Tentu juga memperkuat peranmu di dalam tim.

Skill pasif dari masing-masing karakter pun bisa kamu tingkatkan kekuatannya loh! Bahkan beberapa skill pasif yang ada juga bisa diaktifkan, memberikan efek tambahan yang sangat membantu permainan. Skill pasif juga memiliki Mastery, memberikan efek kuat yang tentu saja lebih kuat untuk bertarung. Jadi peningkatan level karakter di game ini menjadi salah satu kunci kemenanganmu!

Fairy merupakan salah satu pet yang juga sangat membantu pemain dalam mengalahkan musuh-musuhnya. Mereka memiliki kemampuan khusus yang bisa digunakan untuk menolongmu dalam pertandingan. Ada berbagai macam Fairy yang bisa kamu gunakan, baik untuk bertahan diri atau membantumu seperti memberikan damage atau slow. Mereka memiliki level berbeda, semakin tinggi level mereka, maka dalam suatu pertandingan mereka mampu berevolusi menjadi lebih kuat.

Kelebihan Light x Shadow dibanding dengan MOBA versi Mobile lainnya adalah pada mode permainan yang diberikan. Selain mode Classic yang dimiliki MOBA lain, game ini juga menghadirkan sebuah mode baru bernama Brawl. Pada mode Brawl ini, pemain bisa bermain hingga 12 pemain yang terbagi menjadi 4 tim berbeda. Setiap tim berisi 3 pemain yang akan bertugas untuk mencari poin tertinggi untuk memenangkan pertandingan.

Untuk mendapatkan poin, pemain harus membunuh musuh yang berbeda tim. Kamu bisa dengan bebas mengincar siapa saja di mode Brawl ini. Namun yang jelas, tim terlemah pasti akan menjadi bahan “Bully” bagi tim lainnya. Mode permainan ini justru akan menguras pemikiran pemain dalam mengasah strategi untuk menang. Bagi tim yang memiliki sedikit poin, mereka pasti akan bermain bertahan dari serangan musuh. Nah tim lain seharusnya ikut membantu tim lemah itu, sebelum akhirnya dihajar juga.

Sayangnya, permainan ini masih dalam tahap awal sebagai game MOBA. Pihak pengembang perlu mempelajari lebih luas seluk beluk kekuatan karakter mereka melalui hasil permainan hingga saat ini. Banyak hero yang menurut saya masih memiliki kemampuan tidak berimbang. Misalnya saja Reira yang hingga saat ini menjadi marksman terkuat dan terlincah, sehingga merusak jalannya permainan. Selain hero, sistem pembagian EXP juga tidak terbagi rata.

Semoga saja di update selanjutnya, mereka sudah membenahi berbagai fitur yang memberatkan pemain baru ini. Juga merilis hero-hero baru dengan kemampuan yang berimbang. Light x Shadow sudah tersedia di Android saat ini, kamu bisa mengunduh dan memainkannya secara gratis.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Naburo

Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.