Ending Manga Dragon Ball yang Satu Ini Tidak Banyak Diketahui oleh Fans!

Psst, ternyata ending manga Dragon Ball original ada dua macam, lho! Yang satu ini tidak banyak diketahui fans dan ternyata masih ada hubungannya dengan Dragon Ball Super.

1505703613000

ending manga dragon ball edisi kanzenban

Psst, ternyata ending manga Dragon Ball original ada dua macam, lho! Yang satu ini tidak banyak diketahui fans dan ternyata masih ada hubungannya dengan Dragon Ball Super.

Seperti yang kita tahu, manga Dragon Ball original diakhiri dengan Goku yang memutuskan untuk melatih Uub supaya bisa menjadi penggantinya dalam melindungi bumi suatu saat nanti. Ending ini sendiri disajikan di penghujung volume 42. Nah, tahukah kamu kalau ada ending manga Dragon Ball lainnya yang sedikit berbeda dan berhubungan dengan Dragon Ball Super?

Setelah manga Dragon Ball original berakhir di tahun 90-an, manga ini kembali diterbitkan kembali pada awal tahun 2000 dengan label Kanzenban atau Perfect Edition. Jika manga original berjumlah 42 volume, maka manga edisi Kanzenban ini terdiri sebanyak 34 volume.

Sekilas, tidak ada yang berubah dari edisi Kanzenban ini. Akan tetapi, terdapat beberapa perubahan di penghujung manga. Yang paling terlihat jelas adalah bagaimana Goku memutuskan untuk melatih Uub. Jika pada versi asli Goku hanya terbang ke ujung langit sambil membawa Uub, maka pada ending manga Dragon Ball edisi Kanzenban, akan ada adegan penyerahan awan Kintoun milik Goku kepada Uub.

ending manga dragon ball tidak diketahui fans kanzenban edisi

Perubahan ini mungkin tidak cukup drastis. Akan tetapi, penyerahan awan Kintoun kepada Uub ini secara simbolik menggambarkan bahwa Uub akan menjadi pelindung bumi berikutnya. Oh, pada manga aslinya juga, Toriyama menarasikan bahwa bumi akan dilindungi oleh Dragon Ball, tetapi pada edisi Kanzenban ini, dia menambahkan update berupa pernyataan bahwa Uub dan orang-orang kuat lainnya akan meneruskan perjuangan Goku dalam melindungi Bumi di masa depan.

Hal ini dirasa lebih bagus daripada versi original karena versi original sendiri dirasa terlalu tidak jelas (terlalu open ending) dan terburu-buru. Ini juga menjelaskan kenapa edisi ini diberi nama Kanzenban atau Perfect Edition. Oh, dan ending edisi ini juga dibuat oleh Akira Toriyama sendiri, lho! Jadi, ending manga Dragon Ball yang ini juga dihitung sebagai cerita canon atau versi update.


CONTINUE READING BELOW

Episode Spesial Dragon Ball Super: Goku vs Jiren dengan SSB Kaioken 20x!

Episode spesial Dragon Ball Super akan menyajikan pertarungan Goku vs Jiren. Goku pun mengerahkan SSB Kaikon 2x lipat untuk mengalahkan Jiren. Berhasilkah?


ending manga dragon ball kanzenban vegeta

Selain itu, di ending ini juga ada perubahan lain. Jika dalam versi original Akira Toriyama memberikan kata-kata penutup untuk manga Dragon Ball—yang mana menunjukkan bahwa Dragon Ball benar-benar berakhir—maka pada edisi Kanzenban, kata-kata penutup tersebut dihilangkan dan diganti dengan Vegeta yang berkata bahwa suatu hari nanti dia akan melampaui Goku.

Lalu, apa hubungannya dengan ending manga Dragon Ball ini dengan Dragon Ball Super? Lanjut ke halaman 2!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.