Analisis Megabots vs Kuratas: Pelopor Mecha Kok Kalah?

Amerika dan Jepang menggelar pertarungan robot raksasa pertama di dunia! Tapi Jepang kalah dalam pertarungan ini!! Kok bisa sih negara pembuat Gundam ini bisa kalah? Duniaku.net mencoba untuk menganalisis pertarungan ini!

1508560238000
Megabots vs Kuratas

Sumber: Megabots

Dunia dihebohkan dengan pertarungan robot raksasa pertama di dunia! Megabots dari Amerika melawan Kuratas buatan Jepang! Kemenangan Megabots dalam duel tersebut mengundang berbagai reaksi dan pendapat. Apakah kekalahan Kuratas adil? Apakah pertarungan ini dicurangi? Kontributor Duniaku.net mencoba untuk melakukan analisis yang mendalam untuk membuktikannya!!

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya kita memasuki langkah awal menuju terwujudnya Gundam melawan Jaeger. Tepat pada 17 Oktober 2017, jam 7 malam waktu Pasifik, pertarungan robot raksasa pertama di dunia ditayangkan lewat situs Twitch.tv milik Megabots, sebuah perusahaan robotika asal Amerika. Megabots sendiri adalah perusahaan robotika asal Amerika, yang berhasil membuat mecha alias robot besar yang bisa dikendarai.

Sebelum ada Megabots dengan Megabot Mk II, terlebih dulu ada Suidobashi Heavy Industries, yang berhasil membuat robot raksasa “pertama” di dunia. Model KURATAS adalah mecha buatan Suidobashi pada tahun 2012, dibuat oleh seorang pengrajin Kogoro Kurata dan ilmuwan robotika Wataru Yoshizaki.

“Suidobashi, kami punya robot raksasa, kamu punya robot raksasa, kamu tahu ini harus terjadi. Kami menantangmu untuk berduel.”

Megabots menantang Suidobashi untuk bertarung pada Juli 2015, memberikan waktu satu tahun untuk persiapan. Tantangan ini dijawab dengan senang hati oleh Suidobashi, dengan satu syarat: Pertarungan harus melibatkan pertarungan melee alias jarak dekat.

Persyaratan ini membuat Megabots menunda satu tahun untuk membuat robot baru yang bisa bertarung sesuai dengan syarat yang diberikan Suidobashi, karena Megabot Mk II mereka tidak memenuhi syarat tersebut. Megabots menggalakan program crowdfunding agar Megabot Mk III bisa terwujud.

Setelah dua tahun pengembangan, akhirnya Megabot Mk III pun jadi, sehingga mereka bisa bertarung di tahun 2017.

Pertarungan robot terbesar abad ini terjadi di sebuah gudang raksasa yang sudah ditinggalkan di dataran Amerika Serikat atas alasan keamanan. Selain menjadi penantang, Megabots juga menjadi tuan rumah dari pertarungan ini.

Sebenarnya acara sudah dilakukan jauh hari sebelum tanggal yang sudah ditentukan. Megabots menyatakan bahwa video versi streaming ini adalah hasil setelah memotong dan memoles hasil rekaman pertarungan sesungguhnya. Sekali lagi, demi keamanan.

Namun setelah pertarungan berlangsung, hasilnya tidak seperti yang diharapkan. Kenapa begitu? Klik halaman selanjutnya untuk melihat sorotan pertandingan dan pembahasannya!

TENTANG PENULIS
Mohamad Yusran

Kontributor yang menekuni dan menikmati bidang media dan karya kreatif. Minat utama adalah Mecha, Media, dan Meme.