9 Lagu Jepang Yang Wajib Kamu Dengar Minggu Ini (Volume 5)

Untuk minggu ini sembilan lagu Jepang yang wajib kamu dengar datang dari Aimer, Cider Girl, Miyavi, The Oral Cigarettes, dan Daoko x Yasuyuki Okamura

1509609601000

6

Skirt – Shikai Ryoukou (Pony Canyon, 2017)

[youtube_embed id=”13lyT8Um_0o”]

Skirt merupakan proyek solo dari Wataru Sawabe yang telah ia buat dari tahun 2006. Solois yang mempunyai tubuh yang chubby ini terkenal di jalur independen berkat memainkan musik pop rock dengan sentuhan soul dan jazz yang ia tunjukkan di album kelimanya CALL yang telah dirilis pada 20 April 2017.

Setelah sukses di kalangan indie label ia dikontrak oleh major label Pony Canyon dan merilis album keenamnya berjudul 20/20 yang telah dirilis pada 18 Oktober 2017 kemarin dan masuk ke posisi 25 besar di Jepang. Salah satu lagu yang ada di album ini berjudul “Shikai Ryoukou” memainkan musik pop rock yang funky dan jangly seperti sebuah upgrade dari lagu RAN berjudul “Pandangan Pertama”.

7

Hi-Standard – The Gift (Pizza of Death, 2017)

[youtube_embed id=”n06dQoe1tG0″]

Dedengkot hardcore punk legendaris asal Jepang ini akhirnya kembali meluncurkan album barunya setelah sempat bubar pada tahun 2000 dan terbentuk kembali pada tahun 2011. Band yang diisi oleh Ken Yokoyama (vocal, gitar), Akihiro Nanba (vokal, bass), dan Akira Tsuneoka (drum) mengeluarkan album terbarunya The Gift pada 4 Oktober 2017. Sama seperti ketika merilis single comeback Another Starting Line” pada 5 Oktober 2016 mereka merilis album ini secara diam-diam tanpa ada pengumuman sebelumnya dan tiba-tiba langsung ada di toko CD. Sontak kejadian ini menimbulkan kehebohan di media sosial karena akhirnya sang legenda musik hardcore punk telah turun gunung dan kembali mengeluarkan album setelah delapan belas tahun tidak mengeluarkan album. Album ini langsung terjual sebanyak 150 ribu kopi di minggu pertamanya dan menduduki posisi pertama.

Salah satu lagu yang ada di album ini “The Gift” memainkan musik hardcore punk yang murni dan jadul. Gitar yang berderu-deru diiringi dengan gebukan drum yang kencang menambah sensasi old school dari lagu ini. Jangan lupakan lirik yang sangat menyentuh dan sangat memotivasi yang terus mereka bawa di lagu ini. Sebuah tembang hardcore punk yang positif.


CONTINUE READING BELOW

Inilah Daftar Lagu Naruto dari yang Terjelek Sampai Terbaik (Bagian 7)

Setelah pada minggu lalu kita sudah melihat posisi 30 - 21 sekarang kita akan melihat lagu Naruto yang ada di posisi 20 - 11.


8

Cider Girl – Melancholy (Universal, 2017)

[youtube_embed id=”Lve4n8aMKaQ”]

Cider Girl merupakan band pop pendatang baru yang diisi oleh Yurin (vokal, gitar), Tomo (gitar), dan Fujimaru (bass). Sebelum mereka membentuk band masing-masing dari personilnya sendiri telah terjun ke dunia doujin ongaku dan Vocaloid. Yurin sebelumnya adalah penyanyi utaite yang cukup terkenal, Tomo sebelumnya dikenal di skena Vocaloid dengan nama Ramune, sedangkan Fujimaru dulunya merupakan seorang produser Vocaloid dengan nama Moffu-P.

Mereka telah merilis empat mini album dibawah label mereka sendiri dan merilis album perdana mereka Soda Pop Fanclub 1 dibawah major label Universal Music. Salah satu lagu yang ada di album ini berjudul “Melancholy” menunjukkan sisi fun dari musik mereka dengan memainkan musik indie pop yang upbeat dengan sentuhan electropop yang catchy serta sentuhan city pop kekinian supaya terdengar asyik untuk bergoyang.

9

The Oral Cigarettes – Black Memory (A-Sketch, 2017)

[youtube_embed id=”WGot2jAViWY”]

Band yang terdiri dari Takuya (vokal, gitar), Akira (bass), Shigenobu (gitar), dan Masaya (drum) ini populer di seluruh dunia berkat lagu mereka “Kyouran Hey Kids” yang menjadi lagu pembuka anime Noragami Aragoto dan berhasil diputar sebanyak 24 juta kali di YouTube.

Kuartet yang sudah mengeluarkan empat album ini telah mengeluarkan tiga album dan single terbarunya “Black Memory” menjadi lagu tema untuk live-action Ajin. “Black Memory” masih bermain di ranah alternative rock cepat dan berirama yang mereka selalu usung dari awal dan mampu membuat crowd serta pendengarnya bersemangat mendengarkan lagu tersebut.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara