12 Pengguna Khotbah no Jutsu Terkuat di Serial Boruto!

Bertobatlah wahai manusia!

1510018245000

boruto pengguna khotbah no jutsu terkuat naruto

Khotbah no Jutsu adalah teknik paling mengerikan yang pernah ada! Kira-kira, siapa sih pengguna Khotbah no Jutsu terkuat dalam serial Boruto?

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Khotbah no Jutsu adalah teknik terkuat dalam serial Boruto (dan tentunya termasuk Naruto). Bagaimana tidak? Teknik yang mengandalkan bacotan kalimat-kalimat indah ala Mario Teguh ini mampu membuat bahkan musuh-musuh terkuat dalam seri Boruto (dan Naruto) tobat seketika.

Penggunanya Khotbah no Jutsu juga beragam, tidak sebatas tokoh utama Boruto, tetapi siapapun yang memiliki otak cemerlang dan belum pernah di-sleding kak Seto pasti bisa menyusun kalimat-kalimat penyegar batin untuk teknik ini.


CONTINUE READING BELOW

Sebenarnya, Seto Mulyadi Itu Siapanya Seto Kaiba?

Kak Seto Mulyadi punya banyak kemiripan dengan Kak Seto Kaiba, lho! Semoga kepala saya tidak disleding dengan membuat artikel ini.


Sayangnya, tidak semua karakter memiliki kesempatan untuk menunjukan jutsu ini karena jarang mendapatkan kesempatan untuk bersinar dalam setiap episode/chapter dari Boruto.

Nah, dari sekian banyaknya karakter yang bisa menggunakan Khotbah no Jutsu, kira-kira siapa sih karakter yang paling efektif menggunakannya? Menjawab pertanyaan ini, tentunya kita bisa menghitung dari seberapa banyak korban yang tobat dalam seri Boruto setelah terpapar radiasi jutsu ini.

Akan tetapi, rasanya menghitung jumlah korban tidaklah adil, karena—seperti yang saya sebutkan sebelumnya—tidak semua karakter memiliki kesempatan untuk menggunakan jutsu ini dalam setiap episode/chapter seri Boruto. Lantas, apa yang akan kita gunakan untuk mengukur kekuatan dari Khotbah no Jutsu masing-masing karakter?

Kita bisa menggunakan statistik resmi dari Databook yang disediakan dalam setiap volume manga Boruto. Dalam statistik tersebut, ada satu bagian yang disebut Negotiations atau Negosiasi. Tentunya, proses negosiasi yang sebenarnya—seperti membuat perjanjian antar: desa/negara, pembagian sumber daya alam, atau kebijakan pemerintah—tidak pernah diperlihatkan dalam serial Boruto (dan Naruto).

Mungkin kamu akan berkata kalau Kage Summit—sebuah acara di mana 5 Kage berdiskusi masalah desa mereka—adalah salah satu bentuk negosiasi. Tetapi, “proses” negosiasi-nya sendiri tidak pernah diperlihatkan.

kage summit pengguna khotbah no jutsu terkuat boruto naruto

Pun Kage Summit sebelum Perang Dunia Ninja ke-4 hanya memperlihatkan perbincangan para Kage yang saling menyalahkan satu sama lain—dan baru beraliansi setelah ada musuh.

Dengan kata lain, para Kage juga cuma ‘iya-iya saja’ atau kasarnya ikut-ikutan aliansi karena ada musuh yang sama yang perlu dihadapi. Istilahnya, dalam Ilmu Komunikasi, disebut sebagai groupthink.

Jadi, saya rasa negosiasi ini lebih condong ke komunikasi interpersonal. Atau bahasa mudahnya: negosiasi antar karakter dalam skala yang lebih kecil. Ya, apalagi kalau bukan proses “menceramahi” karakter-karakter lain—khotbah no Jutsu.

Jadi, siapakah pengguna Khotbah no Jutsu terkuat? Lanjut ke halaman 2!

TENTANG PENULIS
Snow

Veteran game survival-horror terutama Resident Evil dan Dead Space. Menurutnya, game survival-horror adalah obat terbaik dalam menangani stress (karena ketakutan, jadi lupa sama stress-nya). Selain memainkan game, dia juga gemar mengikuti anime, manga, comic, film dan novel. Saat ini sibuk menulis light novel. Light novel-nya yang berjudul The Alternative sudah dicetak.