5 Selebriti Korea Ini Sempat Menolak Mengikuti Program Wajib Militer. Siapa Saja Ya?

Banyak alasan yang digunakan untuk menghindari program wajib militer di Korea. Siapa saja ya selebriti Korea yang kedapatan mangkir dari panggilan negara ini?

1510228854000

Selebriti Korea yang Menolak Wajib Militer

Meskipun menjadi program yang harus diikuti, tapi beberapa selebriti papan atas Korea ini pernah berusaha mangkir dari panggilan negara. Contohnya seperti deretan selebriti Korea yang menolak wajib militer berikut.

Sebagai penggemar K-pop, pastinya kamu pernah merasakan bagaimana idolamu harus meninggalkan sementara panggung hiburan demi menjalankan program wajib militer. Ya, Korea Selatan adalah salah satu negara di dunia yang menganut program wajib militer bagi semua warganya, tak terkecuali dengan oppa-oppa ganteng favoritmu.

Wajib militer biasanya diadakan guna meningkatkan kedisiplinan, ketangguhan, keberanian dan kemandirian seorang dan biasanya diadakan wajib untuk pria. Itulah salah satu alasan yang melatarbelakangi mengapa Korea Selatan melaksanakan program wajib milter.

Pasalnya, meskipun sudah lama merdeka, tak dapat dipungkiri lagi jika konflik antara dua negara bertetangga Korea Selatan dengan Korea Utara masih terjadi hingga sekarang. Tak mengherankan mengapa wajib militer begitu penting bagi negara yang terletak di Asia Timur ini.

Tentu menjadi ujian berat bagi para selebriti korea harus meninggalkan kariernya yang tengah menanjak lalu mengikuti wajib militer selama dua tahun. Tak aneh, jika ada beberapa artis K-pop yang berusaha menghindari panggilan negera ini.

Penasaran siapa saja? Berikut ini deretan selebriti Korea yang menolak wajib militer.

1

Psy

Siapa yang tak kenal Psy? Pria berusia 39 tahun ini menjadi salah satu artis Korea yang mampu menghentak dunia lewat lagunya yang berjudul “Gangnam Style”. Ya kamu pun mungkin pernah terkena demam goyangan Gangnam Style yang populer pada tahun 2011.

Pada tahun 2003, pemilik nama asli Park Jae-sang ini sempat mengikuti program wajib militer golongan 4. Di mana ia ditempatkan untuk bekerja kantoran pada firma peranti lunak. Tapi menurut laporan The Korea Times, Psy malah melakukan 52 konser dan muncul di TV selama masa wajib militer.

Akibatnya, pada tahun 2007, Psy dituntut untuk menjalankan wajib militer dengan tugas aktif yang berakhir pada tahun 2009.

2

Jang Hyuk

Selebriti Korea yang menolak wajib militer selanjutnya adalah Jang Hyuk. Aktor yang terkenal lewat perannya dalam film Volcano High dan Windstruck ini pernah mencoba menghindar dari wamil.

Bersama Song Seung-heon, Jang Hyuk diketahui sengaja menenggak obat-obatan yang membuatnya tidak lolos dari tes kesehatan. Tapi karena tekanan publik, akhirnya Jang Hyuk mengakui perbuatannya tersebut dan ikut program wajib militer yang selesai tahun 2006.

3

Steve Yoo

Dari sekian banyak kasus selebriti Korea yang menolak wajib milter, mungkin Steve Yoo yang paling parah. Penyanyi keturuan Amerika ini dengan terang-terangan enggan untuk mengikuti program wajib militer pada tahun 2002. Ia lebih memilih mengganti kewarganegaraan menjadi warga Amerika.

Alhasil, pria kelahiran Seoul ini dideportasi dan tidak diizinkan masuk ke wilayah Korea Selatan. Karier Steve pun dengan cepat meredup karena kasus tersebut.

Pada tahun 2015, Steve menyampaikan permintaan maaf terkait perbuatannya yang mangkir dari panggilan wajib militer.

4

Kim Moo-yeol

Ada beberapa golongan yang tidak diwajikban untuk mengikuti wajib militer di Korea Selatan yaitu orang cacat, ilmuwan, kriminal, orang yang mengalami cidera fisik, dan pencari nafkah utama.

Artis Kim Moo-yeol secara sengaja berusaha menghindari program wajib militer karena dirinya dianggap sebagai pencari nafkah utama. Bahkan Agensi Muyeol menyebut jika artisnya itu “terlau miskin” dan harus terus berusaha mencari uang.

Tapi karena tekanan publik, akhirnya Kim Moo-yeol dengan sukarela mengikuti wajib militer dan membersihkan citranya.

5

MC. Mong

Selebriti Korea yang menolak wajib militer selanjutnya adalah MC. Mong. Penyanyi hip-hop Korea ini dikabarkan menghindari program wajib militer dengan menyegok seorang dokter gigi agar mencabut dua giginya.

Karena tindakannya tersebut, MC. Mong dituntut 6 bulan penjara dengan masa percobaan selama satu tahun dan kerja sosial selama 120 jam.


CONTINUE READING BELOW

Inilah 5 Fakta Wajib Militer di Korea Selatan yang Harus Diketahui Penggemar K-pop!

Pastinya kamu pernah merasakan bagaimana idolamu harus menjalankan program wajib militer. Tapi tahukah kamu fakta di balik wajib militer di Korea Selatan?


Akibat kasus tersebut, karier Mong di dunia entertainment pun meredup. Ia masuk daftar hitam beberapa stasiun televisi seperti KBS dan MBC.

Kira-kira ada lagi gak selebriti Korea yang menolak wajib militer?

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca