7 Pahlawan di Balik Pembuatan Film yang Tak Diketahui Banyak Orang

Mungkin kamu cuma tahu artis atau sutradanyanya saja. Tapi nyatanya, banyak orang yang berjasa di balik pembuatan sebuah film lho!

1510279243000

Pahlawan di Balik Pembuatan Film

Sebagai penikmat film, mungkin kamu hanya mengenal para artis dan sutradaranya saja. Padahal, banyak orang yang terlibat dan berjasa dalam pembuatan sebuah film. Sambil merayakan Hari Pahlawan, berikut ini deretan pahlawan di balik pembuatan film yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Di zaman sekarang ini, pahlawan sudah memiliki arti yang cukup luas. Selain orang-orang yang berjasa berkorban demi kemerdekaan sebuah bangsa, gelar pahlawan juga layak disematkan bagi orang-orang yang telah berjasa terhadap kehidupan orang banyak. Termasuk pahlawan dari dunia seni film.

Bagi kamu penikmat film, para artis dan sutradara mungkin bisa digolongkan sebagai pahlawan. Berkat mereka, kamu akhirnya bisa dimanjakan oleh jalan cerita lewat visual yang memukau.

Tapi, sebuah film bukan cuma sekadar artis dan sutradara saja. Lebih dari itu, banyak orang yang berjasa dalam pembuatan film. Sambil merayakan Hari Pahlawan, berikut ini deretan pahlawan di balik pembuatan film yang mungkin belum banyak diketahui orang.

1

Asisten Sutradara

Namanya mungkin menjadi bayang-bayang sang sutradara. Tapi meski berlabel asisten, jangan remehkan posisi yang kerap disingkat astrada ini. Bahkan beban yang dipikul oleh seorang asisten sutradara cukup berat.

Tugas inti dari astrada adalah memastikan jadwal dan menjaga lingkungan di lokasi syuting tetap kondusif sehingga sutradara, aktor, dan kru dapat fokus pada pekerjaan mereka masing-masing.

Asisten sutradara juga bertanggung jawab atas kegiatan setiap hari kerja dan mengatur jadwal pemain dan kru film lainnya, serta menjadwalkan pemakaian peralatan, script atau naskah.

2

Script Supervisor

Script supervisor atau petugas kontinitu merupakan orang yang bertanggung jawab seputar jalan cerita yang sudah difilmkan. Di mana script supervisor akan mengawasi dan mencatat setiap penyimpangan antara apa yang difilmkan atau divideokan dan
yang ada pada naskah.

Sebagai petugas kontinitu, mereka harus mencatat setiap setiap shoot dan letak properti tetap pada tempatnya. Detail-detail kecil lainnya juga sangat diperhatikan demi menjaga kontinuitas adegan.

Biasanya kesalahan-kesalahan minor yang terjadi di dalam sebuah film disebabkan oleh script supervisor yang kurang jeli menjaga kontinuitas dari satu adegan ke adegan berikutnya.

3

Art Director

Pahlawan di balik pembuatan film selanjutnya adalah art director. Seorang art director bertanggung jawab terhadap desainer produksi dan bertugas mengawasi langsung kinerja seniman dan pengrajin, seperti para desainer, seniman grafis, dan ilustrator yang memberikan rancangan untuk dikembangkan oleh desainer produksi.

Jika kamu merasa terpukau dengan visual yang disajikan oleh sebuah film, maka kamu perlu memuji peran seorang art director di film tersebut.

Siapa lagi pahlawan di balik pembuatan sebuah film? Cek di halaman selanjutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca