Ini Dia Daftar 20 Anime Era Millenium Yang Wajib Kamu Tonton (Bagian 1)

Jangan mengaku pecinta anime kalau kamu belum lihat daftar 20 anime wajib tonton ini

1510394413000

Evangelion: 3.0

Jangan ngaku pecinta anime kalau kamu belum lihat daftar 20 anime era millenium wajib tonton ini! Apa sajakah itu? Yuk, kita simak di dalam artikel!

Jika membuat daftar anime era millenium yang wajib ditonton, banyak sekali daftar yang berbeda-beda muncul dari sumber dan sudut pandang yang berbeda pula. Menentukan mana anime era millenium yang wajib tonton memang sebuah pilihan gampang gampang susah dan terdengar tricky.

Tetapi sebuah majalah finansial mingguan bernama Weekly Toyo Keizai membuat sebuah daftar 20 anime yang dirilis di era millennium tepatnya di era tahun 2000an yang wajib kamu tonton.

Majalah yang telah terbit pada tahun 1895 yang mempunyai demografik pembaca seperti eksekutif, para pemangku jabatan di perusahaan, analis, dan investor ini membuat sebuah daftar yang mempunyai judul lengkap “Anime Yang Paling Berpengaruh Secara Kultural” dan diurutkan sesuai tahunnya.

Anime yang ada di dalam daftar ini merupakan campuran dari film dan TV. Berikut daftar anime yang wajib kamu tonton versi Weekly Toyo Keizai:

1

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex (2002)

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex merupakan sebuah serial TV yang diadaptasi dari film laris dan berpengaruh sepanjang masa buatan Masamune Shirow, Ghost in the Shell.

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex sendiri telah dirilis sepanjang dua musim. Musim pertamanya dirilis pada October 2002 sampai Oktober 2003 lalu musim keduanya dirilis pada Januari 2004 sampai Januari 2005.

Ghost in the Shell: Stand Alone Complex masih bercerita tentang Major Motoko Kusanagi dan staf Section 9 yang harus menangani kasus yang tidak biasa dan melibatkan pihak yang besar.

2

Hoshi no Koe (2002)

Sebelum Kimi no na Wa melejit di seluruh dunia, Makoto Shinkai mendapat kepopuleran pertamanya lewat Hoshi no Koe. Anime yang dirilis dalam format OVA ini berhasil membawa Shinkai menjadi sosok paling berpengaruh di dalam dunia anime di era millennium.

Bercerita tentang dua sahabat sedari kecil yang terpisah karena satu teman perempuannya harus berperang melawan alien. Setelah 15 tahun berada di dalam bagian luar angkasa yang semakin dalam, pesan yang ia sampaikan menjadi lebih lama untuk sampai di bumi.

Sebuah kisah sedih yang sukses membuat para pecinta anime menangis melihatnya pertama kali.

3

Paprika (2006)

Paprika merupakan karya terakhir dari sutradara jenius Satoshi Kon sebelum ia menghembuskan nafas terakhirnya akibat kanker pankreas pada 24 Agustus 2010.

Diadaptasi dari novel berjudul sama buatan Yasutaka Tsustsui yang dirilis pada tahun 1993, film ini bercerita tentang seorang peneliti psikologi yang menggunakan sebuah alat untuk masuk ke mimpi pasiennya.

Dengan visual yang luar biasa dan cerita yang tidak pernah muncul dalam dunia anime membuat Paprika dipuja oleh berbagai media internasional dan pengaruhnya bisa dilihat di dalam film buatan Christopher Nolan bernama Inception.

4

Code Geass: Lelouch of the Rebellion (2006)

Siapa di sini yang nggak tahu karakter Lellouch dari Code Geass? Lellouch dan berbagai macam karakter lainnya sukses menjadi populer di tahun 2006 dan menjadi salah satu karakter ikonik di dunia anime.

Pada masanya, Code Geass sukses menyatukan dua fandom yang susah disatukan, yaitu: laki-laki dan perempuan. Para laki-laki suka serial ini karena aksi robot-robotannya yang fantastis sedangkan para perempuan tentunya suka dengan karakter yang digambarkan dengan gaya bishounen ala CLAMP.

Bagi kamu yang belum tahu, CLAMP ini sebelumnya pernah membuat komik xxxHolic, X, dan Tsubasa Reservoir Chronicle, lho!

Code Geass sendiri bercerita tentang seorang mantan pangeran Lelouch vi Britannia yang ingin meruntuhkan kediktatoran dari Holy Britannian Empire dengan bantuan kekuatan super bernama Geass.

5

Rebuild of Evangelion (2007, 2009, 2012)

Rebuild of Evangelion merupakan film reboot dari serial TV legendaris buatan Hideaki Anno, Neon Genesis Evangelion, yang suskes menggemparkan dunia anime dan menjadi salah satu anime terbaik sepanjang masa.

Tiga film dari Rebuild of Evangelion telah keluar pada tahun 2007, 2009, dan 2012 dengan judul Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone, Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance, dan Evangelion 3.0: You Can (Not) Redo. Seri keempat dari instalasi fim ini sedang dalam proses pengerjaan.

Penasaran dengan lima anime era millenium lainnya yang wajib kamu tonton? Cek halaman berikutnya untuk mencari tahu lebih lanjut!

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara