Ini 10 Film tentang Kesendirian untuk Jiwa-jiwa Kesepian

Wahai para jiwa-jiwa yang sedang kesepian, nonton ini saja agar hidup namaste walaupun sendirian~

1510740046000

film tentang kesendirian

Kita semua pernah merasa sendirian atau kesepian. Kalau sudah begitu, memang paling enak nonton film tentang kesendirian seperti berikut ini.

Kesepian bisa datang kapan saja, entah saat kamu memang lagi sendirian atau sedang berada di keramaian, tapi jiwamu terasa hampa. Rasanya berat bagi sebagian orang, tapi tak perlu sampai dikoyak-koyak sepi seperti puisi Chairil Anwar atau melolong bebaskan aku dari kehampaan ini seperti lagu Dygta.

Banyak cerita bertema kesendirian yang terjadi karena berbagai maksud, seperti terisolasinya seseorang dari lingkungan sekitarnya, baru saja putus dari kekasih, atau sesederhana terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Berikut ini Duniaku.net merekomendasikan 10 film tentang kesendirian yang barangkali bisa membuatmu terhubung secara emosional.

1

Her (2013)

Film tentang kesendirian yang pertama adalah Her. Nah, Her ini memang film sejuta umat kalau kita berbicara tentang kesepian.

Film ini bercerita tentang Theodore Twombly (Joaquin Phoenix) yang sendiri setelah ditinggal cerai mantan istrinya. Ia kemudian senang tak kepalang ketika bisa mengobrol dengan Samantha (Scarlett Johansson), program artificial-intelligence yang bisa bersuara.

Yang menarik dari Her adalah bagaimana sutradara sekaligus penulis naskah Spike Jonze bisa menceritakan secara woles dan thoughtful kisah dunia masa depan yang ternyata rentan membuat manusia terpisah satu sama lain. Ia juga dibantu oleh penata gambar Hoyte van Hoytema dan desainer produksi KK Barrett untuk membuat tampilan film Her begitu lembut namun menyimpan sendu.

2

Cast Away (2000)

Jika Theodore dalam Her merasa sendirian di tengah keramaian, Chuck Noland (Tom Hanks) dalam Cast Away ini sendiri karena terdampar di sebuah pulau tak berpenghuni.

Dengan memanfaatkan sisa-sisa kargo dari pesawatnya yang telah jatuh, Chuck tak hanya bertahan hidup memenuhi sandang, pangan, dan papan, tapi juga kebutuhan mentalnya untuk bersosialisasi. Jadilah ia menggambar wajah di permukaan bola voli dan dinamai Wilson. Sedih tetapi menghibur.

3

WALL•E (2008)

Film kartun tak selamanya harus dipenuhi dengan suka cita. Kali ini ada film animasi WALL•E dengan tokohnya yang juga bernama WALL•E.

Ia adalah robot pemadat yang bertugas di tahun 2805 saat Bumi sudah ditinggalkan dan dipenuhi oleh sampah. Walaupun Bumi dipenuhi oleh banyak sampah-sampah menarik, tetapi WALL•E tetap saja kesepian.

Namun, semua berubah saat ia kedatangan robot penyelidik bernama EVE. WALL•E kemudian jatuh cinta sembari berpetualang di rumah baru manusia, stasiun luar angkasa Axiom.

4

Chungking Express (1994)

Dari sutradara Wong Kar-wai, Chungking Express menceritakan dua kisah roman yang mirip-mirip. Cerita pertama adalah soal seorang polisi bernomor 223 (Takeshi Kaneshiro) yang lagi susah move-on bertemu secara tiba-tiba dengan wanita misterius penyeludup narkoba (Brigitte Lin). Lalu, cerita kedua soal polisi bernomor 663 (Tony Leung) yang juga baru putus dari pacarnya lalu bertemu dengan pramuniaga warteg (Faye Wong).

Mereka semua sama-sama kesepian. Dan dari kesepian itu, ada cerita unik yang dipresentasikan dengan visual stylish oleh Wong Kar-wai. Film roman yang sangat berkesan.

5

The Machinist (2004)

Wah, ini. Kalau kamu orangnya kesepian, jangan sering-sering begadang. Nanti bisa jadi kayak Trevor Reznik (Christian Bale) yang jadi kurus dan sinting.

Si Trevor ini mengalami insomnia parah tiap malam sampai-sampai membahayakan orang lain di pabrik tempat ia bekerja. Setelah dipecat gara-gara persoalan itu, ia jadi paranoid dan suka berhalusinasi. Kali ini, minuman merk Aq*a pun enggak mempan.

Tak hanya didasari oleh karakter Trevor yang sendiri dan kesepian, film ini juga menawarkan cerita menegangkan dan juga gelap yang bisa terjadi gara-gara kurang tidur.


Sepertinya ada profesi yang membuat pekerjanya berisiko sendiri dan kesepian. Cari tahu apa itu dalam lanjutan 10 film tentang kesendirian di halaman sebelah!

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.