Kurang Hype, Ini Dia 5 Game Balap PS2 yang Jarang Orang Mainkan!

Karena berbagai alasan, game-game balap era PS2 ini jarang dimainkan. Apa saja nih?

1510907409000

Sebagai salah satu genre umum, game balap PS2 tidak begitu banyak dieksplorasi oleh gamer.

Bila ditanyakan game balap PS2 apa yang paling populer, jawabannya pasti tidak jauh dari Need for Speed dan Gran Turismo. Ada juga yang menyebutkan Tokyo Xtreme Racer dan Ridge Racer namun kedua gamtersebut tidak memiliki banyak penggemar di sini.

Pada dasarnya, game balap tidak terlalu banyak, dan biasanya hanya seri-seri besar saja yang lebih sering dipublikasikan ataupun dibagikan dari mulut ke mulut. Amat disayangkan bahwa sebenarnya masih ada game balap yang sangat menarik namun sedikit yang tahu bahwa seri ini pernah ada.

Didasari dari penemuan ini, penulis mencoba untuk mencari beberapa game yang dulu pernah dimainkan namun sangat jarang orang yang mencoba ataupun memainkannya. Berikut adalah 5 game balap PS2 yang jarang orang mainkan:

1

Enthusia

game balap jarang ps2

Berjudul lengkap Enthusia Professional Racing, game balap satu ini merupakan percobaan Konami untuk mengembangkan simracing di PS2, seperti halnya Gran Turismo. Dirilis pada 2005, Enthusia menawarkan 211 mobil yang dapat dikendarai dalam beberapa lokasi balap populer seperti Nurburgring Nordschleife.

Handling yang lebih realistik ternyata harus kalah oleh Gran Turismo dikarenakan beberapa hal, dimulai dari rendahnya publikasi mengingat nama Gran Turismo lebih dikenal, handling yang disebut-sebut terlalu realistis oleh reviewer dan susahnya untuk meng-unlock mobil. Tidak jarang banyak pemain yang lebih memilih Gran Turismo sebagai pilihan utama.

2

Auto Modellista

game balap ps2: Auto Modellista

Balapan dengan grafis cell-shaded 3D ternyata tidak hanya datang dari Drift City / Skid Rush saja. Auto Modellista merupakan game balap dari Capcom yang menghadirkan sejumlah lokasi balap yang akan disukai oleh penikmat anime balap seperti Wangan Midnight dan Initial D. Mobil yang dapat dipilih juga mayoritas dari negeri sakura, dengan sedikit tambahan seperti Dodge Viper dan Ford GT.

Game balap satu ini memberikan kebebasan pemain untuk mengatur setting pada mobil, memasang upgrade dan memilah body kit yang diinginkan. Hasil setting akan sangat mempengaruhi mengingat Auto Modellista memiliki physics yang sangat aneh, pemain harus membutuhkan konsentrasi tinggi saat masuk dan keluar tikungan.

3

Tokyo Road Race

game balap ps2: Tokyo Road Race

 

Merupakan versi pasar Barat dari Battle Gear 2, Midas Entertainment membeli hak untuk mempublikasikan ulang pada Taito dan mengubah namanya menjadi Tokyo Road Race. Tidak banyak yang bisa dijelaskan dari game balap ini mengingat kontennya sangat sedikit, kurangnya kualitas grafis dan lokasi balap yang berujung repetitif membuat permainan ini kurang layak dimainkan jika harus dibandingkan dengan versi arcade-nya.

Sebagai seri utama, Battle Gear sendiri merupakan permainan arcade online yang lebih condong ke arah simracing. Versi PS2 merupakan port langsung dari arcade yang disesuaikan untuk pasar konsol.


Penasaran dengan game balap lainnya? Klik halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.