Warnet! Tempat Menghibur yang Kini Jadi Legenda. Apa Kamu Pernah Jadi Anak Warnet Juga?

Hayo kalau kamu pernah jadi anak warnet, pasti tahu banget hal-hal berikut ini!

1510909200000

Source: Twitter

Warung internet mungkin jadi tempat hiburan bagi para generasi 90-an. Di zaman internet belum masif seperti ini, warnet seakan menjadi tempat yang diagung-agungkan. Bagi generasi 90-an, tak ada tempat senyaman seperti di warung internet.

Tempatnya ber-ac dan kita juga bisa internetan membuat seseorang betah pergi ke warung internet. Selain hanya berselancar di internet, kita juga bisa memainkan berbagai game online. Bila ada tugas pun, sudah pasti tempat ini menjadi tempat paling favorit.

Tapi saat ini kiprah warnet di Indonesia sudah mulai meredup. Ketika berkendara di jalan, saya akan sangat jarang melihat warnet. Bila zaman dulu, hampir tiap beberapa meter saya akan menemukan sebuah warung internet yang ramai.

Untuk saat ini, sekalinya ada tempat untuk internet, biasanya warnet tersebut akan sangat sepi pengunjung. Mungkin untuk warnet game masih ramai, tapi itupun tak semua ramai pengunjung.

Hanya warung internet yang murah dengan fasilitas bagus saja yang ramai dikunjungi oleh para gamer saat ini. Karena dulu sangat masif dan saat ini meredup, saya tak segan untuk berkata bahwa di masa depan warung internet hanya akan jadi sebuah legenda.

Mengapa saya menyebutnya seperti itu? Duniaku.net akan membahas soal pembahasan itu sekarang. Bagi kalian yang dulunya suka ke warnet, mungkin bisa langsung baca artikel ini sampai habis!

1

Masifnya Internet Membuat Warnet Meredup

Source: Duniaku.net

Di era terbatasnya teknologi, khususnya informasi dan komunikasi membuat warung internet menjadi primadona bagi para pencari informasi. Zaman dulu, untuk membaca informasi terkini kita harus pergi ke warnet.

Zaman dulu handphone belum bisa memancarkan internet secepat saat ini sehingga mau tidak mau kita harus jalan dulu pergi ke warung internet. Tapi ketika informasi teknologi dan komunikasi mulai masif seperti saat ini, di situ pula warung internet mulai ditinggalkan.

“Buat apa ke warnet bila di handphone saja bisa,” mungkin itulah kutipan yang saya sering terdengar beberapa tahun yang lalu. Ketika HP sudah bisa digunakan untuk berselancar dengan nyaman, orang-orang mulai malas ke warung internet.

Tentunya dari tahun ke tahun, internet akan menjadi sangat cepat khususnya di handphone. Hal inilah yang membuat warung internet gulung tikar.

Bahkan bagi para warnet game, zaman sekarang bisa dikatakan mereka sudah tidak begitu relevan lagi. Saat ini seseorang bisa memasang internet rumahan dengan sangat mudah sehingga bagi para gamer akan memilih bermain di rumah dari pada di warung internet.

Mungkin bila perkembangan internet tak lagi masif, warung internet masih akan berdiri kokoh di era seperti sekarang.

2

Standarisasi Warnet yang Semakin Tinggi

Source: infogame.id

Dulu sebuah warung internet, khususnya warnet game hanya menggunakan monitor tabung, keyboard seadanya, headset yang butut, dan mouse yang tidak enak. Tapi saat ini, warnet yang seperti itu tidak akan laku.

Di era modern seperti sekarang, standarisasi warung internet pun dituntut untuk naik kelas. Oleh sebab itu, sekarang banyak sekali warung internet yang menamakan dirinya sebagai iCafe atau cafe yang merangkap sebagai warnet.

Biasanya di iCafe kita akan disambut dengan PC bertenaga ditambah perangkat pendukung nomor satu seperti mouse, headset, dan keyboard. Meski tergolong mahal, nyatanya iCafe lebih laris dibandingkan warung internet yang murah namun kualitasnya biasa.

Untuk membuat warung internet memiliki berbagai macam fasilitas mewah, tentu modalnya pun tidak sedikit! Banyak yang gulung tikar karena mereka sudah tak lagi bisa memenuhi standarisasi dari para user ini.

Karena hal seperti inilah pada akhirnya warung internet khususnya warnet game di pinggiran kota tutup dan termakan oleh zaman.

Penasaran apalagi yang membuat kiprah warnet makin meredup? klik page 2!

Share this article

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!