Menguak Misteri Mengapa Karakter Utama dalam Anime Selalu Duduk di Bangku Dekat Jendela!

Mari kita kuak dan kupas tuntas alasan di balik misteri mengapa tempat duduk favorit karakter anime selalu berada di dekat jendela!

1510999223000
Tempat Duduk Favorit

www.pinterest.com

Apakah ini hanya kebetulan semata? Kira-kira kenapa ya bangku di pojok ruang kelas menjadi tempat duduk favorit karakter-karakter anime?

Kamu pasti sudah tak lagi asing dengan tempat duduk favorit karakter seperti di atas, bukan? Seorang protagonis atau tokoh utama dalam anime yang, entah kenapa, selalu menjadikan bangku dekat jendela sebagai spot favoritnya. Beberapa karakter dalam anime lainnya bahkan punya ciri khas lebih khusus, yakni bangku yang berada di posisi kiri paling pojok dan ruang kelas di lantai dua ke atas.

Wajar jika kamu merasa begitu familiar, sebab adegan seperti ini bisa kamu temukan dalam hampir semua anime yang mengambil latar sekolah menengah, sebagai salah satu lokasi penyampaian narasi.

Apakah letak tempat duduk favorit tersebut memang sengaja dipilih tanpa ada alasan khusus sama sekali? Ataukah para pencipta komik dan animenya terinspirasi dari konsep pemilihan tempat duduk di sekolah-sekolah aktual yang ada di Jepang? Semakin kamu penasaran, semakin banyak pertanyaan yang bermunculan.

Pola seperti ini, lantaran terlalu sering dipergunakan, akhirnya dianggap menjadi salah satu klise dalam industri per-anime-an. Bersanding dengan fenomena membosankan lainnya, seperti rambut tiap karakter yang senantiasa berwarna ngejreng atau tokoh utama dalam anime populer yang hobi makan dalam porsi besar dan wataknya selalu saja jauh dari kata cool.

Sayangnya sulit menemukan cuplikan berita yang memuat wawancara sang mangaka atau produser anime yang menguak alasan di balik misteri ini. Kecuali kamu adalah Haruka Kotoura, hampir mustahil untuk dapat mengorek isi kepala mereka. Oleh karena itu kita mesti menerka-nerka jawabannya secara mandiri

Untungnya, sudah banyak teori logis yang diajukan oleh para penggemar anime lintas negara yang tertuang dalam berbagai forum di dunia maya mengenai hal ini. Beberapa di antaranya mungkin sudah bisa kamu tebak dan beberapa lainnya mungkin tak pernah terpikirkan oleh kamu sebelumnya. Apa saja itu?

1

Agar fokus kamera dapat tertuju pada karakter utama

Tempat Duduk Favorit

Alasan ini bisa dibilang yang paling masuk akal. Dengan menempatkan sang karakter di bagian paling pojok dekat jendela, mereka ingin ada adegan khusus di mana karakter tersebut punya ‘ruang’ sendiri yang terbebas dari perbauran karakter lain.

Posisi ini memungkinkan pengambilan gambar hanya terfokus pada pada karakter yang bersangkutan. Sehingga tingkah laku dan gerak-geriknya di sini jadi lebih menarik untuk diamati. Ia bisa saja sibuk menulis, melakukan monolog dalam hati, melempar pandangan ke luar jendela, atau melamun khusyu’ sembari kilas balik hingga beberapa episode.

Tak dapat dipungkiri bahwa sudut tersebut menjadi ajang eksposur terbaik bagi tokoh utama. Perhatian penonton bisa sepenuhnya terpusat pada karakter tersebut. Permainan cahaya juga bisa dengan bebas dimainkan di sini. Terang atau redupnya sinar mentari dapat disesuaikan seefektif mungkin untuk menambah kesan dramatis.

Apa lagi kira-kira alasan di balik tempat duduk favorit para karakter utama ini? Klik halaman selanjutnya!

TENTANG PENULIS
Faisal Bosnia

Penggemar game survival-horror, keranjingan gadget, suka sepak bola. Penggemar berat Real Madrid, tapi Barcelona juga suka koq, beneran.