Meski XBOX One X Habis Terjual, Angka Penjualan di Jepang Tetap Menyedihkan!

Selagi penjualan XBOX di Jepang masih terhitung sangat rendah, terdengar kabar bahwa XBOX One X ludes di toko-toko Jepang!

1511079355000
penjualan XBOX di Jepang

Sumber: comicbook.com

Laporan penjualan menyebutkan XBOX One X laku terjual hingga ludes, namun penjualan XBOX di Jepang terutama One X masih sangat rendah. Kok bisa begitu ya?

Eksistensi XBOX di Jepang sendiri dari dulu harus tunduk di hadapan kedua kompetitornya, Sony dan Nintendo. Trik marketing-nya yang sangat ambigu membuat konsol ini susah laku di negeri sakura. Menurut laporan penjualan pada satu media publikasi, total penjualan untuk konsol XBOX One X masih sangat rendah sekalipun ludes terjual. Ada apa yang terjadi sebenarnya?

Sejak sebelumnya, Microsoft sudah mencoba untuk bawa XBOX pada pasar Jepang. Berbagai upaya telah mereka coba, seperti usaha dalam menggaet pengembang dari negeri sakura untuk merilis game mereka hingga membawakan iklan untuk menarik minat anak muda di negeri tersebut.

Gagalnya konsol ini di Jepang disebabkan oleh beberapa hal, yang paling utama adalah eksistensi Sony dan Nintendo yang lebih umum dikenal oleh masyarakat. Kesalahan Microsoft dalam mengiklankan produk mereka juga menjadi faktor kegagalan konsol ini.

Baru-baru ini, terdengar kabar bahwa XBOX One X habis terjual di toko-toko Jepang. Seorang pengguna twitter di Jepang bahkan mengunggah foto yang bertuliskan “XBOX One X telah habis” di salah satu toko yang ia lewati. Tentu ini membuktikan bahwa penjualan XBOX akhirnya meningkat, bukan?

Ternyata, XBOX One X yang dijual di Jepang bukanlah produk yang dimaksudkan sebagai stok untuk diperjualkan. Konsol yang masuk menuju pasar Jepang ini semuanya merupakan preorder yang sebelumnya telah dipesan atas permintaan calon pembeli. Anehnya, tidak ada satu toko pun yang menjual stok XBOX One X.


CONTINUE READING BELOW

Pemain Harvest Moon Back to Nature? Harvest Moon: Light of Hope akan Membuatmu Kecewa

Harvest Moon: Light of Hope, game terbaru dari Natsume ternyata akan membuat para penggemar Harvest Moon: Back to Nature kecewa.


Dengan sistem preorder ini, XBOX One X berhasil terjual sebanyak 1,344 unit pertanggal 6 sampai 12 November menurut Media Create. Hasil penjualan ini membawa XBOX One X menuju peringkat ke delapan, mengalahkan New 3DS yang hanya terjual sebanyak 266 unit. Hal ini masih belum cukup mengingat 2DS laku terjual lebih banyak dibanding konsol besutan Microsoft ini.

Kesalahan terbesar Microsoft saat ini jatuh pada keputusan mereka. Kosongnya stok XBOX akan menyulitkan calon pembeli yang memang ingin mencoba konsol tersebut, berbeda dengan preorder yang umumnya merupakan penggemar XBOX sejak lama.

Phil Spencer selaku pimpinan XBOX sebelumnya telah melakukan pertemuan dengan rekannya di Jepang, namun kita masih harus menunggu apa yang akan mereka bawa untuk negeri Sakura kedepannya.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.