Kreatif! Inilah Deretan Game Mobile yang Berhasil Memanfaatan Momen di Indonesia

Selain jadi musik dangdut, apapun yang lagi tren di Indonesia, bakal dijadiin game

1511146816000

Selain dijadikan musik dangdut, suatu hal yang sedang tren atau viral di Indonesia juga dimanfaatkan oleh developer-developer game yang kreatif. Contohnya seperti deretan game mobile yang memanfaatkan momen berikut.

Indonesia dikenal dengan orang-orangnya yang kreatif. Apa saja yang sedang heboh dan trending di masyarakat, bakal dimanfaatkan demi meraup pundi-pundi rupiah. Ya mungkin kamu sudah sering melihat bagaimana oportunisnya para penyanyi dangdut dalam membuat sebuah lagu yang diambil dari hal-hal trending.

Selain penyanyi dangdut, ternyata developer-developer game Indonesia juga kreatif dan pintar dalam memanfaatkan momen. Mereka bisa mengangkat sesuatu yang sedang viral di Indonesia kemudian diolah menjadi game yang menarik.

Nah contohnya saja seperti deretan game mobile yang memanfaatkan momen berikut ini.

1

Tahu Bulat

Siapa sih yang enggak kenal tahu bulat? Jajanan yang biasanya dijual memakai mobil bak disertai jingle yang nyentrik ini pernah menjadi sebuah tren di Indonesia. Selain bentuknya yang unik, cita rasa yang renyah karena dibuat dadakan menjadi salah satu faktor mengapa tahu bulat begitu memikat hati masyarakat.

Fenomena tahu bulat ternyata berhasil dimanfaatkan oleh Own Games untuk membuat sebuah game mobile super adiktif bernama Tahu Bulat. Dengan gameplay yang simpel dan bikin nagih, serta tema lokal yang cukup “menggigit”, tak heran jika Tahu Bulat menjadi viral di media sosial dan disukai gamer.

Kesuksesan game Tahu Bulat ini terlihat dari sejumlah penghargaan yang diraih di berbagai ajang game. Bahkan game besutan Own Games ini berhasil mengalahkan game populer Clash of Clans sebagai game paling banyak diunduh di Google Play Store.

2

Telolet

Pernah ada masanya ketika semua orang Indonesia kecanduan suara klakson bus. Meski terdengar aneh, tapi fenomena ini begitu viral dan mungkin kamu pernah mencoba berdiri di pinggir jalan menunggu bus lewat lalu berteriak, Om Telolet Om!

Nah fenomena telolet ini pada akhirnya dimanfaatkan oleh banyak developer game. Salah satu yang cukup terkenal adalah game IDBS Bus Emulator. Seperti namanya, para pemain akan dituntut untuk menjadi seorang supir bus yang mengantarkan penumpang ke tempat tujuan. Tentu saja, di sini pemain bisa membunyikan klakson telolet.

3

Kids Jaman Now Games

Game mobile yang memanfaatkan momen selajutnya adalah Kids Jaman Now Games. Ya, game unik ini terinspirasi dari perilaku anak-anak zaman sekarang yang makin aneh. Dengan mengambil tokoh Kak Seto, Kids Jaman Now Games berhasil mencuri perhatian di kalangan gamer mobile.

Dibuat oleh GINVO Studio, game ini bertema arcade dan gamer akan bermain sebagai Kak Seta sang Pahlawan Penyelamat Generasi Bangsa. Di sini, Kamu dituntut untuk menyelamatkan para generasi muda dari serbuan hal-hal negatif seperti rokok, micin atau obat terlarang.

4

Tiang Listrik

game mobile yang memanfaatkan momen

Kejadian Ketua DPR RI Setya Novanto yang kecelakaan karena menabrak sebuah tiang listrik ternyata tak cuma ramai di ranah media sosial. Kehebohan tersebut dengan cerdas dimanfaatkan oleh developer game asal Yogyakarta, Noobzilla.

Mereka membuat sebuah game berjudul Tiang Listrik. Ya meskipun cukup sederhana dari sisi gameplay, namun karena tema yang diangkat cukup unik dan sedang hangat dibahas, game Tiang Listrik pun menjadi viral. Hingga saat ini, game Tiang Listrik sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali.


CONTINUE READING BELOW

Tahu Bulat 2 Dirilis, Kini Kamu Bisa Bangun Kota Tahu Sendiri!

Setelah sebelumnya merilis "semi" sekuel dari Tahu Bulat bertajuk Akang Tahu Bulat, kali ini mereka akhirnya merilis sekuel "sebenarnya", Tahu Bulat 2!


Nah ada lagi enggak game mobile yang memanfaatkan momen selain di atas? Kasih tahu Kami di kolom komentar ya!

TENTANG PENULIS
Dijeh

Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca