Lebih Baik Pilih PC atau Konsol? Ini Ulasan Detailnya!

Jadi, manakah yang lebih baik?

1511172019000

Jadi, manakah yang lebih baik? PC atau konsol?

Kali ini Duniaku.net memiliki pembahasan yang luar biasa seru untuk dibahas. Dimohon untuk membacanya dengan penuh kedewasaan karena dalam artikel ini bukan untuk membandingkan mana yang lebih baik antara PC dan konsol.

Artikel ini dibuat karena saya merasa lucu terhadap PC gamer fanatik dan konsol gamer fanatik. Keduanya saling bertengkar hanya untuk menentukan mana yang lebih baik antara PC atau konsol bila menjalankan game.

Bagi para gamer konsol, PC itu platform yang payah karena di sana mereka tidak akan bisa mencoba berbagai game eksklusif yang hanya dibuat developer untuk konsol saja. Sedangkan bagi para PC gamer, kenikmatan bermain game hanya akan bisa dirasakan secara maksimal bila bermain di PC sehingga munculan jargon PC Master Race.

Perdebatan yang seperti ini sepertinya tidak penting sama sekali, intinya kan sama saja yaitu sama-sama main game, hahaha.

Mulai dari situlah saya muncul ide untuk membahas mana yang sebaiknya kalian pilih untuk main game. Artikel ini juga membantu kalian mempertimbangkan yang terbaik bila kalian niat untuk membeli salah satu antara PC dengan konsol.

Saya ingatkan kembali, artikel ini bukan untuk diperdebatkan dan bacalah dengan penuh penahaman dan kedewasaan.

1

Budget

Budget merupakan hal paling utama untuk menentukan mana yang lebih baik antara PC atau konsol. Taruhlah di sini kalian punya budget sekitar 5 jutaan dan kalian bingung mau pilih PC atau konsol untuk bermain game, jawabannya bisa keduanya.

Budget 5 juta ini bisa kalian belikan konsol untuk bermain game karena harga konsol rata-rata saat ini adalah 4,9 juta dengan bonus satu buah kaset game dan 100 ribunya lagi bisa kalian belikan air minum.

Bila kalian ingin bermain diresolusi yang lebih tinggi misalkan 4K, kalian cukup keluarkan uang 6,5 juta rupiah untuk beli PS4 PRO.

Sedangkan budget 5 juta juga bisa kalian belikan PC yang cukup mumpuni untuk bermain game.

Cukup di sini bukan berarti kalian bisa melibas seluruh game dengan settingan rata kanan ya. Cukup di sini adalah mungkin kalian bisa akan bermain dengan settingan medium atau low bila bermain di 1080p atau settingan yang lebih baik bila bermain di resolusi 720p.

Untuk PC sendiri, budget 6,5 juta mustahil untuk bisa bermain diresolusi 4K guys.

Bila kalian tipe orang yang menuntut banyak hal semisal harus bermain dengan pengalaman terbaik di budget 5 juta sangat disarankan untuk memilih konsol. Kalaupun ingin memilih PC, disarankan kalian memilih komponen yang bisa di-upgrade dikemudian hari tanpa mengeluarkan banyak uang.

Intinya meski tak bisa mendapatkan pengalaman di resolusi tinggi, PC gamer tetap bisa bernafas lega karena PC merupakan platform yang bebas untuk diupgrade dikemudian hari.

Jawaban: PC 30% dan Konsol 70%

2

Garansi

Garansi merupakan hal yang sangat vital baik untuk PC maupun konsol. Menggeber sebuah konsol untuk bermain game selama berjam-jam otomatis akan menurunkan umurnya dan begitu juga dengan PC.

Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, munculah garansi sebagai solusi bila terjadi kerusakan pada PC atau konsol milik kita. Perlu diperhatikan bahwa garansi konsol hanyalah mesinnya saja atau kasarnya adalah PSnya saja.

Bila ada kerusakan di luar PS seperti stik dan peripheral lainnya, itu tidak bisa diklaim garansi. Garansi konsol khususnya PS4 cukup unik karena garansi yang kalian dapatkan adalah hampir unlimited.

Dulu biasanya sebuah konsol akan dikenakan garansi misalnya selama 1 tahun. Tapi khusus untuk PS4 saat ini kalian bisa mendapatkan garansi lebih dari 1 tahun dengan syarat tertentu.

Kalian bisa mendapatkan garansi PS4 selama bertahun-tahun dengan hanya membayar 70 ribu rupiah bila garansi kalian sudah mendekati akhir. Nantinya garansi kalian akan diperpanjang selama satu tahun lagi.

Tapi untuk melakukan ini bon pembelian kalian dan tanda perpanjang garansi tidak boleh hilang karena nantinya akan sangat sulit. Saya sendiri sampai saat ini belum tahu apakah sistem perpanjang garansi ini terbatas beberapa kali atau tidak terbatas.

Sedangkan untuk PC, tidak ada yang namanya perpanjangan garansi. Tapi yang paling menarik dari PC adalah garansi yang kalian dapatkan adalah per komponen. Saya berikan contoh seperti garansi proccessor akan memiliki masa berbeda dengan garansi Power Supply.


CONTINUE READING BELOW

Warnet! Tempat Menghibur yang Kini Jadi Legenda. Apa Kamu Pernah Jadi Anak Warnet Juga?

Di zaman internet belum masif seperti ini, warnet seakan menjadi tempat yang diagung-agungkan. Di sana kita bisa menemukan berbagai macam informasi!


Proccessor biasanya akan mendapatkan garansi selama tiga tahun sedangkan PSU akan mendapatkan garansi beragam, ada yang tiga tahun dan ada yang lima tahun. Meski begitu, kalian tak perlu khawatir karena PC dianggap memiliki ketahanan yang lebih baik daripada konsol.

Selain itu, untuk melakukan klaim garansi part PC biasanya lebih mudah dan bisa dilakukan meski bon pembelian telah hilang. Syaratnya cukup part yang kalian miliki jangan sampai cacat fisik atau rusak segel.

Jawaban: PC 50% Konsol 50%

Dihalaman selanjutnya akan ada pembahasan yang lebih seru terkait PC atau Konsol bro!

Share this article

TENTANG PENULIS
adam

Seseorang yang menikmati dunia game dan menjadikannya salah satu aktivitas wajib di dalam hidup. Suka sekali dengan Dream Theater karena kerumitan musiknya!