Steppenwolf Cuma Pesuruh! Kenali Bos Sejatinya: Darkseid!

Masih ingat dengan kalimat “For Darkseid” yang dikatakan Steppenwolf di film Justice League? Siapa sih sebenernya Darkseid? Yuk, baca penjelasan berikut

1511260235000
fakta steppenwolf

sumber: dccomics

Masih ingat dengan kalimat “For Darkseid” yang dikatakan Steppenwolf di film Justice League? Atau ingin tahu sebenernya siapa sih Darkseid? Yuk, baca penjelasan berikut tentang asal usul Darkseid!

Darkseid adalah pemimpin dari planet asal Steppenwolf, yaitu Apokolips. Planet ini ditinggali oleh para New Gods dan diisi oleh para budakSemua mahluk dari planet ini menyembah Darkseid, begitu juga dengan semua bawahan Darkseid termasuk Steppenwolf yang merupakan Jenderal dari pasukan Parademon.

Mereka semua rela melakukan apa saja untuk Darkseid, karena itulah makhluk-makhluk planet Apokolips sering sekali mengucapkan kalimat “For Darkseid.”

Sebelum Darkseid menjadi New God, Darkseid hanyalah seorang pria biasa bernama Uxas yang hidup bersama saudaranya bernama Izaya. Sang saudara Izaya merupakan seseorang yang sangat taat kepada dewa, karena itu Izaya sering sekali berdoa kepada para dewa lama atau yang disebut juga sebagai Old Gods untuk meminta pertolongan.

Beda dengan saudaranya, Uxas justru menjadi orang yang sangat tidak peduil dengan Old Gods. Uxas lebih percaya kepada dirinya sendiri, dan menganggap saudaranya bodoh karena meminta doa kepada Old Gods.

Karena kebenciannya terhadap Old Gods, Uxas mencoba untuk mencari tahu asal usul kekuatan Old Gods. Sampai akhirnya dia menemukan sebuah tempat di mana Old Gods tinggal. Tempat tersebut seperti istana yang lokasinya berada di sebuah gunung terlarang. Uxas memanjat gunug tersebut.

Darkseid

Sesampainya di tempat terlarang tersebut Uxas melihat para Old Gods sedang tertidur pulas. Kesempatan untuk menghancurkan Old Gods pun dimulai dari sini, Uxas membisikan ke masing masing Old Gods sebuah fitnah atau hal buruk yang menyebabkan para Old Gods saling berperang satu sama lain. Uxas percaya bahwa seorang dewa yang sangat suci pun tetap mempunyai sisi buruk dari kesuciannya.

Saat terjadinya perang antar Old Gods ini mengakibatkan kehancuran yang sangat besar. Masing masing dewa mengeluarkan seluruh kekuatannya untuk mengalahkan dewa lain. Akibatnya kekuatan para Old Gods tersebut semakin melemah.

Sang Old Gods pun satu persatu jatuh. Para dewa ini memohon ke Uxas agar Uxas meminta doa kepada mereka, karena jika ada seseorang yang berdoa kepada mereka, mereka akan mendapatkan kekuatan lebih dan dapat mengalahkan dewa lain.

Karena para Old Gods sedang melamah, Uxas mengambil kesempatan ini untuk membunuh mereka semua dan mengambil kekuatan para Old Gods. Ada 4 Old Gods yang dia bunuh dan kekuatan ke 4 Old Gods tersebut menjadi milik Uxas. Uxas yang tadinya hanya orang biasa, akhirnya dapat memiliki kekuatan para dewa. Dimulai dari sini New Gods lahir. Kemudian Uxas mendapat nama atau julukan baru yaitu Darkseid.

Dari keempat Old Gods tersebut, masih ada satu Old Gods yang masih hidup dan kekuatannya tidak diambil oleh Darkseid. Dewa yang satu ini memberi kekuatannya kepada saudara dari Uxas, yaitu Izaya.

Izaya pun menjadi New Gods kedua yang lahir setelah Darkseid. Izaya diberi nama sebagai Highfather. Pertarungan kedua dewa baru ini pun tidak terhindarkan hingga mengakibatkan alam semesta hancur.

Setelah kehancuran alam semesta, terbentuklah kedua planet yang dipimpin oleh 2 dewa baru yang memiliki sisi bertentangan. Planet pertama diberi nama Apokolips yang dipimpin oleh Darkseid dan planet kedua diberi nama New Genesis dipimpin oleh Highfather. Ibarat surga dan neraka, Apokolips adalah neraka, New Genesis adalah surga.


Itulah kisah asal usul bagaimana Darkseid menjadi seorang New God. Kira kira Darkseid akan muncul di film Justice League yang kedua ga ya? Sampaikan di kolom komentar ya!

Sumber: Justice League #23.1 (2011), diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
abbiyuarsyah

Penggemar berat Hal Jordan Green Lantern. Lagi mencoba untuk jadi Comic YouTuber di https://www.youtube.com/AbbiyuarsyahID