Untuk Fans DC dan Marvel, Inilah Alasan Kamu Harus Tetap Membeli Komik Fisik

Film superhero membunuh industri komik DC dan Marvel? Jika iya, berikut adalah daftar alasan kamu harus tetap membeli komik fisik!

wooderice

Film superhero membunuh industri komik DC dan Marvel? Jika iya, berikut adalah daftar alasan kamu harus tetap membeli komik fisik!

Film superhero sudah merajai daftar film Hollywood terlaris beberapa tahun belakangan ini, terutama oleh 2 raksasa film superhero DC dan Marvel. Tapi apakah dengan larisnya film superhero justru membunuh industri komik yang menjadi awal besarnya DC dan Marvel? Jika iya, berikut adalah daftar alasan kamu harus tetap membeli komik fisik!

1

Koleksi

membeli komik fisik

comicvine.com

Mengoleksi sesuatu memang sudah menjadi hobi dari beberapa orang. Salah satunya adalah mengoleksi komik amerika. Istimewanya membeli komik amerika terutama DC dan Marvel adalah karena komik tersebut susah di dapat dan terbatas. Beberapa komik yang menceritakan tentang eventevent khusus pasti akan terjual sebelum tanggal rilisnya.

2

Investasi

Komik sebagai barang invetasi? Bagi beberapa orang hal ini mungkin menjadi hal yang cukup aneh. Karena biasanya barang yang sering di investasikan adalah rumah, mobil mewah, atau barang mewah lainnya.

Komik adalah barang yang suatu waktu harganya bisa berubah menjadi mahal. Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa komik DC dan Marvel dijual terbatas. Jika kamu membeli satu komik dan komik tersebut sudah tidak di cetak ulang, kamu bisa menjualnya dengan harga 2 kali lipat.

Apalagi komik kamu adalah cetakan pertama/first printing. Untuk kalangan kolektor komik, komik first printing mempunyai harga yang lebih tinggi dari cetakan kedua, ketiga dan seterusnya.

Selain itu komik yang harga bisa menjadi mahal adalah komik kemunculan pertama/first appearance dari seorang karakter. Komik tersebut bisa menjadi lebih mahal apabila komik yang kamu punya sudah di labeli oleh Certified Guaranty Company (CGC).

Buktinya komik kemunculan pertama Spider-Man di komik Amazing Fantasy #15 bisa terjual dengan harga 1 juta dollar.

3

Mengurangi Pembajakan

Record Label Headquarters

Di era teknologi ini, memang komik bajakan sudah menjadi hal yang biasa dan dengan mudah kita nikmati di internet secara gratis. Tetapi harusnya hal seperti itu jangan membuat kita berhenti membeli komik originalnya. Apalagi dengan kebiasaan buruk penduduk Indonesia yang sering menggunakan atau membeli produk bajakan.

4

Keseruan Membaca Komik Fisik

Untuk beberapa orang membaca komik langsung dari komik fisiknya membuat mereka menjadi lebih menikmati isi dari komik tersebut. Terutama untuk komik yang berbentuk trade paperback. 

Kemudahan dan keseruan membaca trade paperback adalah pembaca bisa lebih mengerti alur dari cerita komik tersebut, karena cerita sudah di satukan dalam satu buku, tidak seperti membaca di internet yang terpisah-pisah dan harus mengetahui reading order-nya terlebih dahulu.

5

Menjaga Industri Komik

membeli komik fisik

wooderice

Alasan yang satu ini adalah alasan yang paling penting, kenapa? Karena dengan berkembangnya industri film superhero yang sangat pesat ini membuat banyak sekali orang terutama anak kecil mengenal supehero mereka dari film dan game, bukan dari komik.

Menurunnya penjualan komik ini sudah di buktikan dengan tutupnya beberapa toko komik di Amerika, seperti yang di lansir dari Bleeding Cool


Harusnya dengan semakin banyaknya film superhero yang rilis, membuat kita ingin mengtahui lebih banyak tentang superhero, terutama superhero favorit kita. Mau bagaimana pun juga film Captain America, Thor, Batman, Superman yang kita tonton berasal dari komik.

Itulah mengapa semua film tersebut dinamai sebagai comic book movie.

Karena dari namanya saja sudah comic book movie, harusya kita yang mengaku sebagai fans, tidak seharusnya lupa darimana superhero itu berasal.


Itu lah beberapa alasan kenapa kamu harus tetap membeli komik fisik. Kamu punya alasan lainnya? Sampaikan di kolom komentar ya!

Share this article

TENTANG PENULIS
abbiyuarsyah

Penggemar berat Hal Jordan Green Lantern. Lagi mencoba untuk jadi Comic YouTuber di https://www.youtube.com/AbbiyuarsyahID