Master X Master Melempem, NCSoft Terpaksa Tutup Pelayanannya!

Di era MOBA berkembang menjadi game idaman para gamer, Master X Master dari NCSoft justru tidak laku. Hal ini memaksa mereka untuk menutup pelayanannya.

Master X Master

Di era MOBA berkembang menjadi game idaman para gamer, Master X Master dari NCSoft justru tidak laku. Hal ini memaksa mereka untuk menutup pelayanannya.

Semenjak perilisan DOTA 2, mulai banyak game MOBA yang dirilis oleh berbagai publisher game terkenal. Salah satunya adalah NCSoft dari Korea Selatan, mereka pun mengembangkan game MOBA yang cukup keren bernama Master X Master. Berbeda dengan game MOBA versi PC lain, game ini memiliki fitur keren yang penuh aksi. Bahkan pihak pengembang juga memberikan fitur Co-Op, bagi pemain bosan dalam berkompetisi.

Master X Master memiliki inovasi dalam bidang kontrol permainnya. Jika biasanya permainan MOBA menggunakan point-and-click (mouse untuk navigasi karakter, dan tombol keyboard untuk shortcut skill), di Master X Master ini, kamu bisa menggerakan karaktermu menggunakan tombol navigasi A,W,S, dan D di keyboard-mu.

Tombol di mouse berguna untuk melancarkan aksi “attack” dan “dash.” Tambahannya, kamu juga bisa mengontrol karaktermu untuk melompat menggunakan tombol spasi di keyboard.

Game ini juga mengusung sistem Tag-team, pemain bisa melakukan serangan kombo yang mematikan menggunakan kemampuan 2 karakter yang berbeda. Misalnya satu karakter stun dari jauh, lalu melakukan swap, dan memberikan serangan tambahan dengan kemampuan menabrak.

Fitur ini juga memberikanmu kesempatan untuk menyelamatkan diri saat salah satu Master yang kamu kontrol sedang dalam keadaan kritis. Karena masing-masing dari mereka memiliki Health Point yang terpisah.

Master X Master

Meskipun menampilkan banyak fitur menarik, tampaknya game ini tidak mampu menarik penggemar MOBA yang sudah setia dengan game mereka. Kurang dari lima bulan setelah perilisannya di Korea Selatan, NCSoft berencana menutup game ini pada tanggal 31 Januari 2018 mendatang.

Pihak NCSoft sendiri mengatakan, “Game ini mengalami masalah pada urusan bisnis, kami telah mencari berbagai pilihan, tetapi tidak ada yang berkelanjutan.”

Dari pernyataan itu sudah jelas bahwa pihak NCSoft memang belum mampu bersaing di pasar MOBA hingga saat ini. Apalagi kini saingan mereka bukan lagi game MOBA di PC saja, tetapi juga di smartphone yang menampilkan kontrol permainan yang serupa (action).

Meskipun Master X Master tidak sukses dan akan ditutup, pihak publisher masih memiliki banyak game yang sedang dikembangkan, seperti Blade & Soul II dan Lineage II M.

Sumber: MMOCulture.com

Share this article

TENTANG PENULIS
Naburo

Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.