Tidak Terima Game Akan Tutup, Pemain Marvel Heroes Minta Refund

Dengan Marvel Heroes Omega yang dirilis pada Juni lalu, tidak sedikit pemain yang kecewa setelah mendengar kabar ini. Lantas, apakah ada solusi refund dari Marvel?

pemain marvel heroes minta refund

Marvel bersama Gazillion sebelumnya telah mengembangkan game MMO Free-to-Play dengan tokoh-tokoh superhero dari Marvel. Belum lama setelah versi Omega dirilis, game ini harus ditutup. Kesal dengan keputusan ini, pemain Marvel Heroes minta refund.

Dirilis pada tahun 2013, Marvel Heroes merupakan game MMO gratis yang didistribusikan untuk konsol dan PC. Genre permainan yang mirip dengan seri Diablo ini akhirnya harus ditutup setelah mengalami berbagai isu di balik pengembangannya. Pemain Marvel Heroes yang tidak terima dengan keputusan ini terutama para pemilik konsol minta refund.

Seri Marvel Heroes Omega yang akan tutup akan menjadi seri terakhir dari Marvel Heroes yang dapat diakses oleh para pemain.

Gazillion dan Marvel menyatakan game ini masih dapat diakses sampai 31 Desember 2017, dan seluruh sistem pembayaran akan ditutup. Pada masa ini, pemain sudah tidak dapat membeli konten seperti kostum ataupun hero seperti sebelumnya.


CONTINUE READING BELOW

Justice League: 5 Fakta Steppenwolf yang Perlu Kamu Ketahui

Siapa sih sebenarnya Steppenwolf? Dan apa hubungannya dengan Justice League? Yuk temukan jawabannya lewat lima fakta Steppenwolf ini!


Tidak terima dengan keputusan ini, banyak pemain yang meminta agar pihak Marvel memberikan refund atas apa yang telah mereka habiskan.

Satu pemain dengan nama EITTurtle menyatakan ia telah menghabiskan hampir $400 untuk membeli Captain America. Pemain ini sebelumnya telah meminta refund melalui XBOX dan hingga saat ini ia belum menerima kepastian mengingat Marvel tidak menyebutkan persoalan refund.

Banyaknya pemain yang meminta uangnya kembali umumnya datang dari para pemain XBOX One dan Playstation 4. Kedua konsol ini sebelumnya menerima Marvel Heroes Omega yang dirilis pada Juni tahun ini, cukup wajar apabila mereka meminta refund untuk game yang hanya bertahan selama 6 bulan.

Proses refund untuk game MMO memang selalu menjadi pertanyaan yang ambigu. Pada aturan yang berlaku, pengembang tidak akan bertanggungjawab atas uang yang telah digunakan pemain untuk membeli konten mereka. Namun, aturan ini tidak menjelaskan mengenai proses yang berlaku apabila satu game harus tutup pada umur yang masih sangat muda.

Pada saat yang bersamaan, terdengar berita bahwa Marvel saat ini sedang menggaet FoxNext Games untuk mengembangkan Marvel Strike Force yang ditujukan untuk ponsel pintar. Mungkin saja Marvel menganggap seri Heroes tidak menghasilkan revenue yang cukup sehingga mereka menciptakan Strike Force, tidak ada yang tahu.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.