Lawas Namun Menawan, Inilah 5 Girlband Lawas Korea yang Terkenal di Tahun 1990-an

Video ini akan mengejutkan kamu! Jauh berbeda dengan MV dari girlband Korea masa sekarang, berikut merupakan girlband lawas Korea yang terkenal pada tahun 90-an. Simak selengkapnya!

1511497800000

Video ini akan mengejutkan kamu! Jauh berbeda dengan MV dari girlband Korea masa sekarang, berikut merupakan girlband lawas Korea yang terkenal pada tahun 90-an. Simak selengkapnya!

Hallyu wave Korea di seluruh dunia terutama Indonesia membuat berbagai kalangan khususnya anak muda terpaku pada budaya, seni, dan hiburan dari Korea. Salah satunya adalah hadirnya girlband yang beranggotakan gadis-gadis cantik, dibalut dengan kostum menawan, dan koreografi yang menarik.

Namun, apakah kalian tahu bahwa girlband di Korea sudah dimulai sejak sebelum Hallyu wave? Mereka-mereka ini sudah terkenal di pasar domestik Korea Selatan. Berikut merupakan girlband lawas Korea yang terkenal pada tahun 90-an

1

Baby Vox

Baby V.O.X adalah kelompok girlband Korea yang aktif dari tahun 1997 sampai 2006. Pada periode 1998 sampai 2006, mereka merilis tujuh album dan tampil di berbagai acara internasional, termasuk di China.

Mereka dianggap sebagai salah satu kelompok girlband K-pop tersukses di tahun 1990-an dan awal 2000-an bersama S.E.S dan Fin.K.L. Mereka juga ikut berpartisipasi dalam gerakan Hallyu Wave.

Setelah kegagalan album di tahun 2004 banyak perubahan line up anggota dan mulai berpisah. Artis cantik Yoon Eun Hye merupakan salah satu anggota Baby Vox.

2

Diva

Diva memulai debutnya pada tahun 1997 dan bubar pada tahun 2005. Album pertama mereka berjudul Funky Diva pada tahun 1997 dan mendapatkan popularitas karena style dan gaya berbeda yang ditampilkan mereka. Single mereka, “Yeah”, juga populer di Korea dan memuncaki nomor 5 di tangga lagu. Album mereka terjual sekitar 270.000 kopi.

Diva merilis album kedua mereka yang berjudul Snappy Diva pada musim panas 1998 dengan single berjudul “Why Are You Calling” dan “Joy”. Single mereka “Why Are You Calling” juga populer dan berhasil bertengger di nomor 1 di tangga lagi Korea.

Album kedua mereka terjual lebih dari 240.000 kopi. Pada album ketiganya, mereka merilis Album Inggris berjudul Dream in Taiwan yang juga populer di Taiwan.

3

Fin KL

Fin KL dibentuk dari hasil audisi perusahaan rekaman. Anggota pertama yang masuk dalam Fin.K.L adalah Ock Joo-hyun. Dia lolos seleksi setelah memenangkan kontes menyanyi radio.

Lee, teman Ock, terpilih setelah melakukan audisi. Anggota berikutnya yang terpilih adalah Sung Yuri, yang direkrut saat melakukan perjalanan di lapangan sekolah. Anggota terakhir adalah Lee Hyori, yang direkrut saat berada di sebuah mal.

Fin.K.L adalah salah satu girlband K-pop paling populer dan berhasil menjual lebih dari 2,2 juta album dan memenangkan banyak penghargaan musik.

4

Chakra

Chakra adalah girlband Korea yang memulai debutnya pada tahun 1999 dan bubar pada tahun 2006. Dari album pertama mereka, Chakra dikenal di Korea dengan inspirasi dari lagu dan tarian India.

Chakra merilis album pertama mereka bertajuk Come A Come. Album ini berhasil terjual lebih dari 162.251 eksemplar yang membuat mereka memenangkan banyak penghargaan pemula di Korea termasuk di SBS Music Awards dan Golden Disk Awards.

5

Cleo

Cleo adalah girlband Korea yang beranggota tiga orang dan dibentuk pada tahun 1999. Mereka adalah salah satu girlband yang sangat digemari bersama dengan Fin.K.L dan S.E.S. Lagu debut mereka “Good Time” meraih kesuksesan yang sangat besar.

Tidak hanya itu, album kedua Cleo, yang dirilis pada tahun 2000 juga berhasil memuncaki tangga lagu. Setelah album kelimanya, kelompok ini bubar pada tahun 2005.

Nah, bagaimana menurut kalian? Jauh berbeda ya dengan girlband Korea paska Hallyu Wave. MV yang mereka tampilkan masih terlihat lawas, namun anggota-anggota girlband tersebut masih tetap saja menawan. Benar demikian, kan?

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS