Lepas dari Square Enix, IO Interactive Pegang IP Hitman

Menurut Square Enix, Hitman bukanlah Hitman jika tidak dikerjakan oleh IO Interactive.

IO Interactive pegang IP Hitman

Mei yang lalu, Square Enix berencana untuk menjual IO Interactive, studio pengembang yang terkenal dengan seri pembunuh bayaran botak Hitman. Tidak seperti publisher lainnya, Square Enix membiarkan IO Interactive pegang IP Hitman.

Jika kalian ingat dengan Kojima yang dikeluarkan oleh Konami, maka kalian pasti akan ingat dengan franchise Metal Gear yang akhirnya dipegang oleh Konami. Praktek seperti ini umum dilakukan oleh para publisher untuk memegang hak intelektual berharga mereka. Berbeda dengan IO Interactive yang harus dilepas, Square Enix membiarkan IO Interactive pegang IP Hitman.

Seri game Hitman yang sangat terkenal sudah lama dinanti oleh penggemarnya. Rilisnya seri terbaru pada tahunj 2016 lalu membawa angin segar pada para gamers yang sudah menunggu seri ini kembali. IO Interactive yang kembali untuk mengerjakan Hitman pada akhirnya harus berhenti pada satu titik.


CONTINUE READING BELOW

Apes! Ini 5 Kegagalan yang Bikin Gamer Kecewa dengan EA Tahun di 2017!

Tahun 2017 mungkin bisa dikatakan sebagai tahun yang apes untuk publisher game Electronic Arts. Apa saja kegagalan EA yang membuat gamer kecewa?


Pada Mei yang lalu, Square Enix berencana untuk melepas IO Interactive. Pelepasan ini juga tanpa alasan yang jelas, mengingat Square Enix memilih untuk menjual studio ini. Hak intelektual untuk Hitman pun tidak mereka pegang, Square Enix memberikan IP ini untuk dikembangkan lagi oleh IO Interactive.

Presiden sekaligus CEO Square Enix Yosuke Matsuda menyebutkan alasan kenapa mereka harus melepas IO Interactive. Menurutnya, mereka memiliki masalah dalam menginvestasikan pengembangan untuk Hitman. Matsuda menakutkan game tersebut tidak akan berkembang jika Square Enix tidak dapat menginvestasikan biaya pengembangan secara berkelanjutan.

“Kami harus membuat keputusan atas relasi kami dengan IO Interactive. Kami ingin mereka untuk tetap mengembangkan Hitman, dan mereka akan lebih baik apabila mereka bekerjasama dengan partner yang lebih baik selain kami,” Tambah Matsuda.

Mengenai alasan kenapa Square Enix juga melepas IP Hitman untuk dipegang oleh IO, Matsuda menyebutkan Hitman bukanlah Hitman jika seri tersebut tidak dikembangkan oleh IO Interactive. Matsuda menambahkan dengan IO bekerjasama dengan partner lain, IO dapat menentukan kelanjutan seri Hitman sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

“Saya menyukai Hitman, dan saya percaya fans hanya ingin jika seri ini tetap dikembangkan oleh IO Interactive,” kata Matsuda.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.