Susul Kontroversi EA, Belgia Berencana Blokir Lootboxes!

Apakah ini akan menjadi akhir dari microtransactions dan lootboxes?

1511676049000

blokir lootboxes

Microtransaction yang semakin menggila membuat banyak pemain geram! Menyusul kontroversi EA atas Star Wars Battlefront 2 yang berhasil menarik perhatian, Belgia berencana akan blokir lootboxes.

Sebagai salah satu opsi microtransactionlootboxes merupakan salah satu yang mungkin paling sering terdengar di telinga gamers. Kotak misterius yang memberikan hadiah secara acak seringkali dibeli, dielu-elukan serta dibenci dari berbagai kalangan. Melihat fenomena ini, Komisi Game Belgia berencana untuk blokir lootboxes.

Kontroversi untuk lootboxes memang tidak ada hentinya. Tidak sedikit gamers yang kesal atas eksistensi dari kotak virtual ini. Ditambah dengan ramainya skema pay-to-win yang disematkan pada game berbayar sekalipun, rasanya cukup wajar jika mereka menyebut kotak ini sebagai sarana judi.


CONTINUE READING BELOW

Puluhan Ribu Gamer Tulis Petisi, Minta ESRB Golongkan Loot Box Sebagai Perjudian

Sebuah petisi online telah ditandatangani puluhan ribu gamer yang meminta ESRB untuk menggolongkan Loot Box sebagai perjudian. Apakah dikabulkan?


Mendengar keluh kesah yang diteriakkan gamers, ESRB akhirnya turun tangan, namun bukan dengan bantuan seperti yang dikira. Mereka malah menganggap kotak mistis ini tidak termasuk dalam judi. Hal ini diperparah dengan badan rating PEGI yang juga ikut menyetujui pernyataan dari ESRB.

Tidak sampai di situ saja, EA yang belum lama ini hadir dengan kontroversi microtransaction  pada Star Wars Battlefront 2 hanya memperparah keadaan. Dari sekumpulan kasus-kasus ini, badan game Belgia akhirnya turun tangan untuk mengusut kasus ini.

bf2 controversy

Masih ingat dengan kontroversi Battlefront 2? EA akhirnya mematikan IAP mereka untuk sementara.

Berdasarkan berita dari VTM News, komisi dari Belgia saat ini sedang menginvestigasi mengenai maraknya lootbox yang digunakan pada game. Komisi tersebut menyebut bahwa kotak misterius ini disinyalir memiliki elemen sama yang ditemukan pada perjudian kelas berat di kasino, yakni kecanduan akan pemborosan uang.

Menteri Keadilan Koen Geens juga ikut ambil bagian dalam kontroversi ini. Menurutnya, lootboxes dan segala elemen perjudian harus dilarang dari peredaran apabila para gamer tidak diberikan arahan yang jelas atas apa yang akan mereka beli. Ini berarti Belgia bisa saja akan positif blokir lootboxes dari peredaran di seluruh Eropa.

Pemblokiran ini tidak hanya terjadi pada Belgia saja. Representatif Hawaii Chris Lee mengadakan konferensi yang menyebutkan rencana mereka untuk segera melakukan investigasi dan pemblokiran atas game dengan elemen perjudian seperti Star Wars Battlefront 2.

Jika hal ini terus berlanjut, kedepannya bisa saja microtransaction akan hilang untuk selamanya. Sudah seharusnya suatu game memberikan pengalaman yang seru tanpa perlu membeli sebuah kotak virtual dengan isi yang belum tentu akan sesuai dengan yang diinginkan.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.