Inilah 4 Alasan Kenapa Barang Bootleg Terus Muncul di Acara Jejepangan!

Kenapa sih barang bootleg selalu muncul di acara yang banyak pecinta anime dan manga alias acara Jejepangan di Indonesia? Duniaku.net akan membahas tentang barang bootleg dalam artikel ini!

1511847040000

(Sumber: FP Vocaloid Lovers Indonesia)

Kenapa sih barang bootleg selalu muncul di acara yang banyak pecinta anime dan manga alias acara Jejepangan di Indonesia. Duniaku.net akan membahas tentang barang bootleg dalam artikel ini.

Barang bootleg merupakan sebuah masalah tersendiri di komunitas pecinta anime di Indonesia.

Sebelum berbicara lebih lanjut tentang barang bootleg. Definisi dari kata bootleg sendiri ialah sesuatu yang dibuat, didistribusikan atau dijual secara illegal tanpa adanya izin dan mencantumkan si pembuat asli dari karya tersebut. Dalam bahasa Indonesia, kata bootleg sepadan dengan kata “menyelundupkan”.

Bagi yang sering mengintip linimasa di komunitas Jejepangan di Indonesia, kita sering menemukan ada kasus barang bootleg biasanya berupa poster atau gambar-gambar lain yang biasanya berupa gambar yang di copy paste dari internet lalu dijual tanpa mencantumkan si pembuat asli dari karya yang menjadi objek gambar tersebut.

Kasus tentang barang bootleg sendiri mulai mendapat perhatian khusus di kalangan pecinta anime di Indonesia ketika staf Anime Festival Asia Indonesia (AFAID) 2017 menemukan stand yang berjualan barang bootleg di acara dimana gambar dan hak intelektual asli dari Jepang bermunculan disitu.

Staf AFAID 2017 langsung menindaklanjuti stand tersebut dan memaksa pemilik stand tersebut untuk menutup lapaknya karena melanggar hak cipta yang tidak dapat ditoleransi.

Apa yang membuat barang bootleg seperti poster, gantungan kunci, stiker, dan lainnya masih bermunculan di Indonesia terutama di acara yang banyak pecinta anime di Indonesia? Berikut Duniaku.net akan sedikit memberikan alasan tersebut di bawah ini.

1

Stand Penjualan Barang Bootleg Selalu Muncul Di Mana-Mana

(sumber: Asianbeat)

Kita tidak bisa menampik bahwa stand penyedia barang bootleg bertebaran dimana-mana dan di berbagai macam event Jejepangan di penjuru Indonesia.


CONTINUE READING BELOW

Akan Ada Semesta Musnah di Dragon Ball Super 118. Tapi yang Mana?

Dari judul episodenya sih bakal ada semesta musnah di Dragon Ball Super 118. Bahkan mungkin lebih dari satu. Yang mana nih?


Hal ini disebabkan karena biasanya mereka lebih mengetahui ada acara Jejepangan di daerah sekitar mereka ketimbang para pembuat barang original ataupun para pecinta fanart.

Mereka juga mempunyai modal yang lebih banyak ketimbang para circle yang biasanya cukup terbatas dari segi keuangan dan biasanya mempertimbangkan banyak hal ketika mau membuka suatu booth. Apalagi para stand penjualan barang bootleg ini biasanya terus berjualan meski acaranya sudah usai.

2

Copy Paste di Google Lebih Gampang Daripada Menggambar

Biasanya gambar bootleg itu diambil dari mbah Google dengan mencari gambar dari serial yang paling laku di kalangan pecinta anime. Tentunya pekerjaan save picture dari internet jauh lebih gampang dibandingkan gambar sendiri.

Coba bandingkan usaha yang dikeluarkan jika gambar sendiri, tentunya akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan mulai dari membeli pentab untuk menggambar, laptop yang cukup mumpuni, biaya listrik, dan biaya hidup tenaga orang yang mengerjakannya. Hal tersebut memang tidak sebanding dengan hasil gambar yang hanya didapatkan dari Google dan dijual tanpa ada hasil kerja keras yang berarti.


Masih ada dua penyebab kenapa barang bootleg menjamur di Indonesia. Simak halaman berikutnya untuk mencari tahu lebih lanjut

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara