Di Balik Ketenarannya, Banyak Kerugian yang Disebabkan Pokemon Go!

Walaupun seru, kerugian yang disebabkan Pokemon Go sentuh angka jutaan dolar! Kok bisa ya?

Dua orang peneliti ekonomi dari Universitas Purdue, Mara Faccio dan John McConnell mengeluarkan sebuah laporan. Di dalam laporannya Pokemon Go disebut sebagai game yang paling banyak melahirkan kerugian.

Pokemon Go merupakan game yang mengajak penggunanya untuk mencari monster digital yang unik, lucu nan menggemaskan. Terlebih, bagi mereka para penggemar anime Pokemon, yang booming di tahun 2000-an, game tersebut adalah obat rindu mereka dan merealisasikan impian mereka.

Sayang, game berbasis Augmented Reality yang diperkenalkan oleh Niantic tersebut tidak hanya membawa kebahagiaan kepada penduduk Bumi, namun juga kesedihan, kerugian, bahkan kematian. Tentu hal ini bertolak belakang dengan apa yang disugukan di dalam animasi buatan Jepang tersebut.

Laporan Mara dan McConnell tersebut berdasarkan laporan kecelakaan dari Tippecanoe County, Indiana. Dalam 148 hari terakhir, terdapat rentetan kecelakaan yang menyebabkan kerusakan dan dua nyawa melayang. Total kerugian yang telah terdata mencapai USD 5,2 juta dan USD 25 juta, atau sekitar Rp 70 miliar hingga Rp 338 miliar.

Kerugian yang disebabkan Pokemon Go

sumber: Pokemon Go

Angka tersebut masih sangatlah kecil. Pasalnya, masih terdapat angka lain yang akan membuat kamu lebih tercengang lagi.

Mara dan McConnell mengatakan, angka tersebut sangatlah kecil. Jika kamu tengah memiliki waktu kosoing, maka jumlahkan seluruh kerugian yang terjadi di Amerika Serikat yang disebabkan oleh Pokemon Go. Jika hal tersebut dilakukan, maka kamu akan menemukan angka sebesar USD 2 miliar hingga USD 7,3 miliar.

Laporan yang diraih tersebut berdasarkan jumlah kerugian yang terjadi selama 148 hari terakhir, dan turut ditambahkan dengan 286 kecelakaan yang terjadi di Indiana selama periode tersebut.


CONTINUE READING BELOW

Rupanya Ini Alasan Mengapa Pikachu Tidak Berevolusi Jadi Raichu!

Ternyata alasan Pikachu tidak berevolusi menjadi Raichu berkaitan erat dengan Ash. Simak alasannya dalam penjelasan berikut ini!


Parahnya, 134 kejadian di antaranya terjadi di dekat Pokestops, sebuah lokasi yang telah ditentukan oleh Niantic dan menjadi tempat para pemain mendapatkan Pokeballs. Berdasarkan angka tersebut, maka banyak pihak yang semakin memastikan Pokemon Go sebagai dalang dibalik besarnya kerugian yang terjadi di negara tersebut.

Pokemon Go juga menyuguhkan sebuah lokasi yang disebut sebagai Gym. Dilokasi tersebut para pemainnya bisa bertempur satu sama lain di dunia digital. Kerugiannya bahkan terasa di dunia nyata.

Berdasarkan laporan yang didapat, para pemain Pokemon Go melakukan pertarungan cepat saat mereka melalui Gym. Biasanya, mereka akan terus melaju di dalam kendaraannya, sembari bertarung memperebutkan Gym tersebut. Bahkan, terdapat laporan yang menyebutkan seorang pemain rela melompat keluar dari mobil hanya untuk bertarung di lokasi itu.

Melihat fakta yang terjadi di lapangan, para peneliti ekonomi menyatakan dengan pasti jika Pokemon Go adalah game yang sangat merugikan. Game tersebut bahkan dinilai membodohi para pemainnya. Ajakan untuk menangkap para Pocket Monster tak sebanding dengan kerugian yang disebabkan.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS