Tahu Gak? Ini Dia 12 Perbedaan antara Pokemon dan Digimon!

Memang apa sih bedanya Pokemon dan Digimon?

1512003940000

tiruan game pokemon

Masih ada yang gak bisa bedain antara Pokemon dan Digimon? Memang dimana ya bedanya?

Pokemon dan Digimon masih menjadi brand virtual pet yang populer hingga saat ini. Keberadaan judul Pokemon dan Digimon seringkali sulit dibedakan. Hal ini karena kedua judul menyajikan genre yang sama yaitu virtual pet, kebetulan sama-sama berasal dari Jepang, pertarungan antar pet, desain monster, evolusi, dan fitur-fitur lain yang mirip tapi sebenarnya berbeda.

Kedua judul juga berlomba-lomba dalam bisnisnya. Tidak hanya memunculkan animasi dan video game, baik Pokemon maupun Digimon juga mengeluarkan action figure, boneka, merchandise, film layar lebar, hingga merembet ke industri musik soundtrack-nya juga.

kesuksesan nintendo switch

Kedua judul ini pun sama-sama berkembang dari waktu ke waktu. Macam-macam monsternya selalu bertambah ditandai dengan kemunculan generasi baru. Namun terkadang kemunculan generasi baru ini karakternya jadi mirip satu sama lain, sehingga wajar saja jika orang suka salah membedakan antara Pokemon dengan Digimon.

Walaupun kedua judul ini telah ada sejak lama bahkan sudah eksis dua dekade lamanya, popularitas Pokemon dan Digimon mengalami naik turun. Namun kebetulan keduanya kembali naik daun akhir-akhir ini. Bisa karena kehadiran animasi baru, maupun judul video game baru yang sedang hits.

Jadi bagaimana ya cara membedakan antara Pokemon dan Digimon? Kali ini Duniaku.net akan membahas apa saja yang membedakan antara Pokemon dengan Digimon.

Asal Kata

Dasarnya, asal kata Pokemon dan Digimon pun memiliki perbedaan. Pokemon berasal dari kata Pocket dan Monster, mengingat konsep dasarnya adalah mereka merupakan peliharaan yang bisa disimpan di kantong. Maka sebagai pendampingnya muncul lah pokeball yang merupakan wadah menyimpan Pokemon ini yang bisa disimpan di kantong.

Sedangkan Digimon berasal dari kata Digital dan Monster. Pada dasarnya mereka adalah data-data digital yan nantinya bisa berwujud fisik. Cara memelihara hingga melatihnya pun menggunakan fasilitas digital.

Tokoh Utama

Baik Pokemon maupun Digimon sama-sama selalu punya karakter utama seorang anak cowok. Bedanya, kalau Pokemon tokoh utamanya selalu tidak ganti-ganti. Tokoh utama di Pokemon selalu Ash Ketchum alias Satoshi di semua seri anime-nya. Ciri lainnya, Satoshi dan tokoh (manusia) lainnya selalu punya Pokemon lebih dari satu.

Sedangkan pada Digimon, tokoh utamanya selalu berganti-ganti di setiap seri animenya. Namun, ada ciri khas sendiri di tokoh utama Digimon, yaitu selalu memakai Gogle di kepalanya. Ciri khas lainnya adalah karakter di Digimon biasanya hanya punya satu Digimon.

toei animations

Monster/ Pet Utama

Selain tokoh utama, dalam anime baik Pokemon maupun Digimon memiliki monster atau pet utama. Di anime pokemon, monster yang mendampingi karakter utama Ash adalah selalu Pikachu.

Ia merupakan Pokemon mirip tikus yang berelemen listrik. Ciri khas Pikachu yang unik adalah ia tidak mau masuk ke dalam pokeball. Dalam kesehariannya, Pikachu lebih memilih jalan bareng bersama trainernya, Ash.

Sedangkan mengikuti perubahan karakter utamanya, maka monster utama di Digimon juga selalu berubah-ubah. Ciri khas yang tidak selalu pasti dari monster utama di Digimon adalah biasanya berelemen api.

Wadah

Sebagai virtual pet, masing-masing judul memiliki khas bahwa monsternya mudah dibawa. Jika Pokemon monsternya bisa masuk kantong, Digimon monsternya karena berbentuk data digital jadi bisa dibawa-bawa gadget khusus.

Di Pokemon terdapat pokeball. Bola ini memiliki mekanisme khusus untuk menangkap dan menyimpan Pokemon. Pokeball ini pada dasarnya merupakan buah dari pohon Apricorn. Dengan teknologi khusus, buah ini bisa menangkap dan menyimpan Pokemon. Warna bolanya menjadi tingkat kekuatan daya tangkap dari Pokeball tersebut.

Sedangkan monster Digimon tersimpan pada Digivice, yang merupakan singkatan dari digital device. Digivice merupakan alat menyimpan data Digimon karena Digimon sendiri berbentuk data digital. Digivice memiliki fitur tambahan sebagai radar maupun sebagai penyimpanan data.

Sifat Fisik Monster

Walaupun sama-sama menampilkan sosok monster, namun baik di Pokemon maupun Digimon memiliki wujud fisik yang berbeda.

Pada Pokemon, berbagai monster yang ada merupakan mahluk hidup nyata. Mereka memiliki wujud fisik, dan semua orang bisa berinteraksi dengan mereka.

Sedangkan pada Digimon, sesuai kepanjangannya: Digital Monster, adalah monster yang terbuat dari data digital dan hanya orang tertentu yang bisa masuk ke dunia digital tersebut dan bertemu Digimon.

Namun pada perkembangannya, dunia nyata dan dunia digital di Digimon jadi tercampur aduk, sehingga Digimon yang berwujud digital pun bisa berwujud fisik begitu juga sebaliknya manusia yang berwujud fisik malah jadi bertubuh digital.

Hal ini membuat baik Pokemon maupun Digimon bisa beraktivitas fisik. Mereka bisa makan, tidur, hingga mandi sekalipun. Pada Digimon, tadinya aktivitas ini merupakan perintah digital, namun ketika dunia bercampur, aktivitas ini menjadi aktivitas fisik.

Penampilan Monster

Antara Pokemon dan Digimon punya penampilan yang jauh berbeda. Kebanyakan monster dalam Pokemon memiliki wujud yang imut-imut.

Pokemon yang terlihat kuat pun biasanya masih terlihat seperti binatang atau benda di dunia nyata. Namun lain halnya dengan Pokemon legendaris, bentuk mereka biasanya memiliki kegagahan yang berbeda dari bentuk Pokemon lainnya.

Fakta Mengerikan Pokemon

Sedangkan pada Digimon, bentuknya imut hanya pada fase in-training dan rookie. Pada evolusi selanjutnya, bentuk Digimon memiliki perubahan yang drastis. Mereka akan memiliki baju zirah yang gagah, atau pakaian yang anggun. Evolusi Digimon pun biasanya cenderung berubah ke wujud mendekati manusia.

Apalagi ya perbedaan Pokemon dan Digimon? Yuk kita lihat di halaman selanjutnya!

Share this article

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin