Game Nintendo Resmi Bisa Dimainkan di Nvidia Shield TV!

Game Nintendo akhirnya bisa dimainkan di Nvidia Shield TV! Dan resmi! Tapi tunggu dulu, kok nggak berlaku di Indonesia?

1512712851000

game nintendo

Sekian lama bertahan dengan emulator untuk menjalankan game Nintendo di luar konsolnya sendiri, akhirnya Nintendo mengumumkan akan membawa game mereka untuk Nvidia Shield TV! Tapi tunggu dulu…

Game Nintendo akhir-akhir ini mulai tersebar menuju platform mobile, contohnya seperti Animal Crossing: Pocket Camp dan Super Mario Run. Tapi, apa jadinya jika mereka membawa game utama mereka yang seharusnya eksklusif untuk konsol mereka sendiri menuju platform lain? Hanya di Cina, Nintendo menjalin kerjasama dengan Nvidia.

Kerjasama ini tentu berbeda dengan langkah yang dulunya Nintendo ambil. Ingat dengan Philips CD-i? Langkah yang terburu-buru atas kolaborasi dengan Sony yang gagal menghasilkan sejumlah game yang dapat disebut sebagai game Nintendo terparah sepanjang sejarah. Kali ini, kerjasama dengan Nvidia hanya sebatas distribusi game.


CONTINUE READING BELOW

Setelah Dilamar Batman, Ini Dia Jawaban Catwoman di Batman 32

Di Batman 24 Batman ngelamar Catwoman. Tapi dasar cewe, Catwoman malah ngegantung lamaran Batman kelamaan, dan baru di Batman 32 dia ngasih jawaban.


Bersama dengan Nvidia, Nintendo akan membawakan sejumlah game lama mereka, yang mana tiga diantaranya adalah The Legend of Zelda: Twilight Princess, New Super Mario Bros. Wii dan Punch-Out!!. Ketiga game ini akan dapat dimainkan melalui Nvidia Shield TV, device android yang baru saja dirilis untuk Cina oleh tim hijau.

Tentu, Nintendo tidak akan sembarangan memberikan game mereka, apalagi untuk platform lainnya. Langkah ini dijalankan Nintendo sebagai gerbang untuk para gamer di Cina untuk memainkan sejumlah titel lama dari konsol sebelumnya, seperti Nintendo Wii dan SNES, dan alasannya pun juga terdengar masuk akal.

Akses untuk konsol Nintendo di Cina saat ini cukup sulit, dan untuk distribusi konsol terbaru saja bukanlah hal yang mudah. Keterbatasan akses ini membuat Nintendo harus bertindak di luar cara berbisnis mereka. Dengan Nvidia sebagai penopang, Nintendo memiliki akses lebih mudah setidaknya untuk mendistribusikan game-game lama mereka.

Atas alasan kenapa Nintendo memilih Nvidia, bisa dibilang Nvidia merupakan salah satu manufaktur yang memiliki akses besar untuk pasar Cina. Di Cina sendiri, Nvidia sudah beberapa kali bekerjasama dengan perusahaan besar seperti Tencent dan Baidu untuk menopang data center mereka,

Selagi Nintendo masih berusaha untuk mendistribusi Switch menuju pasar Cina, para penggemar konsol portabel di negeri tirai bambu tampaknya harus bersabar dengan Nvidia Shield TV sementara ini.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggiat simracing, bermimpi untuk melihat saat di mana simracing diakui sebagai esport yang wajib dibudidayakan pada tingkat nasional dan internasional.