Apple Akan Membunuh iTunes Music Store Pada Tahun 2019?

Streaming killed download music. Akibat kenaikan gila-gilaan dari streaming kabarnya Apple akan membunuh iTunes Music Store pada tahun 2019

Streaming killed download music. Akibat kenaikan gila-gilaan dari streaming kabarnya Apple akan membunuh iTunes Music Store pada tahun 2019

Di era serba streaming sekarang sudah langka bagi orang untuk membeli album  secara keseluruhan atau lagu baik dari rilisan digital maupun rilisan fisik. Kemudahan streaming dimana semua orang bisa mengakses jutaan lagu di internet tanpa batas ternyata mampu membunuh salah satu bisnis populer dari Apple yaitu iTunes Music Store.

Sebuah artikel dari Digital Music News menyatakan bahwa iTunes Store akan dihapus secara total pada awal 2019 menurut beberapa sumber terpercaya. Apple akan memberikan layanan music streaming punya mereka yaitu Apple Music sebagai pengganti toko musik digital tersebut.

Digital downloads semakin menurun dari hari ke hari akibat layanan musik streaming seperti Spotify dan Apple Music yang semakin hari semakin mendapatkan banyak pengguna.

Menurut data dari Nielsen, download lagu secara legal di Amerika Serikat menurun sebanyak 24% di enam bulan pertama 2017 dan download album sendiri menurun sebanyak 20%. Diprediksi penurunan akan mencapai 30% di tahun depan.

Bukan hanya dari segi penjualan saja yang menurun, alasan iTunes Store dihentikan karena desain dan user interface yang sudah kuno dan hanya bagus di jaman dulu. Satu sumber menyatakan bahwa platform tersebut berantakan dan sering ditemukan berbagai macam bloatware yang menganggu pengguna.

Apple tidak memberikan konfirmasi soal penghapusan toko musik digital ini, tetapi sumber yang tidak ingin disebutkan namanya ini bersikeras bahwa rencana ini ada di Apple. Apple mungkin tidak ingin mengulang kemarahan oleh public ketika mereka menghilangkan port headphone/earphone di perangkat mereka akhir-akhir ini.

Menurut laporan, semua musik yang telah diunduh oleh pengguna akan dimigrasikan ke akun Apple Music yang sudah terintegrasi dengan Apple ID termasuk playlist dan data pengguna selama mendengarkan lagu secara offline. Lagu yang tidak ada di layanan streaming Apple Music bisa didengarkan secara offline di perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Mac.

Untuk menikmati layanan Apple Music pengguna harus membayar 49 ribu/bulan, tetapi sebelum membayar pengguna bisa mencoba tiga bulan gratis dari Apple Music untuk beradaptasi dan membandingkan katalog Apple Music dengan layanan streaming musik lainnya.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara