Star Wars The Last Jedi Dilempari Tomat Busuk oleh Penonton di Rotten Tomatoes!

Wah! Perbedaan tanggapan dari kritikus dan penontonnya besar sekali!

1513400427000

Meskipun dipuji-puji habis-habisan oleh kritikus, Star Wars: The Last Jedi sepertinya kurang diterima oleh fans. Berdasarkan audience rating dari situs sensus review ternama Rotten Tomatoes, penilaian penonton terhadap film ini bahkan sudah sampai ke tahap rotten! Bagaimana bisa?

Meskipun sudah ditayangkan di Indonesia sejak 13 Desember 2017 lalu, Star Wars: The Last Jedi baru dirilis di Amerika tanggal 15 Desember kemarin.

Hype untuk film ini begitu tinggi, terutama setelah embargo untuk review dari kritikus yang sudah menyaksikannya duluan di advance screening beberapa waktu lalu dilepas, banyak yang memuji episode ke-8 dari seri Star Wars ini sebagai entri yang terbaik di serinya, menandingi Empire Strikes Back (1980).


CONTINUE READING BELOW

Review Star Wars The Last Jedi: The Force Is (not) Strong With This One

Star Wars: The Last Jedi mungkin memiliki sisi teknis yang memuaskan, namun longgarnya naskah tak sanggup menyelamatkan film ini.


Terhitung, dari review yang dikumpulkan oleh situs sensus review ternama Rotten Tomatoes, jumlah review positif untuk film ini mencapai 93%, dengan 265 kritikus memberikan “tomat segar”dan 20 kritikus lainnya memberi “tomat busuk”. Di Metacritic, The Last Jedi juga mendapatkan kategori “universal acclaim” dengan total skor mencapai angka 86, cukup mencengangkan.

Namun, setelah The Last Jedi akhirnya ditayangkan kepada publik di Amerika, agaknya opini mereka cukup berbeda dari kritikus, bahkan bisa dibilang JAUH berbeda dari kritikus. Terhitung di detik ini, audience rating di Rotten Tomatoes telah masuk ke kategori rotten dengan angka 56% dari 72.364 penonton.

star wars the last jedi rotten

Meskipun perbedaan rating dari penonton dan kritikus sudah sangat lumrah, untuk kasus The Last Jedi ini bisa dibilang cukup mengejutkan, mengingat besarnya perbedaan angka dari kritikus dan penonton hingga 37%. Angka dari penonton tersebut lebih rendah dari The Phantom Menace dan Attack of the Clones yang sering dianggap sebagai dua entri terburuk di seri Star Wars, dengan masing-masing memiliki skor 59% dan 57%.

Di Metacritic juga terjadi hal yang sama, dengan user score di sana hingga saat ini hanya mencapai angka 5,1 dari total skor yang diberikan dari 1.111 pengguna Metacritic, dengan 478 orang memberi tanggapan positif, 147 orang memberikan tanggapan mixed, dan 486 orang memberikan tanggapan negatif. Berbeda jauh dengan critics score yang mencapai angka 86.

Sudahkah kamu menonton Star Wars: The Last Jedi? Menurutmu sendiri, bagaimana film ini? Jangan sungkan untuk suarakan pendapatmu di kolom komentar ya!

Diedit oleh Snow

TENTANG PENULIS
gusti

Tipikal mas-mas berbadan gede dan (Insya Allah) ramah yang tinggal di sekitar lingkungan rukun tetangga anda.