Pembahasan Dragon Ball Super 120: Gattai! Gohan Menghadapi Gabungan Tiga Petarung Universe 3!

Gohan memutuskan menghadapi kombinasi petarung Universe 3 di Dragon Ball Super 120. Akankah dia menang? Ataukah ia justru akan tersingkir?

Dragon Ball Super 120

Gohan memutuskan menghadapi kombinasi petarung Universe 3 di Dragon Ball Super 120. Akankah dia menang? Ataukah ia justru akan tersingkir?

Seperti biasa, pembahasan Dragon Ball Super 120 ini jelas mengandung spoiler. Kalau kamu anti bocoran dan sebenarnya masih mencari sendiri episodenya, dianjurkan untuk tidak membaca dulu ulasan di bawah ini.

Tapi kalau kamu memang ingin rangkuman Dragon Ball Super 120 atau ingin memastikan tak ketinggalan detail menarik, baca saja pembahasan di bawah!

SPOILER ALERT!!!

1

Kesalahan Fatal Viara

Di Dragon Ball Super 120, terungkap kalau Universe 3 adalah semesta dengan petarung tersisa terbanyak kedua setelah Universe 7. Para robot petarung yang tersisa, lengkap dengan Doktor Paparoni, pun mulai menyerang.


CONTINUE READING BELOW

Pembahasan Dragon Ball Super 119: Musnah! Satu Lagi Semesta Dihancurkan Universe 7!

Dragon Ball Super 119 memperlihatkan satu lagi semesta hancur oleh petarung Universe 7. Tapi Universe 7 juga kehilangan satu petarung!


Petarung yang ada di gambar di atas ini adalah Viara. Robot yang satu ini terkenal memiliki daya tahan yang luar biasa tinggi. Strategi utama Viara adalah bertahan hingga musuhnya kelelahan, lalu menghajar mereka hingga keluar ring.

Masalahnya, Viara kedapatan lawan yang salah.

Viara dan Supreme Kai Ea tampaknya sama-sama tidak menyadari kalau Android 17 dan 18 memiliki stamina tak terbatas. Pada akhirnya, yang terjadi adalah kebalikan dari rencana Viara.

Memanfaatkan stamina mereka yang luar biasa, Android 17 dan 18 ujung-ujungnya mendesak Viara hingga robot itu takluk. Setelahnya 18 tinggal menendang Viara keluar dari arena.

Petarung Universe 3 yang tersisa pun hanya sedikit. Apakah itu berarti Universe 7 bisa memusnahkan satu semesta lagi di episode ini?

2

Gattai!

Selain Viara, tiga robot yang tersisa adalah Bollarator, Koitsukai, dan Panchia. Saat Universe 7 tampaknya mampu mengimbangi mereka, mereka pun melakukan Rencana X.

Universe 6 melakukan fusion Potara. Universe 3 memutuskan melakukan fusion juga, namun dengan cara gattai. (Yang sebenarnya lebih legal, mengingat ini memang kemampuan dasar mereka).

Bollarator, Koitsukai, dan Panchia sendiri terbukti tangguh dalam melakukan serangan koordinasi. Saat mereka gattai menjadi Koichiarator, ketangguhan, kekuatan, dan kecepatan ketiganya pun menjadi satu. Gohan, yang sebelumnya mampu menahan Bollarator, Koitsukai, dan Panchia sendirian, saja dibuat kesulitan menghadapi mereka.

Dragon Ball Super 120

Jadi, apakah ketakutan penulis pekan lalu terwujud? Benarkah gattai ini bisa menyingkirkan dia? Untungnya tidak.

Dengan berhasil menahan trio Bollarator, Koitsuka, dan Pachia, serta sempat membendung Koichiarator sendirian, Gohan berhasil memberi waktu bagi Goku untuk mengumpulkan lagi energinya. Koichiarator pun dihadapi oleh tiga pemilik kekuatan dewata.

Tiga? Yap. Dua adalah pemilik God Ki, satunya lagi kekuatannya dibuka oleh Old Kai.


Lalu bagaimana hasilnya? Simak lanjutan pembahasannya di halaman kedua!

Share this article

TENTANG PENULIS
fachrul_run

Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.