Penuh Aksi! Chris Redfield Berikan Sentuhan Berbeda di Resident Evil 7: Not a Hero

Kenapa Chris Redfield bisa membelot ke Umbrella Corps? Temukan jawabannya di sini!

Chris Redfield RE7 akhiri Baker saga dengan survival horror penuh aksi.

Kisah Resident Evil 7: Biohazard memang belum tuntas. Horor yang muncul akibat ulah keluarga Baker —walau lebih tepatnya karena virus Eveline, masih meninggalkan hal-hal menggantung.

Misalnya saja nasib dari Zoe Baker yang ditinggal di rawa Louisiana, atau Lucas Baker yang sempat meneror Ethan Winters dengan jebakan-jebakan mematikannya kabur entah kemana. Namun setidaknya kisah Lucas Baker berlanjut di Resident Evil 7: Not a Hero.

Seperti yang kita ketahui, di akhir Resident Evil 7: Biohazard muncul kejutan dengan kehadiran Chris Redfield RE7. Selain menandakan benang merah dengan seri Resident Evil lainnya, kemunculan Chris Redfield ternyata juga menjadi bagian dari saga Baker ini.

Satu hal lagi yang bikin fan Resident Evil terkejut adalah bahwa Chris Redfield muncul dalam tim yang berlogokan Umbrella Corps. Apakah yang terjadi? Apakah ini Chris Redfield yang asli? Mengapa ia membelot kepada Umbrella Corps yang dulu ia lawan habis-habisan?

Teror penuh jebakan

Kita telah bertemu dengan Lucas Baker pada petualangan Ethan Winters. Ethan Winters bisa dikatakan beruntung bisa lolos dari jebakan settingan Lucas Baker mengingat ia tidak dibekali senjata maupun teknologi canggih. Tentunya hal yang berbeda terjadi pada Chris Redfield kan?

Ternyata tidak juga.

Walaupun berbekal senjata dan teknologi canggih, Lucas Baker masih bisa meneror Chris Redfield dan personel Umbrella Corps. Ia bahkan bisa membunuh tiga personel tersebut dengan bom dan jebakan roda gergaji.

Berbagai jebakan siap menghalangi aksi Chris Redfield

Kepada Chris Redfield, ia berhasil menaruh bom di tangannya hingga menyerangnya dengan pisau di akhir permainan. Memang terlihat ia tidak punya skill close quarter combat sebaik Chris Redfield.

Lucas Baker masih meneror kita dengan persona psikopat dan sadisnya. Secara fisik ia biasa saja, namun karena terjangkit E-virus, ia bisa beregenerasi. Pada Resident Evil 7: Not a Hero, ia bahkan bisa bermutasi karena efek dari E-Virus ini, dan ia menjadi boss terakhir di DLC ini.

dlc resident evil 7 not a hero

Di antara semua karakter di Resident Evil 7 —selain Eveline, Lucas Baker adalah karakter yang paling terkait dengan The Connection. Organisasi yang bertujuan membuat bioweapon untuk mengendalikan pikiran manusia ini kongkalikong dengan Lucas Baker dalam menguji coba virus terbaru mereka, E-Virus. Barangkali kelanjutan saga The Connection akan berlanjut pada Resident Evil seri selanjutnya.

Chris Redfield masih terkutuk

Masih ingat dengan Resident Evil 6? Chris Redfield seolah demotivasi dalam kembali melawan bioweapon. Hal ini dikarenakan hampir pada setiap misi, ia selalu kehilangan anak buahnya — dan menyisakan dirinya sebagai satu-satunya yang selamat. Hal ini membuat dirinya merasa bersalah dan bertanggung jawab atas kematian mereka.

Kejadian ini pun melekat pada diri Chris Redfield sehingga ia dianggap terkutuk.

Sayangnya kutukan ini masih berlanjut di Resident Evil 7: Not a Hero. Setidaknya tiga personel Umbrella Corps. tewas di tangan Lucas Baker —dan kembali, ia menjadi satu-satunya yang selamat di misi ini.

Setidaknya di Resident Evil 7: Not a Hero ini ia kembali menjadi lelaki tangguh, pemimpin militer yang apik, penuh strategi dan skill yang mumpuni.

Resident Evil 7 yang penuh aksi

Seperti yang kita ketahui, Resident Evil 7: Not a Hero menyajikan gameplay yang berbeda dengan gameplay Resident 7 lainnya. Ketika Resident Evil 7: Biohazard kembali kepada fitrah survival horror dengan kengerian dan ketidakberdayaan karakter utamanya, Resident Evil 7: Not a Hero justru balik lagi kepada tipikal Resident Evil penuh aksi.

Namun Chris Redfield RE7 tidak superior begitu saja. Walaupun dibekali senjata modern dan teknologi canggih, Chris Redfield mendapat keterbatasan amunisi di Resident Evil 7: Not a Hero.

Jebakan, virus, dan zombie

Perbedaan lainnya adalah penekanan lawan pada DLC Resident Evil 7: Not a Hero. Chris Redfield dan juga karakter lainnya memang sama-sama melawan zombie -yang kali ini diwakili oleh molded, namun beberapa lawan yang dominan kali ini adalah zombie, virus, dan jebakan.

Molded yang dihadapi Chris Redfield cukup lengkap. Selain molded biasa yang ulahnya seperti zombie lainnya di seri Resident Evil, Chris Redfield melawan bladed molded -yang memiliki tangan tajam dan bisa meraih dari jarak jauh, quick molded yang memiliki empat kaki seperti laba-laba dan bergerak cepat, juga fat molded yang besar, lamban, tapi tangguh.

Chris Redfield juga melawan fat molded terbesar di Resident Evil 7 yaitu Alpha E-type. Bahkan untuk melawannya ia memerlukan peluru khusus Rapid-acting mycetotoxic rounds (RAMROD).

Wah gede banget…

Tentunya di akhir ia melawan Lucas Baker yang bermutasi, namun berbagai senjata canggih yang mendukungnya dapat menangani kekuatan Lucas Baker yang bermutasi.

Chris Redfield RE7 juga menghadapi virus —lebih tepatnya sih bakteri. E-virus yang berwujud bakteri bisa menjangkiti korban lewat udara kadang muncul di beberapa ruangan. Chris memang dimodali tabung oksigen, namun kapasitasnya terbatas sehingga ia harus bergerak cepat keluar dari area terkontaminasi udara berbakteri.

Tipikal petualangan water level, nafas kita jadi terbatas gara-gara bakteri di udara.

Di pertengahan, ia bisa mendapatkan penyaring udara dari salah satu personil Umbrella Corps. Tapi ia dapatkan penyaring udara ini setelah personel tersebut tewas oleh jebakan pisau berputar yang dibuat oleh Lucas Baker.

Selain itu, ia juga melawan jebakan-jebakan yang dibuat Lucas Baker. Seperti yang telah dijelaskan, Lucas berhasil membunuh tiga personil Umbrella Corps. melalui jebakan bom dan pisau berputar.

Anehnya untuk Chris Redfield, ia mendapat bom di tangannya —yang nantinya bisa dihentikan dengan memasukkan tangannya ke nitrogen cair. Maksud Penulis, kenapa Lucas Baker selengah ini menjebak Chris? Kenapa jebakan bom untuk Chris tidak diletakkan di kepala? Plot yang janggal disertai keberuntungan Chris Redfield membuat game dan cerita di DLC ini lebih dinamis.

Senjata

Pada dasarnya pembeda Resident Evil 7: Not a Hero dengan Resident Evil 7 lainnya adalah survival horror yang full action. Artinya Chris Redfield RE7 dibekali senjata dan teknologi canggih. Beberapa senjata yang digunakan antara lain adalah:

Thor’s Hammer

Albert-02 adalah sejenis senjata taktis berkekuatan shotgun. Ia setara dengan shotgun M21. Jika menggunakan magazine tambahan, ia memiliki kekuatan seperti shotgun M37.

Tactical Knife

Pisau taktis menjadi salah satu senjata melee andalan Chris Redfield. Ya, kamu bisa memilih bertarung tangan kosong ala Joe Baker, namun daya tangguhnya Chris tidak setangguh sang kakek. Pisau menjadi andalan dengan kerusakan lumayan pada pertarungan close quarter combat, dan di sisi lain, kamu bisa lebih hemat peluru.

Granade

Granat adalah salah satu senjata militer yang bisa digunakan Chris Redfield, yang memiliki daya ledakan.

Selain granat standar, ada dua tipe granat lainnya yang bisa digunakan Chris Redfield, yaitu Incendiary Granade —yang bisa menghasilkan api yang menyebar saat meledak, dan Neuro-stun granade —granat syaraf yang bisa membuat lawan lumpuh.

RAMROD (anti-regen ammo)

Peluru Rapid-acting mycetotoxic rounds (RAMROD) merupakan peluru hasil penelitian Umbrella Corps, yang berguna mencegah zombir melakukan regenerasi jika bagian tubuhnya rusak. Hal ini membuat  RAMROD efektif melawan molded kuat.

Lalu bagaimana dengan misteri kembalinya Umbrella Corps? Yuk kita lihat di halaman selanjutnya.

TENTANG PENULIS
totolee

Seorang pekerja teks komersial ...kalo katanya Ivan Lanin