Berapa Sih Biaya Untuk Membuat Visual Novel Menjadi Anime? Ini Dia Jawabannya

Pengin tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat visual novel jadi anime? Boss Key memberi tahu bocoran angkanya pada artikel ini nih.

1513843239000

Pengin tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat visual novel jadi anime? Boss Key memberi tahu bocoran angkanya pada artikel ini nih.

Di antara para pecinta anime terutama visual novel pasti bertanya-tanya berapa biaya yang harus dikeluarkan jika ada suatu visual novel ingin diadaptasi menjadi sebuah anime?

Pertanyaan ini dijawab oleh seorang direktur dari pengembang game Key yang terkenal berkat membuat visual novel yang sukses mengiris hati dan membuat pecinta visual novel menangis seperti Kanon, Air, Clannad, dan Little Buster.

Jawaban tersebut terungkap dalam wawancaranya bersama situs kultur pop Jepang KAI-YOU, Presiden dari Visual Art/Key Takahiro Baba pada Jum’at, 1 Desember 2017 kemarin.

Di dalam wawancara tersebut ia bercerita tentang proyek film anime Kud Water sekaligus menjelaskan tentang biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat visual novel ke dalam medium anime.

Baba mengatakan, “biaya produksi untuk visual novel seperti Key bisa mencapai 10 juta sampai 100 juta yen (1,3 milyar sampai 13 miliar rupiah), tetapi biaya produksi untuk membuat satu anime dengan 13 episode membutuhkan 400 juta yen (sekitar Rp52 miliar) jadi hal itu adalah suatu resiko yang besar.”

“Jika hal itu adalah sebuah perusahaan besar, mereka bisa memproduseri sebuah anime meskipun dengan satu sponsor, tetapi kita tidak bisa seperti itu.”

Untuk mewujudkan proyek Kud Water sendiri menjadi sebuah anime film. Pihak Key menggunakan sistem crowdfunding atau patungan massal akibat kenaikan harga dari proses pembuatan anime.

Baba berharap bahwa timnya bisa mewujudkan film anime Kud Water sendiri dengan bantuan para penggemar Key yang mempunyai basis yang cukup banyak karena karya mereka sebelumnya yang luar biasa.

Meskipun mendapatkan Rp52 milyar adalah hal yang cukup sulit di atas kertas tetapi proyek patungan ini sudah mendapatkan respons positif di mata internasional. Crowdfunding dari Kud Water sendiri sudah mencapai target pertama mereka yaitu 3 juta yen (sekitar Rp390 juta) selama lima hari pertama di bulan Oktober.

Proses crowdfunding ini selesai pada Kamis, 14 Februari 2017 kemarin dan mengumpulkan uang sebanyak 8,9 juta yen (sekitar Rp1,1 miliar) dari 352 backers atau pendukung.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara