Miris! Di tengah Duka, Kematian Jonghyun (SHINee) Dijadikan Candaan oleh Sebagian Pihak

Kabar berpulangnya personel SHINee, Kim Jonghyun masih menyisakan isak tangis dari para kerabat dan penggemar hingga sekarang. Namun dibtengah suasana duka tersebut, ada sebagian pihak yang menjadikan kematian Jonghyun sebagai bahan candaan.

1513850441000
kematian Jonghyun dijadikan candaan

Sumber: Youtube

Kabar berpulangnya personel SHINee, Kim Jonghyun masih menyisakan isak tangis dari para kerabat dan penggemar hingga sekarang. Namun di tengah suasana duka tersebut, kematian Jonghyun dijadikan candaan oleh sebagian pihak.

Pada tanggal 18 Desember 2017 lalu, kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Korea. Jonghyun, main vocalist boy band SHINee ditemukan meninggal di kediamannya akibat keracunan gas karbon monoksida hasil pembakaran briket batu bara.

Kabar duka ini pun menjadi topik pembicaraan pada salah satu acara musik Indonesia yaitu Dahsyat pada tanggal 19 Desember 2017. Namun hal ini menuai banyak kritikan dari para warganet khususnya para pecinta musik K-pop. Pasalnya kematian Jonghyun dijadikan candaan oleh host dari acara musik tersebut.

“Kemarin bintang Korea ada yang meninggal dunia ya? Yang meninggal dunia Jonghun, Jonghun.. Sine, Sine?,” kata Ayu Dewi yang saat itu menjadi host Dahsyat. Saat itu ia bingung dengan nama sang artis.

“Ntar kalau mau nujuh harian silahkan datang…,” celetuk Denny Cagur.

“Ke rumah siapa?,” tanya Dede Sunandar.

Hal tersebut lantas menuai kecaman dari para penggemar. Mereka pun menuntut agar acara musik tersebut beserta host-nya meminta maaf.

https://www.instagram.com/p/Bc4x6USjQYe/

Sehari berselang, tanggal 20 Desember 2017 pada salah satu segmennya, pembawa acara musik tersebut meminta maaf dan mengungkapkan duka cita yang mendalam atas kematian Jonghyun.

“Kami dari keluarga Dahsyat mau mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya untuk kepergian Jonghyun SHINee dan doa kami menyertai sahabat, fan dan juga keluarga,” tutur Felicya Angelista.

“Pada fan dan keluarga Jonghyun SHINee, mohon maaf sebesar-besarnya apabila ada kata-kata yang kurang berkenan pada saat live kemarin,” lanjut Denny Cagur.

https://www.instagram.com/p/Bc6tGBblbxt/?taken-by=sm.exofunny

Meski sebagian netizen menerima permintaan maaf mereka, namun tak sedikit juga yang tetap mengkritik acara musik tersebut.

“INI GAIS ACARA MUSIK DI INDONESIA YANG PALING BER-MORAL APALAGI MULUTNYA YANG BERPENDIDIKAN SAMPE2 BIKIN LELUCON ORANG YANG UDAH MENINGGAL”, tutur seorang warga net.

“Sumpah, gw sebagai orang indo malu bgt pny acara tv kayak gini, bercanda itu ada batasan!! apalagi klo orang yg udh mati di buat bahan candaan itu namanya udh kelewat batas, dan di atas komen gw ini udh ada yg komen dari fans luar indo tag agensinya lgi ntar klo acara tv kalian dituntut sm fans nya baru tau rasa, bener de malu bgt gw pny acara tv kayak gini,” sambung lainnya.

Meski postingan ini sudah dihapus, namun sebagian besar Kpopers sudah terlanjur melihat dan menyebarkannya di dunia maya. Hal ini membuat pecinta K-pop lainnya pun naik pitam lantaran tidak terima kematian Jonghyun dijadikan candaan.

Bahkan ada seorang penggemar SHINee yang menuntut pertanggung jawaban akun tersebut dan melayangkan somasinya.

https://www.instagram.com/p/Bc6qH_ElO4s/?taken-by=vlexol

Di samping itu, ada sebuah akun yang membuat meme karakter kartun Patrick dan Squidward dalam kartun Spongebob sedang bercakap-cakap seperti dibawah ini.

kematian Jonghyun dijadikan candaan

Sumber: Facebook

Sekilas mungkin tak ada yang aneh dengan meme di atas, dan justru ada sebagian pihak yang menilai bahwa gambar ini diperuntukan untuk kampanye go-green. 

Namun, ada beberapa pihak yang menilai bahwa meme ini secara tak langsung mengaitkannya dengan budaya operasi plastik di Korea. Apalagi meme tersebut dirilis hanya selang sehari setelah kematian Jonghyun. Sehingga hal ini tak pelak memancing emosi para penggemar K-pop.

“Wajar kalau ada fan K-pop yang marah. Kalian juga sering ngatain orang Korea oplas dll, jelas mereka ngerasa dan itu wajar. Di suasana yang lagi seperti ini, lalu ada postingan begini. Gue sih memaklumi. Gue gatau niatnya admin bikin gini apaan. Gue apresiasi kalau memang buat edukasi. Tapi kalau buat ngebait, eksploitasi insiden, menjijikan.” tulis salah satu netter. 


CONTINUE READING BELOW

Inikah Tanda-tanda yang Diisyaratkan Jonghyun (SHINee) Jika Dirinya Tengah Menderita Depresi Sejak Lama?

Beberapa hari lalu personel SHINee mengakhiri hidupnya lantaran depresi yang dideritanya. Benarkah tanda depresi Jonghyun telah diisyaratkan sejak lama?


Di balik itu semua, kami berharap keluarga dan kerabat Kim Jonghyun serta penggemar musik K-pop khususnya para Shawol diberi ketabahan. Dan buat Jonghyun, rest in peace oppa, karya dan senyumanmu akan kita rindukan dan kenang selamanya.

 Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS