Teladan! Obsidian Janjikan RPG Terbaru Mereka Bebas dari Microtransaction!

Ya, Obsidian yakinkan RPG terbaru mereka yang akan dirilis melalui Private Division akan bebas dari microtransaction!

rpg terbaru

Dengan kontroversi mengenai microtransaction yang masih menjadi pembicaraan hangat, Obsidian selaku studio pengembang memberikan pernyataan mengenai RPG terbaru mereka di saat yang tepat.

Microtransaction saat ini sudah menjadi suatu hal yang wajar dalam game. Keberadaan opsi ini berhasil membawa kontroversi, umumnya dikarenakan pemain diminta untuk membayar untuk mempercepat proses atau menambah stat karakter.

Membersihkan seluruh isu miring, Obsidian yakinkan RPG terbaru mereka akan bebas dari microtransaction.

Memang, isu microtransaction saat ini semakin melebar. Ramainya kontroversi ini diawali oleh kasus Star Wars Battlefront 2 yang mengharuskan pemain melakukan grinding hanya untuk membuka karakter. Malah, untuk membuka satu karakter secara instan saja pemain harus membayar sejumlah $80. Hal ini pun menjadi awal dari kontroversi microtransaction.


CONTINUE READING BELOW

One For All! Namco Bandai Hadirkan Game My Hero Academia One’s Justice

Akhirnya Bandai Namco games mengungkapkan My Hero Academia One's Justice! Sebuah game adaptasi dari manga yang sedang naik daun. Seperti apa?


Kasus ini berhasil mengundang sejumlah media, hingga badan rating pun harus memberikan respon mereka. Badan rating ESRB dan PEGI yang melihat permasalahan ini langsung turun untuk menanggapi perihal microtransaction dan loot box, menyatakan “ini bukanlah bagian dari judi”.

Pernyataan yang dilemparkan oleh ESRB dan PEGI tentu membuat para gamer semakin geram. Bahkan, mereka yang tidak terima akan pernyataan tersebut membuat sejumlah petisi di situs change.org hanya supaya badan rating tersebut merubah pikiran mereka.

Namun tidak semua publisher bertindak tamak seperti EA. Square Enix belum lama ini menyatakan bahwa game konsol mereka tidak akan mengandung microtransaction. Square Enix tidak menyebutkan mengenai game PC namun akan sangat masuk akal jika Square Enix tidak menyematkan microtransaction untuk kedua kubu.

Obsidian sebagai studio pengembang dikenal dengan game mereka seperti Star Wars: Knights of the Old Republic dan Fallout: New Vegas belum lama ini terikat dengan Take-Two Interactive. Dengan Take-Two yang menciptakan divisi baru bernama Private Division, Take-Two ingin membawakan sejumlah game indie melalui divisi tersebut.

Obsidian yang mengumumkan RPG terbaru mereka melalui forum resmi akan merilis game tersebut melalui Private Division. RPG yang dikembangkan ini saat ini masih dirahasiakan, namun Obsidian ingin terlepas dari desas-desus microtransaction dan meyakinkan para penggemarnya bahwa game ini akan bebas dari microtransaction ataupun loot box.

Obsidian di dalam forum menuliskan Private Division tidak memaksakan mereka untuk menambahkan fitur apapun. Malah, mereka memberikan kebebasan bagi Obsidian dan siap mendukung dalam pengembangan game mereka.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.