Game Initial D yang Tidak Banyak Orang Ketahui! Sudah Pernah Coba?

Game Initial D satu ini jarang sekali diketahui orang-orang, bisa tebak? Tenang, bukan Mountain Vengeance kok.

1513917028000

game Initial D

Serial balapan liar Initial D dapat dikatakan cukup populer. Saat ini, sudah ada banyak game Initial D yang dirilis, seperti Initial D Arcade Stage, namun tidak semuanya mengetahui game Initial D satu ini.

Berawal dari manga yang dikerjakan oleh Shuichi ShigenoInitial D merupakan satu dari segelintir serial balap yang diadaptasi menjadi anime, atau bahkan game. Kepopuleran seri ini berhasil menarik minat dari para penonton awam hingga para penggemar mobil. Besarnya fanbase dari seri ini melahirkan beberapa game Initial D, baik yang dikenal maupun yang dibenci.

Hingga saat ini, SEGA masih memproduksi Initial D Arcade Stage, game arcade populer yang pada saat ini sudah mencapai seri kesembilan. Game arcade satu ini memberikan alur cerita yang berbeda, di mana sang pemain akan menjadi tokoh utama sendiri, mengalahkan tokoh-tokoh ikonik seperti Itsuki hingga ayah Takumi sekalipun.


CONTINUE READING BELOW

Mengenang Game Balap Mantap, Initial D Arcade Stage 5

Pada tahun 2009, SEGA mencoba untuk merilis kembali Initial D Arcade Stage versi terbaru setelah kegagalannya pada Arcade Stage 4.


Terlepas dari seri Arcade Stage, jika ditelusuri lebih dalam ternyata ada game Initial D yang dapat dikatakan aneh, contohnya seperti Initial D Mountain VengeanceMountain Vengeance hadir sebagai salah satu game Initial D yang paling hancur, dengan handling yang sangat parah dan grafis yang buruk, tidak heran game ini disebut sebagai game Initial D terburuk.

Lalu ada Ryosuke Takahashi’s Fastest Typing Theory, namun game ini hanyalah sekedar game mengetik dengan animasi Initial D sebagai video. Ada satu game Initial D yang dapat disebut sebagai unik dan jarang sekali diketahui orang, dan game itu adalah Initial D: Another Stage.

Initial D: Another Stage

[youtube_embed id=”MiaY0s80eqo”]

Game ini dapat dikatakan sebagai game dengan kombinasi mekanika yang unik. Dirilis untuk GameBoy Advance, Another Stage menempatkan pemain ke dalam dunia Initial DGameplay-nya cukup sederhana, pemain hanya perlu mengalahkan lawan dalam satu balapan. Terdengar seperti game balapan biasa, bukan?

Berbeda dari game balap kebanyakan, Another Stage mengambil tema Turn-Based RPG seperti yang ditemukan pada RPG populer macam Final Fantasy. Hasilnya? Sangat unik, untuk setiap belokan yang ada, pemain akan disuguhkan berbagai macam opsi, seperti layaknya menyerang atau bertahan.

Initial D Another Stage

Untuk setiap aksi yang dipilih pun akan berpengaruh pada ketiga parameter yang ada di kanan bawah layar. Ini merupakan salah satu aspek yang tidak ada pada Initial D Arcade Stage sekalipun, dan Another Stage berhasil membawakan sistem yang sangat detail ini layaknya health point pada Turn-Based RPG.

Dan uniknya, walaupun game ini dikhususkan untuk GameBoy Advance, seluruh balapan digambarkan dengan sangat mulus. Awalnya penulis menyangka jika pengembang hanya menempelkan gambar yang dipotong ke bagian selanjutnya, namun hal itu terbantahkan. Seluruh balapan memiliki animasi, bahkan untuk seperti belok biasa atau drift pun, masing-masing mobil memiliki animasi mereka sendiri.

Jika kalian penggemar berat seri Initial D, setidaknya kalian wajib mencoba game ini sekali saja. Terlepas dari permasalahan bahasa, game ini berhasil menggabungkan balapan dengan turn-based RPG menjadi satu game yang sangat rapi untuk GBA.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.