Bermasalah Lagi, Server Denuvo Cegah Pemain Mengakses Game

Apakah kalian juga mengalami masalah pada game dengan sistem proteksi Denuvo? Ini alasannya!

server denuvo

Alih-alih ingin bermain game, server Denuvo harus kembali berulah. Sistem DRM yang seringkali dicaci-maki oleh para penggunanya kali ini menghentikan para pemain dari mengakses game yang menggunakan layanan DRM tersebut.

Bagaimana jadinya jika suatu game harus tersambung dengan server hanya untuk memastikan apabila game tersebut asli atau bajakan? Tentu jawabannya sudah pasti DRM Denuvo, namun apa jadinya jika sewaktu-waktu server Denuvo mengalami permasalahan? Game dengan sistem proteksi tersebut tidak dapat dimainkan, dan kejadian ini terjadi belum lama ini.

Siapa yang tidak benci dengan Denuvo? Sistem proteksi DRM yang terlalu ketat ini seringkali dibenci oleh para gamer. Untuk bermain satu game saja, Denuvo harus tersambung dengan server untuk memeriksa legitimasi dari game tersebut, tidak peduli pemain itu bermain singleplayer maupun multiplayer.


CONTINUE READING BELOW

Game Tactical RPG, Regalia: Royal Edition Melebarkan Sayap Menuju Console

Pixelated Milk mengumumkan bahwa Regalia: Royal Edition akan segera dirilis untuk PlayStation 4, XBox One, dan juga Nintendo Switch.


Bahkan, Denuvo sendiri meninggalkan sejumlah masalah bagi game tersebut. Sudah banyak laporan dari pengguna yang merasakan turunnya performa game berkat eksistensi DRM Denuvo. Tidak hanya itu saja, Denuvo akan meninggalkan sejumlah file tidak berguna saat pemain menghapus game tersebut dari library mereka.

Ini menjadi alasan bagi beberapa pengguna untuk membajak sistem Denuvo. DRM yang digadang-gadang sebagai sistem proteksi yang paling aman pada akhirnya dapat dibobol. Hingga saat ini, para cracker hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk membuka celah dari game yang menggunakan Denuvo.

Baru-baru ini, server Denuvo mengalami masalah. Para pemain yang ingin memainkan game seperti Batman: Arkham Knight dan Mad Max akan menerima pesan error. Untuk bermain saja, para pengguna harus menekan tombol retry berkali-kali hanya untuk dapat mengakses game tersebut.

Dari laporan yang didapat, hampir seluruh game milik Warner Bros tidak dapat diakses. Untuk beberapa game, menekan tombol retry beberapa kali tentu menjadi solusi, namun solusi ini tidak dapat digunakan pada Middle Earth: Shadow of Mordor karena para pemain harus mengunduh patch terbaru untuk bermain.

Kasus baru ini menambah daftar panjang alasan kenapa Denuvo menjadi sistem DRM yang paling dibenci. Bisa saja suatu saat apabila server Denuvo harus mati, pemain tidak akan memiliki akses untuk game yang mereka beli.

Diedit oleh Doni Jaelani

Share this article

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.