Game Tebak Gambar yang Bikin Kesel tapi juga Bikin Penasaran

Anak-anak Indonesia terbukti menyukai tebak-tebakan. Salah satu game modern bertema teka-teki yang digandrungi oleh kids zaman now adalah Tebak Gambar. Seseru apa sih permainannya? Era tahun 2000-an pernah dihebohkan dengan kemunculan kuis yang bernama Tebak Gambar di sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Kuis yang dibawakan oleh David Chalik dan didampingi oleh narator Zulham Simatupang tersebut […]

1514019605000

tebak gambar google play store

Anak-anak Indonesia terbukti menyukai tebak-tebakan. Salah satu game modern bertema teka-teki yang digandrungi oleh kids zaman now adalah Tebak Gambar. Seseru apa sih permainannya?

Era tahun 2000-an pernah dihebohkan dengan kemunculan kuis yang bernama Tebak Gambar di sebuah stasiun televisi swasta Indonesia. Kuis yang dibawakan oleh David Chalik dan didampingi oleh narator Zulham Simatupang tersebut mampu menyedot perhatian penonton saat dulu ditayangkan di RCTI.

Tak hanya itu, kuis yang ditayangkan setiap Senin sampai dengan Jum’at pukul 12:30-13:00 WIB tersebut memang memiliki keunikan yang tak ditawarkan oleh kuis-kuis pada masanya.

Kuis Tebak Gambar di RCTI

[youtube_embed id=”B8ETA1MYOgE”]

Namun, era milenium telah selesai, kini telah berganti menjadi era smartphone. Gawai serba bisa yang semula hanya didesain sebagai alat komunikasi ini muncul dan merambah ke kalangan muda hingga tua.

Seiring dengan berkembangnya zaman, gawai pun kini memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi, termasuk game.

Salah satu yang muncul permainan digital fenomenal yang sempat booming di kalangan pengguna smartphone adalah Tebak Gambar. Game ini diciptakan oleh Irwanto Widyarti sebagai founder Kardus Imajinasi.

Berawal dari iseng mencari ide lucu di berbagai thread Kaskus, Irwanto dan teman-temannya lantas terpikir untuk membuat sebuah permainan tebak susunan gambar yang berjudul Tebak Gambar.

Tak disangka, game Tebak Gambar seakan mengulang kesuksesan kuis dengan judul yang sama di RCTI, sebab berhasil menembus jutaan unduhan di Google Play Store untuk perangkat android.

1

Kenapa Game Tebak Gambar Laku Seperti Kacang Goreng?

tebak gambar google play store

Sumber: Twitter

Irwanto Widyarti, pria yang merupakan jebolan dari Universitas Bina Nusantara (BINUS) ini merupakan pendiri studio game fenomenal, Kardus Imajinasi. Ketika ditanyai mengenai kesuksesannya dalam mengembangkan game Tebak Gambar, jawabannya adalah kesederhanaan.

Memang, game Tebak Gambar bukan merupakan game hardcore dengan grafis kelas atas. Namun, game ini memiliki kemampuan untuk menghipnotis para pemainnya dengan mekanik dan tampilan yang ringkas.


CONTINUE READING BELOW

Konten Receh jadi Tren Marketing? Profesi Desainer Grafis Gimana?

Belakangan ini konten receh sedang banyak digunakan oleh berbagai institusi sebagai alat marketing. Terus, bagaimana dengan masa depan desainer grafis?


Permainan pun dibuat seadiktif mungkin dengan menantang logika para pemain untuk memecahkan persoalan. Somehow, permainan ini memang membuat para pemainnya merasa seperti detektif, yakni: memecahkan kode-kode dalam tumpukan gambar.

Selain itu, game ini juga bisa menempati posisi teratas sebagai game puzzle di Google Play Store Indonesia selama tiga tahun berkat komunikasi Irwanto dengan para pemain.

Irwanto memang diketahui rajin meluangkan waktunya untuk membaca dan berkomunikasi dengan para pemain Tebak Gambar lewat kolom komentar di media sosial maupun kolom komentar Google Play Store.

[embed_FB urlpost=”https://www.facebook.com/TebakGambarOfficial/photos/a.865024893525638.1073741839.566897873338343/1889721794389271/?type=3&theater” width=”600″]

Menurutnya, apa yang ia lakukan sangat penting untuk tetap menjaga para pemainnya tetap loyal, sebab Tebak Gambar merupakan salah satu jenis game yang bisa terus-menerus dikembangkan.

Tebak Gambar sendiri berawal dari ide sederhana. Game tersebut berawal dari proyek skripsi yang dikerjakan oleh Irwanto saat menempuh pendidikan di universitas.

Pada waktu itu, Irwanto ingin memulai prestasinya dengan membuat protofolio yang berkualitas agar menjadi bekal untuk masuk ke industri IT. Masalahnya, Irwanto hanya bisa melakukan coding, namun tak memiliki kemampuan desain.

tebak gambar google play store

Sang Legenda Kini Sudah Mengudara dan Diunduh Belasan Juta Pengguna. Sumber: Facebook

Akhirnya, Irwanto pun mencari desainer yang dapat membantunya. Itu pun ia temukan dari luar kampusnya.

Uniknya, ia menemukan rekan pertamanya di Kaskus dan game Tebak Gambar versi awal pun berhasil diselesaikan. Karena melihat peluang besar dari game tersebut, Irwanto dan rekannya lantas memutuskan untuk membuat sebuah studio game bernama Kardus Imajinasi.

Dari sinilah sebuah legenda muda lahir.

“Nama Kardus Imajinasi memang punya arti sendiri. Kita ingin membentuk sebuah studio yang bisa menjadi wadah kreativitas dan imajinasi. Namanya juga sengaja menggunakan Bahasa Indonesia biar terlihat berbeda,” lanjut Irwanto.

2

Ulasan Game Tebak Gambar

tebak gambar google play store

Sumber: Facebook

Salah satu poin utama mengapa permainan yang menduduki peringkat atas Google Play Store ini merupakan permainan begitu menarik adalah gratis. Game ini tidak memungut biaya apa pun terhadap penggunanya, sehingga dilihat sebagai ‘harta karun’ bagi para pengguna Android lokal.

Bahkan, tak heran jika game ini bisa dinikmati pula oleh masyarakat yang tak terlalu suka bergantung kepada permainan digital.

Bisa dikatakan bahwa game Tebak Gambar adalah sebuah perwujudan dari game sejuta umat, sebab siapa pun bisa menikmatinya tanpa harus merasa disulitkan dengan kontrol maupun mekaniknya.

Tebak Gambar tak hanya memiliki jumlah unduhan yang fantastis, tetapi juga menyuguhkan hiburan yang membuat kita ketagihan. Game ini mengajak kita untuk aktif menjawab berbagai macam soal dalam permainan tersebut.

Berbeda dengan teka-teki silang yang mengandalkan ingatan pemain terhadap variasi kosakata, dalam permainan Tebak Gambar kita hanya harus menerka kumpulan gambar menjadi sebuah ungkapan, sebuah nama, atau bahkan sebuah peribahasa yang biasa kita pakai sehari-hari.

Tetapi, jangan salah. Walaupun kelihatan mudah, game ini sebenarnya membutuhkan konsentrasi ekstra. Tanpa konsentrasi, kita bisa saja menjadi tidak peka terhadap setiap pertanyaan yang disuguhkan, walaupun pertanyaannya terbilang mudah.


CONTINUE READING BELOW

Suka Bikin Konten Receh? Hati-Hati Direkrut Sama Perusahaan Besar!

Belakangan ini lagi banyak banget institusi swasta maupun negeri yang memanfaatkan konten receh sebagai alat promosi. Konten receh ternyata sehebat itu!?


Itulah kenapa Tebak Gambar termasuk game yang “gampang-gampang susah”—awalnya gampang, lama-lama jadi susah.

Oleh karenanya, tak jarang banyak pengguna yang merasa kesal dan akhirnya menghapus game ini dari device mereka. Nanti juga bakal di-install lagi sih kalau mereka masih penasaran, hehehe.

Petunjuk permainan ini sebenarnya mudah, kita hanya perlu mencari kata kunci  yang berhubungan dengan soal. Intinya, jangan langsung menyerah. Pikirkan jawaban dengan baik-baik.

TIPS: Kalau merasa mentok atau mulai merasa tidak konsentrasi, sebaiknya berhenti dulu, nanti dilanjutkan lagi kalau otak kita sudah kembali fresh.


Penasaran gimana caranya menyelesaikan soal-soal Tebak Gambar? Lihat di halaman selanjutnya, guys!

TENTANG PENULIS
Subject 09 Lite

Subject 09 Lite adalah singkatan dari Subject 09 Literature. Kami menyediakan bahan bacaan bermanfaat untuk mendorong kreativitas para kreator lokal. Motto kami adalah Care the Creativity, yang berarti kami peduli pada pertumbuhan kreativitas Indonesia. www.subject09.web.id