Tribute To Jonghyun (SHINee): Inilah Perjalanan Karir serta Kumpulan Karya Jonghyun sebagai Penyanyi, Komposer, Penyiar Radio, hingga Penulis Buku

Mulai sebelum debut sebagai member SHINee hingga menjadi bintang K-pop, inilah perjalanan karir Jonghyun selama 9 tahun di panggung hiburan Korea!

perjalanan karir jonghyun

Sumber: Allkpop

Pada tanggal 18 Desember kemarin, panggung hiburan Korea dikejutkan dengan berita duka yang datang dari boy band SHINee. Salah satu personelnya yaitu Jonghyun dikabarkan meninggal dunia di usia 27 tahun.

Sepanjang karirnya sebagai member SHINee maupun musisi Korea, Jonghyun telah banyak menelurkan berbagai karya yang membanggakan serta mengukir sejumlah prestasi baik sebagai personel SHINee, soloist, penulis lagu, maupun penyiar radio.

Berikut adalah perjalanan karir Jonghyun mulai dari sebelum debut hingga menjadi salah satu bintang K-pop yang paling bersinar.

Sebelum debut

Jonghyun diketahui telah aktif di dunia musik sejak duduk di bangku SMP. Semasa duduk di bangku SMP, mendiang bergabung dalam sebuah band. Jonghyun dan bandnya yang bernama “Zion” dikenal aktif mengisi berbagai acara. Dalam band tersebut, Jonghyun berperan sebagai bassist. 

Semasa SMA, Jonghyun bermimpi untuk menjadi seorang komposer atau pelatih vokal.

Perjalanan karir Jonghyun sebagai penyanyi dimulai pada tahun 2005 saat ia ditemukan oleh tim S.M. Entertainment ketika sedang mengisi acara bersama teman-teman bandnya

Meski masih menyandang status trainee, Jonghyun telah dipercaya untuk berduet dengan Zhang Li Yin dalam lagu “Wrongly Given Love.”

Awal Debut Sebagai Member SHINee

perjalanan karir jonghyun

Sumber: YouTube

Jonghyun debut bersama 4 member SHINee lainnya yaitu Onew, Key, Minho, dan Taemin pada tanggal 25 Mei 2008 dengan mini album mereka yang bertajuk ReplayAlbum ini berhasil masuk di jajaran TOP 10 tangga lagu Korea Selatan, serta terjual sebanyak 17.957 kopi pada paruh pertama 2008.

4 bulan kemudian, tepatnya pada tanggal 28 Agustus 2008, mereka kembali meramaikan panggung hiburan Korea dengan merilis full album bertajuk The Shinee World. Album itu berhasil bertengger di posisi nomor 3 tangga album Korea Selatan dengan terjual sebanyak 30.000 kopi.

perjalanan karir jonghyun

Meski baru debut, SHINee telah berhasil meraih banyak penghargaan di tahun 2008 diantaranya, Best New Asian Artist pada ajang Asia Song Festival, Rookie Of The Month pada Cyworld Digital Music Awards, Best New Male Group pada Mnet Asian Music Awards (MAMA), Hot New Star pada Mnet 20’s Choice Awards, Best Newcomer pada Korea Entertainment Arts Awards, serta New Icon Award pada Style Icon Awards. 

Album mereka The Shinee World juga berhasil dinobatkan sebagai Newcomer Album of the Year dalam ajang Golden Disk Awards


CONTINUE READING BELOW

Kumpulan Pesan Perpisahan dan Surat Dari Sahabat Untuk Jonghyun (SHINee) #YouDidWellJonghyun

Mulai dari rekan seagensi hingga para junior, berikut kumpulan pesan perpisahan dan surat dari sahabat untuk Jonghyun (SHINee).


Debut Sebagai Penulis Lagu

Selain sebagai personel SHINee, Jonghyun juga dikenal sebagai artis SM pertama yang aktif berpartisipasi dalam menulis lagu. Korea Times memasukan nama Jonghyun sebagai satu dari empat idola K-pop yang sukses menampilkan ciri khas musiknya.

Jonghyun dinilai memiliki gaya yang unik dalam musiknya dan menuai banyak pujian karena seluruh lagu solonya adalah hasil karyanya sendiri. Insight Korea bahkan menobatkannya sebagai salah satu idol K-pop yang terlahir dengan bakat musik.

Perjalanan karir Jonghyun sebagai penulis lagu dimulai di tahun 2009 ketika ia bersama Minho berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu “Juliette” yang merupakan remake dari “Deal with It” milik Corbin Bleu.

Kumpulan Lagu yang Ditulis Jonghyun untuk SHINee

Setelah sukses dengan “Juliette”, Jonghyun dipercaya untuk menulis lirik lagu milik SHINee lainnya di tahun-tahun selanjutnya. Di tahun 2010, ia menulis 3 lagu yang terdapat dalam full album SHINee kedua Lucifer yaitu “Up & Down”, “Obsession“, dan “Shout Out“.

Di tahun 2012, Jonghyun kembali ambil bagian dalam penulisan lirik “Alarm Clock” dan “Honesty” yang terdapat dalam album Sherlock.

Setahun berikutnya, total ada 6 lagu yang ditulis oleh Jonghyun untuk SHINee dimana 1 antaranya yaitu “Selene 6.23” didedikasikan untuk Shawol internasional.

Tahun 2015, Jonghyun kembali menulis lirik untuk lagu yang dibawakan SHINee dalam album mereka Odd dan Married to the Music yaitu “Odd Eye“, “View“, dan “Chocolate.”

2 lagu terakhir yang ditulis Jonghyun untuk SHINee sebelum berpulang adalah “Prism” dan “Don’t Stop” yang terdapat dalam album 1 of 1.

Kumpulan Lagu yang Ditulis Untuk Penyanyi Lainnya dan Debut Sebagai Komposer

 

Jonghyun pernah terlibat dalam penulisan lirik untuk “Pretty Boy” yang terdapat dalam album debut solo member SHINee lainnya yaitu Taemin.

Mulai tahun 2013, Jonghyun tak hanya terlibat dalam penulisan lirik lagu tetapi juga dalam pengolahan musiknya.

Dari 8 lagu yang ditulisnya di tahun 2013, ada 2 yang ia terlibat langsung dalam penulisan lirik maupun pengolahan musiknya, yaitu “A Gloomy Clock” yang dibawakan oleh IU dan “Red Candle” oleh Son Dam Bi.

Pada 2015, ia menjadi komposer sekaligus penulis lirik dari “Playboy” yang dibawakan oleh EXO dan “No More” oleh Lim Kim.

Sedangkan di tahun 2016, ia kembali menuliskan lagu Taemin dengan “Already” dan untuk Lee Hi yaitu “Breathe.” Menariknya lirik dari “Breathe” diduga merupakan curhatan Jonghyun yang dituangkan dalam bentuk lagu.


Di halaman berikutnya, kita akan membahas tentang perjalanan karir Jonghyun sebagai soloist hingga sebagai seorang penulis buku.

Share this article

TENTANG PENULIS