Inilah 5 Prediksi Tren Industri Game 2018 yang Perlu Kita Perhatikan!

5 tren di industri game tahun 2018 yang perlu kamu perhatikan dan ikuti perkembangannya!

game 2018

Sumber: Reality Technologies

Tahun 2017 akan segera berakhir dan inilah 5 tren industri game 2018 yang patut kita tunggu dan ikuti perkembangannya!

Awal tahun 2017, para pengamat game membuat prediksi tentang tren game apa yang akan terjadi di tahun ini.

Beberapa prediksi ada yang benar dan ada juga yang salah. Beberapa tren tahun lalu yang diprediksi termasuk peningkatan perangkat VR, munculnya esport, teknologi wearable dan bahkan ada yang memprediksi berakhirnya generasi konsol game.


CONTINUE READING BELOW

Activision Gerah dengan Layanan Pembersih Kotoran Anjing Bernama Call of DooDee

Sebuah bisnis keluarga berhasil membuat gerah publisher game sekelas Activision, karena menggunakan nama Call of DooDee. Terdengar familiar kan?


Beberapa tren game tersebut memang ada yang telah terjadi dan ada beberapa yang belum. Apapun itu, kini tahun 2017 hampir berakhir dan kami melihat ada banyak hal di dunia industri game 2018 yang cukup menarik. Apa saja itu? Yuk kita simak pembahasannya.

1

Tren Game 2018 - Esport akan semakin menonjol

pembagian grup dota 2: the international

Esport, di mana para pemain profesional bersaing dalam sebuah acara game atau turnamen dari tingkat nasional hingga internasional akan menjadi lebih besar lagi di tahun 2018.

Menurut data dari Statista, pasar esport diperkirakan bernilai sekitar USD1,5 miliar (sekitar Rp20 triliun) pada tahun 2020 berdasarkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan yang diproyeksikan naik sebesar 32 persen.

Menurut laporan Internet Trends yang dirilis awal tahun ini oleh mitra Kleiner Perkins, Mary Meeker, popularitas esport telah berkembang ke tahap di mana telah menandingi olahraga fisik tradisional.

Faktanya, ketika penelitian tersebut mencoba menemukan mana yang lebih digemari antara esport dan olahraga tradisional, ternyata keduanya memang sama-sama disukai.

Jika tren adalah sesuatu yang dikejar, maka persentase yang lebih memilih esport akan meningkat dan mungkin melebihi persentase yang menyukai olahraga tradisional pada tahun 2018.

2

Tren Game 2018 - Game Indie akan semakin berkembang dan besar

Sementara semua orang tahun ini lebih banyak memperhatikan judul game-game besar yang rilis, ada banyak studio game indie yang mulai menunjukkan taringnya.

Keuntungan yang dimiliki pengembang game indie adalah kreativitas dan sebuah hal yang tidak umum yang kemungkinan besar akan menghadirkan banyak uang untuk mereka pada tahun 2018.

Game seperti Indivisible, The Last Night and Bloodstained: Ritual of the Night sudah ada dalam daftar kami yang akan membuat gebrakan pada tahun 2018. Kamu juga bisa mengharapkan game indie yang lebih besar lagi, baik sebagai remake dari game yang ada atau benar-benar sebuah proyek baru.

3

Tren Game 2018 - VR akan menjadi lebih mainstream

vr

Sumber: Murdockcruz

Beberapa tahun terakhir ini teknologi VR berkembang semakin membaik dan kamu bisa berharap lebih banyak lagi di tahun 2018. Pasar game Virtual Reality diproyeksikan akan melampaui USD45 miliar (sekitar Rp608 triliun) pada tahun 2025.

Meskipun sudah ada banyak perkembangan, pakar VR, Yariv Levski memprediksi akan ada perkembangan yang lebih baik lagi di tahun 2018, termasuk pengenalan headset game VR baru yang berbeda dari yang telah rilis seperti Oculus Rift dan Google Daydream.

4

Tren Game 2018 - Lebih banyak pengembangan game yang menggunakan ilmu fisika

Seiring dengan banyaknya pengembang game yang menjadi lebih kreatif, mereka berfokus untuk membuat permainan yang lebih realistis. Alhasil kita bisa berharap melihat lebih banyak game yang menggunakan ilmu fisika.

Sebagai contoh, kita telah melihat game berbasis ilmu fisika seperti Happy Wheels. Tahun 2018 kemungkinan kita akan melihat banyak game sejenis yang lebih kreatif.

5

Tren Game 2018 - AR akan menjadi lebih besar lagi

game 2018

Sumber: Digital Trends

Game Augmented Reality (AR) adalah tren lain yang perlu kita perhatikan di tahun 2018. Tidak seperti game VR yang memerlukan area terbatas untuk menciptakan lingkungan game yang mendalam.


CONTINUE READING BELOW

EZ! 6 Game Jadul yang Menyenangkan untuk Dimainkan jika Pakai Cheat

Sering pakai cheat saat bermain game? Sebenarnya sah-sah saja, selama tidak merugikan pemain lain dan terkadang bisa lebih menyenangkan lho!


Sebaliknya, AR akan menciptakan lingkungan yang menyesuaikan dengan lingkungan gamer yang ada. AR telah mengalami beberapa peningkatan di masa lalu berkat game seperti Pokemon GO.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
era