Aktris Hollywood Kompakan Berpakaian Serba Hitam di Golden Globes!

Dalam acara Golden Globes, para aktris kompakan memakai serba hitam sebagai protes terhadap pelecehan seksual dan ketidaksetaraan gender.

Golden Globes

Sumber: People

Dalam acara Golden Globes, para aktris kompakan memakai serba hitam sebagai protes terhadap pelecehan seksual dan ketidaksetaraan gender.

Bisa dibilang, fashion adalah salah satu cara membuat statement tanpa harus berbicara. Lewat fashion, status dan kondisi seseorang bisa terlihat. Pada Maret 2017, sekelompok wanita di Texas berpakaian ala perempuan-perempuan di The Handmaid’s Tale untuk memprotes anti-aborsi.

Hollywood sendiri saat ini sedang mendapat sorotan dengan berbagai kasus pelecehan seksual dan ketidaksetaraan gender. Gerakan #MeToo juga diluncurkan untuk menguak lebih banyak borok yang selama ini hanya menjadi rahasia umum.

Aktris-aktris pun mencoba membuat isu ini menjadi perhatian selama musim penghargaan tahun 2018. Acara Golden Globes yang direncanakan digelar pada 7 Januari nanti merupakan acara penghargaan besar di tahun 2018.

Dan salah satu cara untuk mendapatkan perhatian bagi para aktris adalah lewat karpet merah di mana mereka memamerkan gaun-gaun mereka. Para aktris, termasuk nominator dan presenter, berencana untuk memakai warna hitam untuk memprotes ketidaksetaraan gender dan berbagai pelecehan seksual yang dimulai dengan kasus Harvey Weinstein.

Bintang-bintang Hollywood seperti Jessica Chastain, Meryl Streep dan Emma Stone telah mengumumkan keikutsertaan mereka dalam protes ini. Menurut sumber, tadinya gerakan ini hanya dimulai oleh sekelompok kecil perempuan berkoordinasi mengenakan gaun hitam.

Golden Globes me too

Namun kabar tersebut cepat beredar dan sekarang lebih dari 30 wanita yang terdiri dari penerima nominasi, presenter hingga aktris yang menghadiri acara ini berencana untuk kompakan memakai hitam-hitam.

“Gerakan ini menyebar dengan cepat dan hampir semua wanita yang dinominasikan dan yang lainnya hadir berpartisipasi,” kata seorang sumber kepada US Weekly.

Penggunaan medium karpet merah sebagai salah satu cara untuk fokus kepada kesetaraan gender dimulai dari tahun 2014 dengan kampanye #AskHerMore. Dalam gerakan tersebut, reporter dalam acara penghargaan diharapkan untuk memperlakukan para aktris sebagai manusia dan bukannya obyek saja.

Setelah Golden Globes, Hollywood akan menyelenggarakan acara Screen Actors Guild (SAG) pada 21 Januari. Dalam acara yang dibawakan oleh Kristen Bell ini, semua presenter SAG adalah para perempuan.

Diedit oleh Snow

Share this article

TENTANG PENULIS