Selamat Tinggal Gran Turismo 6, Polyphony Akan Tutup Server GT6!

Para pemain GT6 masih dapat mengakses server tersebut hingga tanggal yang ditetapkan. Selebihnya, seluruh konten yang dimiliki tetap dapat diakses secara offline.

server GT6

Hadir sebagai game simulasi balap untuk PS3, Gran Turismo 6 merupakan seri terakhir dari Polyphony Digital untuk Playstation 3. Setelah sekian lama menemani para pemain, Polyphony mulai tetapkan tanggal tutup server GT6.

Tercatat sebagai sepuluh besar dari best-selling game untuk Playstation 3, Gran Turismo 6 datang sebagai penerus dari Gran Turismo 5 yang juga hadir untuk PS3. Hadirnya Gran Turismo Sport pada akhirnya membuat Polyphony sebagai pengembang seri Gran Turismo untuk menutup server GT6.

Gran Turismo 6 sendiri merupakan game yang saat ini hadir dengan jumlah mobil dan lokasi balap terbanyak, mengalahkan Gran Turismo 5 atau bahkan Gran Turismo Sport. Tidak hanya itu saja, Polyphony selalu menghadirkan Vision Gran Turismo yang merupakan deretan-deretan mobil konsep yang dikembangkan oleh manufaktur mobil ternama.


CONTINUE READING BELOW

GT Sport atau Forza 7? Kenapa Tidak Jajal Assetto Corsa Saja?

Ramainya pagelaran game balapan mengundang sejumlah pertanyaan: GT Sport atau Forza 7? Ataukah mungkin sudah saatnya menjajal Assetto Corsa?


Sebagai seri terakhir yang hingga saat ini masih memiliki server online untuk bermain bersama, tentu suatu saat Polyphony harus menutup server GT6 untuk game terbaru mereka, bukan? Seperti halnya Gran Turismo 5, Polyphony langsung mengumumkan penutupan server GT5 agar para pemain dapat pindah menuju GT6.

Dan benar saja, Polyphony mengumumkan penutupan server bagi game yang sudah bertahan sejak Desember 2013 ini. Dihitung sudah 4 tahun lamanya, Polyphony merasa ini sudah waktunya. Lalu, bagaimana dengan nasib para pemain GT6 yang masih belum mau move-on menuju Sport yang notabene masih memiliki konten yang sangat sedikit?

Tenang, melalui [outbound_link text=”situs resmi Gran Turismo” link=”https://www.gran-turismo.com/us/news/00_5985704.html”], Polyphony menyatakan server untuk Gran Turismo 6 masih dapat diakses hingga 27 Maret 2018. Server-nya sendiri akan dimatikan pada 28 Maret jam 12.00 UTC. Ini berarti para pemain masih diberikan waktu sekiranya 3 bulan untuk bermain secara online. Selebihnya, GT6 tetap dapat diakses secara offline.

Satu fitur khusus yang dihadirkan untuk GT6 juga akan dimatikan bersamaan dengan server. Aplikasi GT6 Track Path Editor yang digunakan untuk mengkreasikan lokasi balap ciptaan pemain akan ditutup pada waktu yang sama, menghilangkan fitur untuk mentransfer kreasi para pemain menuju game.

Hal ini dirasa wajar, mengingat Polyphony cepat atau lambat memang harus fokus untuk mengembangkan Gran Turismo Sport. Memang, jika dibandingkan dengan GT6, GTSport sangatlah kurang pada bagian konten. Namun, Polyphony menyadari hal ini, dan mereka akan terus menambahkan mobil dan lokasi balap secara berkala.

Diedit oleh Fachrul Razi

TENTANG PENULIS
Spades Hiroki

Penggemar berat game arcade, penggiat hobi airsoft.