Resmi Dirilis! Inilah Persembahan Terakhir di 2017 dari S.M. Entertainment dengan Melibatkan Suara Jonghyun (SHINee)

Pada tanggal 29 Desember kemarin, S.M. Entertainment resmi merilis “SMTOWN Dear My Family (Live Concert Ver.)” melalui kanal SM Station 2 di mana suara seluruh idolanya ditampilkan dan diperdengarkan dalam musik video tersebut termasuk mendiang Jonghyun (SHINee).

SMTOWN Dear My Family

Sumber: YouTube

Menjelang penutupan tahun, S.M. Entertainment merilis “SMTOWN Dear My Family (Live Concert Ver.)” sebagai lagu terakhir di tahun 2017. Lagu tersebut dibawakan oleh seluruh artis S.M. Entertainment termasuk Jonghyun (SHINee).

Pada tanggal 29 Desember 2017, S.M. Entertainment resmi merilis musik video “SMTOWN Dear My Family (Live Concert Ver.)” melalui kanal SM Station 2.

Bagi yang belum tahu, “Dear My Family” adalah lagu wajib yang dinyanyikan di akhir setiap konser SMTOWN. Lagu bergenre R&B Ballad ini sebelumya telah dirilis oleh produser terkenal SM, Yoo Young Jin pada tahun 2001.

Pada saat itu, idola yang berpartisipasi dalam pembuatan lagu serta musik video “Dear My Family” adalah Shoo (S.E.S), Kangta, Moon Hee Jun (H.O.T), Fly To The Sky, Shinhwa, Boa, Dana, Yoo Young Jin, M.I.L.K, Black Beat, Shinvi, Chu Ga-yeoul, Isak N Jiyeon, dan Song Kwang Sik.

Dan di tahun ini, SM kembali merilis “Dear My Family” di mana audio dan musik video lagu tersebut menampilkan seluruh idola yang bernaung di bawahnya termasuk Kangta, BoA, TVXQ, Super Junior, Girls Generation (SNSD), f(X), EXO, Red Velvet, NCT, serta SHINee termasuk Jonghyun yang sedang membawakan lagu tersebut di konser SMTOWN 2016 di Tokyo.

Dalam musik video tersebut juga terdapat potongan-potongan video yang menampilkan suasana di belakang panggung para idola SM. Di dalamnya juga terdapat terjemahan Bahasa Inggris yang memudahkan penggemar internasional untuk lebih mengerti arti dari lirik “Dear My Family.”


CONTINUE READING BELOW

Yuk Ngopi Bareng EXO Lewat Album Winter Terbaru Mereka “Universe”

Setelah tertunda perilisannya karena kepergian Jonghyun, pada 26 Desember 2017 album musim dingin EXO Universe. Lagu-lagu dalam album ini pun mengangkat genre yang beragam. Yuk, buruan check album EXO yang terbaru ini.


Di akhir lagu, SM memberikan penghormatan terakhir kepada Jonghyun yang telah berpulang pada 18 Desember silam dengan memasukan beberapa fotonya.

Dan pada akhir video, SM menyisipkan sebuah pesan yang berbunyi, “Jonghyun yang menyukai musik lebih dari pada siapapun, yang senang tampil di atas panggung, dan yang senang berkomunikasi dengan para penggemar melalui musik, adalah artis terbesar kami. Kami akan selalu mengingatnya.”

Hal itu sontak menimbulkan berbagai komentar dari para netizen. Kebanyakan mereka mengaku rindu dengan Jonghyun dan menitikan air mata ketika menonton video ini terlebih di bagian yang dinyanyikan oleh Jonghyun dan menampilkan mendiang.

Di sisi lain, meski baru dirilis kemarin pukul 18.00 waktu Korea, musik video ini telah ditonton oleh lebih dari 1 juta kali dan disukai oleh lebih dari 250 ribu orang.

Penghasilan dari perilisan lagu dan musik video ini rencananya akan disumbangkan ke badan sosial UNICEF.

Bagi yang belum nonton “SMTOWN Dear My Family (Live Concert Ver.)”, yuk buruan cek video di bawah ini.

Diedit oleh Fachrul Razi

Share this article

TENTANG PENULIS