Kekuatan Para Wota! Idol Group Kuasai CD Single Jepang Terlaris Sepanjang 2017

Setelah album terlaris di Jepang sudah diumumkan kini giliran 50 CD Single Jepang Terlaris Sepanjang 2017 Versi Oricon yang dikuasai oleh para idol group.

Setelah album terlaris di Jepang sudah diumumkan kini giliran 50 CD Single Jepang Terlaris Sepanjang 2017 Versi Oricon yang dikuasai oleh para idol group.

Sudah tidak dapat dipungkiri bahwa kekuatan para wota dan penggemar idol memang sudah tidak dapat dikendalikan lagi.

Berkat kesetiaan mereka untuk membeli semua pernak pernik idol mereka rela mengeluarkan banyak uang sebagai rasa cinta mereka terhadap idol tersebut dan hal itu direfleksikan dari total penjualan CD single Jepang terlaris untuk tahun ini alias tahun 2017.

Hasil dari para kesetiaan wota ini terutama dari grup yang terafiliasi dengan angka 48 dan 46 di belakangnya memang luar biasa. AKB48 berhasil menempatkan empat single mereka ke dalam posisi 1 sampai 4 CD single Jepang Terlaris tahun 2017 dengan angka penjualan yang fantastis dan luar biasa.


CONTINUE READING BELOW

Tak Terduga! Inilah Daftar Wanita Tercantik di Dunia Tahun 2017 Versi TC Candler! (Selebriti Indonesia Banyak yang Masuk Lho)

Melanjutakn tradisi tahunannya yang telah dimulai sejak 27 tahun silam, baru baru diumumkan 100 wanita tercantik di dunia versi TC Candler. Kira-kira selebriti favorit kalian masuk nggak ya?


Sementara itu grup “saingannya” dari AKB48 yaitu Nogizaka46 dan Keyakizaka46 berhasil meraih posisi 5 sampai 9 dalam chart CD single Jepang Terlaris tahun 2017.

Empat single AKB48 yang berhasil menduduki posisi empat besar CD single Jepang terlaris sepanjang 2017 adalah Negaigoto no Mochigusare dengan penjualan sebanyak 1,3 juta keping CD, #Sukinanda dengan penjualan sebanyak 1,12 juta kopi, 11-Gatsu no Anklet dengan penjualan sebanyak 1,11 juta kopi, dan Shoot Sign dengan penjualan 1,08 juta kopi.

Lalu grup “saingan” dari 48Group yaitu 46Group berhasil menduduki lima posisi di bawahnya. Nogizaka46 berhasil menduduki posisi 5 sampai 7 lewat single Nigemizu (1,03 juta), Influencer (1,028 juta), serta Itsuka Dekiru kara Kyou Dekiru (961 ribu).

Sister group dari Nogizaka46 yaitu Keyakizaka46 juga berhasil menduduki posisi delapan dengan sembilan lewat single Fukyuwaon (768 ribu), dan Kaze ni Fukaretemo (723 ribu).

Bagi yang belum tahu kenapa penjualan CD AKB48 dan sekutunya bisa gila-gilaan. Hal ini terjadi karena di setiap pembelian CD pembeli mendapatkan jatah beberapa detik untuk melakukan aktivitas handshake dimana para pembeli bisa berjabat tangan dengan anggota idol tersebut sambil berinteraksi dengan mereka.

Semakin banyak pembelian CD tentunya semakin banyak detik yang tersedia untuk mereka melakukan handshake dan berinteraksi lebih lama dengan idola favorit mereka.

Selain itu didalam setiap single-nya dan di beberapa single ada kupon voting untuk pemilihan Senbatsu yang menentukan siapa yang menjadi center di single berikutnya. Fans AKB48 yang sering disebut sebagai wota biasanya membeli semua versi dari setiap single yang biasanya berjumlah 11 versi dengan lagu yang berbeda-beda tiap versinya.

Kultur pembelian CD secara masal dan dalam jumlah banyak ini membuat angka penjualan AKB48 selalu luar biasa dan fantastis serta mendapatkan banyak sekali rekor dan pencapaian di Jepang

Menurut Oricon yang setiap minggunya menerbitkan chart penjualan CD di Jepang AKB48 merupakan artis wanita terlaris sepanjang masa mengalahkan solois yang populer di awal tahun 2000an Ayumi Hamasaki.

Meskipun dihitung sebagai sebuah grup tetapi Oricon sendiri tidak memisahkan antara grup dengan solois. Ayumi masih memegang rekor sebagai penyanyi solo terlaris sepanjang masa baik laki-laki maupun perempuan di Jepang dan hasil ini merupakan hasil penjualan di Jepang bukan di seluruh dunia.

Rekor ini diumumkan setelah angka penjualan untuk single ke-51 dari AKB48 berjudul #SukiNanda muncul pada 30 Agustus 2017. #SukiNanda berhasil terjual sebanyak 1,089 juta keping di minggu pertamanya dan membuat total penjualan CD dari semua single dan album AKB48 menjadi 51,298 juta keping. Angka ini mengalahkan total penjualan Ayumi Hamasaki sebesar 50,675 juta keping.


Cek halaman berikutnya untuk mengetahui 50 besar CD Single Jepang terlaris Sepanjang 2017 dan bersiap-siap untuk terkaget-kaget dengan daftarnya.

Share this article

TENTANG PENULIS
Luthfi Suryanda

Penyiar dan Tukang Kritik Anime, Musik, Film di blog pribadinya RE:PSYCHO. Senang akan hal berbau senang-senang. Sekarang belajar caranya menaklukkan industri pop kultur di Asia Tenggara