Paling Berkesan, Inilah Urutan 10 Film Indonesia Terbaik 2017!

Duniaku.net mengurutkan 10 film Indonesia terbaik yang rilis tahun 2017 kemarin. Sudah nonton semuanya? Yang mana favoritmu?

film indonesia terbaik 2017

Dunia perfilman Indonesia tahun 2017 boleh dibilang naik kelas dengan sejumlah judul yang menembus batas. Inilah urutan 10 film Indonesia terbaik 2017 menurut Duniaku.net.

Film Pengabdi Setan oleh sutradara Joko Anwar adalah salah satunya. Film yang diadaptasi dari film berjudul sama tahun 1982 itu mengangkat standar film horor Indonesia lebih tinggi. Ia juga menjadi film Indonesia terlaris tahun ini dengan raihan 4,2 juta penonton.

Di tempat lain, ada Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak karya sutradara Mouly Surya yang menjadi critics darling. Filmnya telah melanglang buana ke beberapa festival film luar negeri seperti Cannes sebelum tayang di Indonesia.

Film remaja juga berkembang pesat tahun ini. Sejumlah judul mendobrak batas-batas klise dan menunjukkan bahwa film remaja Indonesia juga bisa diperhitungkan jika dibuat dengan apik.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, Duniaku.net mengurutkan 10 film Indonesia terbaik 2017 berikut ini:

10

Banda: The Dark Forgotten Trail

film indonesia terbaik 2017

Di urutan ke-10 film Indonesia terbaik 2017 ada film dokumenter Banda, The Dark Forgotten Trail karya sutradara Jay Subiyakto. Jika kamu berpikir bahwa film dokumenter itu membosankan karena terlalu banyak info dengan minim variasi gaya seperti film fiksi, Banda akan mengejutkanmu.

Dokumenter penuh gaya dengan sinematografi ciamik ini bercerita tentang kisah Pulau Banda yang dulu jadi primadona karena produksi pala. Namun, sekarang ia dilupakan. Banda, The Dark Forgotten Trail ini menjadi dokumentasi yang tidak juga menarik dan penting, tetapi juga menyesakkan dada. Ada kepedihan di balik kecantikan visual dan kemegahan musiknya.

9

Susah Sinyal

Setelah film Cek Toko Sebelah sukses besar tahun lalu, ada beban harapan yang akan selalu dialamatkan pada sutradara Ernest Prakasa. Apalagi, Susah Sinyal juga bermain di tema yang sama dengan CTS: drama, komedi, dan keluarga.

Hasilnya, Susah Sinyal tak sekuat CTS dalam pesan-pesannya. Walaupun begitu, Ernest dan istrinya Meira Anastasia sebagai penulis skrip menunjukkan kebesaran hati. Susah Sinyal punya cukup amunisi untuk terus menghadirkan tawa sekaligus menggugah emosi. Bahagia menontonnya.

8

Sweet 20

Film ke-3 dari 10 film indonesia terbaik 2017 adalah Sweet 20. Sweet 20 ini adalah kasus unik dan langka. Ia dibuat sebagai adaptasi dari film populer Korea Selatan, Miss Granny (2014). Mengadaptasi film itu bukan urusan main-main, apalagi yang diadaptasi adalah film Korea yang terkenal jago memainkan emosi.

Sutradara Ody C. Harahap, penulis skrip Upi dan sang bintang Tatjana Saphira berhasil membuat Sweet 20 lebih fun dan menohok daripada film adaptasinya. Sejumlah perubahan dilakukan, seperti mengganti lagu di panti jompo menjadi dendang Melayu dan segala kearifan lokal lain, membuat Sweet 20 sangat dekat dengan penonton Indonesia.

7

Istirahatlah, Kata-Kata

Sosok Wiji Thukul adalah simbol perlawanan yang tidak akan pernah usang, di samping Munir dan Soe Hok Gie. Puisi-puisinya memicu bara api perjuangan. Ambil saja sebaris puisinya yang paling populer, “Hanya ada satu kata: lawan!”

Sutradara Yosep Anggi Noen mengangkat sepenggal kisah Wiji Thukul dalam perjuangannya menjadi buronan rezim Soeharto. Yosep mempresentasikan film ini lewat berbagai simbol-simbol yang memancing penonton untuk menginterpretasikan apa maknanya; misal, ketika Wiji berjalan menuju sebuah persipangan, siapapun yang mengenal Wiji akan menebak ia pasti belok kiri.

Tentu saja ia belok kiri. Istirahatlah, Kata-Kata adalah film biografi yang terasa sunyi dan mengiris hati.


Lanjutan film terbaik Indonesia 2017 bisa kamu cek di halaman kedua!

TENTANG PENULIS
Lazuardi Pratama

Merayakan film dan mengolok Liverpool.